5 Des 2015

Kain Flanel dan Felt, Apakah Berbeda?

Berbicara tentang flanel, jika dilihat dari kacamata kerajinan tangan (craft) tentu yang dimaksud adalah kain flanel yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan seperti bros, celengan, kotak pensil, boneka, gantungan kunci, jepit rambut, dan lain sebagainya. Namun jika dilihat dari kacamata fashion, maka kain flanel adalah kain yang biasa digunakan sebagai bahan untuk kemeja yang pada umumnya bermotif tartan atau kotak-kotak. Nah loe, jadi beda atau sama sih? Mana yang benar donk?? *tuing tuiingggg 👀*


Akupun juga awalnya bingung sih, pas lagi shopping, kenapa kemeja kotak-kotak dengan bahan agak tebal yang lagi hits saat itu ternyata namanya kemeja flanel? Perasaan bahannya beda deh ama kain flanel yang aku biasa pakai tuk bikin kerajinan,yang kalau di luar negeri biasa disebut dengan felt. Karena banyak yang masih bingung untuk membedakan antara felt dan flanel, bahkan definisi dan rupa dari flanel itu sendiri, maka aku akan berusaha mengupasnya di sini. 

Kemeja flanel

Kain Flanel untuk Kerajinan (Craft)
Ternyata, di luar negeri sana kain flanel yang biasa dipergunakan untuk membuat barang craft atau kerajinan tangan ini disebut dengan felt. Sedangkan kita sering menyebutnya dengan kain flanel. Menurut Wikipedia, " flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya) ". 
Kain felt / flanel untuk prakarya

Kain flanel / felt ini tidak bertiras atau tidak memiliki serat benang di bagian pinggiran kainnya, jadi berbeda dengan tekstur kain pada umumnya. Oleh karena itu sangat mudah sekali untuk dimanfaatkan sebagai bahan utama kerajinan/crafting. Untuk lebih detailnya mengenai karakteristik, kelebihan dan kekurangan kain flanel, bisa dilihat di sini : Mengenal Kain Flanel

Kain Flanel untuk Kemeja
Kain flanel yang satu ini biasa dipakai untuk bahan kemeja pria. Di luar negeri disebut sebagai flannel fabric (*perhatikan ejaan hurufnya yang menggunakan huruf N double).  Tapi di Indonesia dikenal sebagai flanel, sehingga penamaannya sama seperti flanel untuk crafting, namun pada kenyataannya ini adalah dua jenis kain yang berbeda.
Tekstur kain flanel / flannel untuk bahan kemeja

Kain flannel biasanya bermotif tartan atau kotak-kotak. Kainnya lebih lembut jika dibandingkan dengan flanel untuk craft. Kain flanel ini lebih tebal dari kain katun tetapi sangat nyaman dikenakan sebagai pakaian. Seperti kain pada umumnya, tepi kain flanel ini bertiras (terdapat serat benang).  Kain flannel ini bisa didapatkan di toko kain, berbeda dengan felt yang malah lebih mudah ditemukan di toko perlengkapan alat jahit atau kerajinan. 

Nah jadi sudah tau kan perbedaan kain flanel, felt dan flannel. Semoga bermanfaat sehingga nggak salah beli kain ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)