6 Dec 2015

Mengenal Jenis Jarum Mesin Jahit Universal

Jarum jahit tentu merupakan salah satu perlengkapan utama dalam menjahit. Namun tahukah kamu bahwa ada beragam jenis jarum jahit yang tidak hanya dibedakan dari segi ukuran jarum saja, tetapi berdasarkan media kain maupun berdasarkan jenis mesin yang dipakai. Dan yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai jarum jahit universal.

Apa itu jarum jahit universal?
Seperti arti kata universal yang berarti umum, maka jarum jahit universal adalah jarum jahit  standar dengan bagian ujung jarum (point) runcing namun sedikit membulat (tidak terlalu runcing), tidak mempunyai kode warna dan cocok digunakan untuk menjahit kain pada umumnya. Jenis jarum ini adalah jenis jarum standar yang biasa kita kenal dan wajib kita miliki. Jarum jahit inilah yang biasa kita gunakan di mesin jahit rumahan kita, baik itu mesin jahit konvensional (manual) maupun mesin jahit listrik (multifungsi).


Loh memangnya ada jarum mesin jahit yang gak umum ya? Tentu ada. Ada beberapa jenis jarum jahit khusus yang dipergunakan spesial untuk menjahit bahan-bahan yang memerlukan perhatian/treatment khusus dalam menjahitnya, semisal jeans, kain kaos hingga kulit. Perbedaan lebih spesifiknya terdapat pada bagian ujung jarum, namun secara kasat mata akan sedikit sulit untuk membedakannya. Biasanya jenis jarum jahit khusus ini ditandai dengan kode warna tertentu di bagian jarumnya. Nanti akan saya bahas di lain waktu ya.

Umumnya jika kita membeli di toko alat jahit, kita tidak perlu menyebutkan untuk membeli jarum jahit universal. Bisa diketawain kali ama penjualnya, hihi. Karena secara tidak langsung jika kita ingin membeli jarum mesin jahit, sudah pasti penjual toko akan memberikan kita jarum standar ini.

Selain itu, seperti yang saya tahu memang pada kemasan jarum dengan harga standar biasanya tidak menuliskan spesifikasi detail jenis jarum. Biasanya pada kemasan luar hanya tertera spesifikasi ukuran jarum. Berbeda dengan jarum jahit merk tertentu yang dikemas secara premium dan dengan harga yang pasti lebih mahal, biasanya ada spesifikasi mengenai klasifikasi jarum. Jadi pada kemasan luar umumnya terdapat keterangan "universal needle" beserta spesifikasi ukuran jarum. Gunanya untuk membedakan dengan jenis jarum khusus yang lainnya.


Kelebihan dan kekurangan jarum jahit universal
Singkatnya jarum jahit universal ini adalah jarum serbaguna yang wajib kita miliki. Selain itu juga sangat mudah ditemukan di setiap toko perlengkapan alat jahit. Karena bersifat universal maka jenis jarum ini bisa digunakan untuk menjahit di hampir semua jenis kain pada umumnya seperti katun, sifon, sutra, rayon, jeans, kanvas, dan lain sebagainya. Tinggal disesuaikan saja ukuran jarumnya berdasarkan dengan tingkat ketebalan kain yang akan dijahit.

Walaupun juga dapat digunakan untuk menjahit berbagai macam kain, namun jarum ini kurang berfungsi secara maksimal saat digunakan untuk menjahit beberapa jenis kain tertentu. Memang masih bisa menggunakan jarum jahit universal(standar) ini, namun hasilnya tidak akan serapi menggunakan jarum jahit khusus.

Khususnya pada jenis kain yang bersifat sangat lentur dan elastis (stretch) atau kain kaos seperti jersey, lycra maupun spandex. Dari hasil pengalaman saya saat menjahit bahan spandex menggunakan jarum jahit universal, biasanya pola jahitannya akan loncat-loncat (ada bagian yang tidak terjahit), atau terkadang benang hasil jahitannya menjadi kurang rapat (sedikit longgar). Lihat di sini untuk tips dan trik menjahit kain kaos.

Sekian penjelasan mengenai definisi jarum jahit universal, yang tentunya saya dapatkan dari pengalaman saya dalam belajar menjahit. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sama-sama sedang mendalami ilmu jahit-menjahit. Sekarang saya mau lanjut belajar menjahit lagi ya. Siapa yang mau ikut? :)

Happy sewing.. ^__^

15:17 44 Comments

44 comments Write Comments

Enak ya kalo pinter menjahit pake mesin jahit, bisa jahit baju sendiri. Aku nggak bisa hiks.

Enak ya kalo pinter menjahit pake mesin jahit, bisa jahit baju sendiri. Aku nggak bisa hiks.

Betul mbak Ayum ...selain mengenal mbak admin..perlu juga mengenal jenis2 jarum jahit...iya ...kan?

Selain jarum Universal adakah jarum Unieropa mbak....

jujur aja deh, saya mah ga ngerti beginian
tapi dulu sering dimintain bantuan sama almarhum nenek buat masukin benang ke jarum
agak susah sih, secara tipis banget, sampe kadang ga keliatan

aku cuma tahu jarum ini malah mbak buat mesin jahit. yang lain belum pernah..

mau dong belajar jahit mbak

aku ga bisa jahit pake mesin, mba. hehe. kalo njahit pake tangan aja :D ternyata beda2 jenis jarumnya ya

Saya sudah mendalami ilmu jahit menjahit pake tangan sejak SD, di ajarin sama mamah & praktek di sekolah, tapi sampe sekarang belum bisa pake mesin. Jahitannya jadi ancur, benang-benangnya kelinger-lingker. '_'

Ternyata nama nya jarum jam Universal, saya baru tau. Heheh

humm jarum jait universal to sebutannya, iya sy biasanya ditanya penjualnya ukurannya doang. jadi mau tau jg jenis jarum yg lain

saya catat dulu infonya. Terima kasih banyak, Mbak :)

ooh ternyata banyak macamnya ya

Saya cuma tahu'a jarum jahit itu yang ukuran besar dan kecil aja :D

saya ngejait paling pas benerin kancing aja :D

wew beda bahan, beda jarum, kirain jarum tuh kayak cowok...

"semua jarum sama aja"

Saya belum coba menggunakan jarum universal untuk menjahit kain jenis jersey atau lycra. Tapi orang kata, kalau jarumnya baru dan masih tajam masih boleh digunakan untuk menjahit dan hasilnya ok....tapi mau buat experiment dulu ni Mbak..hihi

Saya belum coba menggunakan jarum universal untuk menjahit kain jenis jersey atau lycra. Tapi orang kata, kalau jarumnya baru dan masih tajam masih boleh digunakan untuk menjahit dan hasilnya ok....tapi mau buat experiment dulu ni Mbak..hihi

Baca postingan ini jadi inget jaman SMP dulu ada pelajaran PKK.. persis kek gini menjelaskan jarum. Serasa cadi calon penjahit :D

Owalah ternyata beda beda ya mbak ??
ane malah baru tau :D

Perkongsian yg menaerikkk :)

Wah, ada yang namanya jarum universal, ya, baru tahu. Padahal ibuku punya butik dan dulu aku sempat tinggal 1 atap dengan workshopnya, tapi jarang tanya-tanya sama pegawainya, hihihi. Kapan-kapan mau belajar menjahit, nih :)

wah boleh juga ni di bookmark mbak mantap....

setelah bac ini jadi tau tuh ma jarum universal

iya kalau melihat banyaknya jenis kain, misal sifon, jins dll pasti jarumnya menyesuiakan ya mbak, kalau nggak ntar malah patah... :)

aku suka jahit, jahit kancing kalo copot :)

waaahh, baru tau aku mba, jarum jahit juga ada yg universal ;D.. terakhir menjahit pas smp pelajaran keterampilan :D.. aku tuh suka amazed kalo ngeliat org sdang menjahit, apalagi yg pake mesin.. bisa rapi dan cepet bgt gitu.. aku prnh nyobain di mesin jahit mama, dan berakhir dgn benang kusut dan kain rusak -__-

Karena fungsinya yang serba guna maka disebut jarum jahit universal ya Mbak, dan jarum jahit universal ini populer ya Mbak di kalangan cafting wkwkwkk :)

Ehm...baru tahu kalo jarum dibedakan gak hanya dari segi ukuran saja hihi maklum gak pandai menjahit :D

jarum juga ada yg universal toh ,,,, hehe
baru tau nih ;..

Tak kenal maka tak sayang,, lebih baik mengenal terlebih dahulu sebelum melakukan menjahit :D

ternyata ada jenisjenisnya mbak ya :D kirain sama aja

Jarum universal sangat bagus buat jahitya, tapi saya agak sedikit bingung sama mesin jahit, padahal cuma maju mundur tapi kok bisa membentuk jahitan ya...

yooo ayuooo di warung saya jualan jarum ini lochhh #Promosi

Baru tau ada merk jarum schmetz. Biasanha pk merk singer. Baguskah?

Baru tau saya haha, kirain jarum jahit itu sama aja buat semua bahan

lumayan bagus mba,, tapi lebih bagus Singer.... :D

salam ukhwah bu, isin ikut di blog ibu ya, semoga bisa mendabah tali persaudaraan antar sesama blogger :)

oya mengenal jenis jarum memang sungguh ada kelebihan sendiri ya buk dari jarum universal dalam menjahit :)

aku kurang tau bagus yg mana, menurut aku sama2 bagusnya sih..
tapi banyak juga yg lebih suka pakai SCHMETZ..
setau aku kalo SCHMETZ ini buatan Eropa, klo SINGER buatan Amerika..

*cmiiw

Hai semua, dulu akupun juga gak tau koq kalau jarum mesin jahit itu banyak macamnya..
baru taunya juga setelah kesulitan untuk jahit bahan stretch, setelah cari2 info ternyata banyak juga jenis2nya..
cuman ya gitu, di sinin emang rada susah kalo cari jarum jahit khusus (bukan universal)..

iya, kadang bukan jarumnya aja yang patah, bisa2 kainnya juga ikutan rusak..

wah aku perlu belajar banyak nih ama ibu kamu Indi, secara udah masternya ;)
mau donk dikenalin :D

Saya tahunya cuma jarum ( kecos ) mbak yang ukurannya itu kecil sekali :D

jarum kecos itu apa ya? saya malah belum pernah dengar (familiar).. :)

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)