4 Agu 2020

Tips Motret Kece Pakai HP untuk Pemula

Cuman modal hape tapi pengen hasil jepretan bisa kece? Uhm bisa banget. Apalagi di jaman sekarang ini, berbagai merk smartphone udah banyak menyediakan ponsel dengan fasilitas kamera yang lumayan canggih. Tapi, nggak harus koq kita beli hp baru biar hasil jepretan kita jadi bagus. Karena untuk dapat menghasilkan foto yang kece, selain bermodalkan kamera yang bagus, kita juga harus memahami beberapa teknik fotografi. Nggak harus jadi fotografer profesional juga sih, yah paling enggak foto hasil jepretan kita jadi lebih aestetic, agak-agak kece dikit dan nggak jelek-jelek amat, ye kan 😁 ?? 

Foto di bawah ini juga hasil jepretan dari kamera hp jadul aku yang udah discontinued di pasaran dan harga secondnya juga pasti udah di bawah 1juta deh. Asal nggak jadul-jadul amat sih ya hp-nya keq yang masih camera vga gitu 🙊 , hehe . Yah walau nggak bisa dipungkiri juga bahwa kamera yang bagus tentu akan sangat berpengaruh di hasil jepretan. Tapi setidaknya, bisa membantu banget bagi kita yang dengan gadget seadanya untuk bisa menghasilkan foto yang bagus seperti layaknya jepretan profesional.

* Ingin tahu hasil jepretan lainnya yang cuman bermodalkan pakai smartphone? Cek Instagram phonegraphy aku ya di sini @aiynov. Jangan lupa di follow juga, wkwk. 



Seperti kita nih teman blogger seperjuangan, selain konten pada blog yang bermanfaat dan berkualitas, foto yang bagus dan menarik pasti juga akan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung blog. Bagi kita yang minim modal ( * eh atau aku doank?😃 ) , kita bisa koq menghasilkan foto yang bagus untuk isi dan tampilan konten blog dengan memanfaatkan smartphone yang kita pakai ini. Juga bagi teman-teman yang berjualan online atau punya online shop yang masih memulai untuk mengembangkan bisnisnya , bisa banget praktekkan beberapa tips di bawah ini agar barang dagangan kamu bisa punya foto produk yang lebih kece. Cukup kamu sendiri yang motoin pakai smartphone yang kamu pakai. Dijamin, foto produk yang lebih kece pasti akan lebih meningkatkan daya tarik pembeli kamu.

Berikut adalah tips memotret foto pakai smartphone agar hasil foto kita jadi semakin menarik :
  1. Pastikan cukup cahaya
  2. Ini tips yang paling penting diperhatikan. Karena kunci utama dalam mengambil gambar menggunakan hp adalah cahaya yang cukup untuk menerangi object sehingga hasil foto bisa terlihat jernih walaupun dijepret hanya menggunakan kamera ponsel.

    Coba deh bandingin, foto selfie kamu kalo lagi di outdoor  vs indoor, pasti lebih bagus dan jernih kalau foto outdoor kan? Gaes, itu bukan karena kamu kalau lagi keluar pakai makeup lengkap jadi keliatan lebih kece, enggak juga. Tapi secara ngak langsung, kalau lagi foto di taman dibanding foto kamu di dalam kamar, pasti cahayanya lebih banyak di taman kan? 

    Untuk tips pencahayaan, kita bisa memanfaatkan natural light atau cahaya alami dari sinar matahari, asal jangan terlalu terik juga jangan terlalu remang-remang warung kali ah 😬. Ini yang sering aku lakukan selama ini, lumayan lah menghemat biaya kan, hehe. Waktu ideal untuk memotret dengan memanfaatkan cahaya matahari adalah pagi hari sekitar jam 6.30 - 9.00 atau sore hari sekitar pukul 15.00-16.30.  Perlu diingat juga, bahwa ini nggak juga bisa dianggap sebagai patokan wajib ya, jadi tergantung faktor lainnya juga seperti kondisi cuaca saat itu, lokasi pengambilan gambar, juga tergantung kebutuhan foto juga. 

    Tips ini juga bisa banget kamu praktekkan untuk foto produk. Selain di ruangan terbuka, sebenarnya kita juga bisa mengambil foto dari dalam rumah seperti di teras rumah atau di pinggir jendela. Ingat, jangan pernah foto di dalam kamar tertutup, Keq aku dulu nih, pantesan fotonya selalu burek, wkwk. 

    Selain memanfaatkan cahaya alami, kita juga bisa memanfaatkan artificial light . Lampu studio ini bisa dibeli di toko perlengkapan fotografi atau kita juga bisa bikin DIY sendiri.


  3. Pelajari komposisi dan teknik fotografi
  4. Tidak bisa dipungkiri, secanggih apapun gadget yang kita miliki, kalau kita nggak paham bahkan nggak belajar teknik fotografi pasti akan tetap nggak bakalan maksimal hasilnya. Setidaknya komposisi dalam penataan object maupun angle dalam pengambilan gambar juga penting untuk dipelajari.


  5. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
  6. Sampai saat ini pun, aku juga nggak paham-paham amat tentang teknik fotografi. Karena masih begitu banyak yang memang harus dipelajari. Apalagi sebagai pemula, awalnya pasti akan merasa bingung kalau harus mempelajari bahkan jika kita dipertemukan dengan istilah-istilah yang masih awam terdengar di telinga kita.

    Daripada bingung dan akhirnya nyerah, ku coba pakai tips ini. Lihat hasil jepretan para master fotografi atau foto-foto yang menurut kita kece. Amati foto dan styling-nya, bandingkan dengan hasil foto kita, kekurangannya dimana. Berasa banyak banget dan minder duluan sih pastinya, akupun dulu juga begitu, hehe. Awalnya kita tiru aja dulu tuh style-nya sebagai inspirasi, sampai kita merasa berhasil bisa motret mirip seperti punya dia. Kalau udah lumayan bisa, baru deh kita eksplore kemampuan dengan memodifikasinya sampai lama-kelamaan kita bisa menciptakan ide dan kreatifitas foto sendiri. Ingat, jangan jadi jiplakers sejati ya, hehe. Kita pasti punya ciri khas masing-masing. 


  7. Sering berlatih
  8. Ini juga kunci penting dalam semua kegiatan. Kita nggak akan bisa menemukan letak kesalahan kita dan bisa memperbaikinya kalau nggak sering berlatih. Untuk awal-awal, nggak usah muluk-muluk dulu pengen foto yang dengan banyak properti foto (props) atau pakai teknik yang susah. Mulai berlatih dari hal yang termudah yang ada di sekitar kita, atau bahkan yang minim props. Semakin sering kita berlatih, secara nggak langsung skill kita juga akan terasah. 


  9. Percantik dengan aplikasi edit foto
  10. Seperti wajah kita yang kurang greget kalau nggak pakai makeup 😁, maka foto yang baguspun juga perlu sedikit di-touchup atau dipoles menggunakan aplikasi editing foto. Nggak usah terlalu berlebihan juga layaknya bold makeup, bukankah makeup minimalis juga bisa memancarkan aura kecantikan kita? ehehehe.  Biasanya yang diperlukan adalah editing di bagian kontras, pencahayaan, tone atau warmth, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Manfaatkan juga filter yang ada di aplikasi edit foto, dijamin akan menambah mempercantik tampilan foto kita.    


  11. Kenali fitur kamera hp
  12. Tak kenal maka tak sayang. HP dengan harga murah belum tentu nggak bisa menghasilkan foto yang bagus. Begitu pula sebaliknya, HP semahal apapun, kalau kita nggak paham mengenai teknik pengambilan gambar juga fitur kamera di smartphone tersebut, bisa jadi hasil fotonya juga bakalan B aja. Biasanya, masing-masing smartphone punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang punya kelebihan pada kualitas suara, ada yang punya kelebihan di bahan yang dipakai, begitu pula ada juga yang punya kelebihan pada kamera. Bahkan ada juga tipe smartphone yang lebih memiliki keunggulan pada kamera depan daripada kamera belakang. 

    Setelah mengenali kelebihan dan kekurangan smartphone yang kita gunakan seperti yang dijelaskan pada point di atas, kita juga perlu mengenali fitur kamera ponsel yang kita punya. Hal ini bertujuan agar kita bisa mengeksplore lebih dalam lagi kemampuan kamera smartphone yang kita pakai.  Seperti pada fitur manual mode, kita juga perlu memahami fungsi ISO , SS dan fitur lainnya. 

Kalau menurut pengalaman pribadi aku selama ini sih point penting untuk pemula biar bisa motret kece pakai smartphone adalah seperti yang udah dijabarkan di atas. Eh atau ada yang mau nambahin?

Btw, selamat belajar moto-moto ya gaes. Semoga bermanfaat.. 😉

8 komentar:

  1. Bermanfaat banget nih, saya sering banget motret tuh pakai hape.
    Dan kalau udah mau foto selalu bingung.
    Pertama nyari background, kalau di luar tuh backgroundnya kurang menarik.
    Di dalam juga berbekalkan tembok yang kebanyakan udah dicoret ama si kecil hiks.

    Dan memang ya, waktu terbaik motret kalau saya dari pukul 9 sampai pukul 3 sore.

    Soalnya rumah saya menghadap ke barat, dan di atas pukul 3 sore matahari udah masuk ke rumah, jadinya kurang bagus deh rasanya.
    terlalu silau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk foto produk atau foto selfie kak? hehe.. kalo objectnya manusia, justru background di luar/outdoor tuh banyak yang kece loh..

      iya untuk pencahayaan juga memang tergantung cuaca dan posisi rumah juga ya..

      Hapus
  2. Jadi keinget waktu dulu mulai suka fotografi dan hp OPPO jadulku jadi temen jepret ke mana-mana.
    Setuju sama tips-tipsnya, apalagi bagian harus latihan dan sesering mungkin. Selain itu kalau kebingungan mau foto apa, seperti katamu coba pake ATM, ini ngebantu banget. Aku sering pake cara ini pas mau foto-foto. Favoritku nyari di pinterest terus aku realisasikan.

    Gear itu bukan hal utama, yang penting people behind the gun!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. dan kalopun udah bisa moto yang lumayan bagusan , trus lama ga motret, pasti pas motret lagi langsung kaku deh..
      apalagi kalo motret style flatlay gitu, langsung berasa blank ama komposisi objectnya. huhu..
      ehh samaan sih aku juga sering ATM dari pinterest punya bule2 gitu hihi..
      ahh masyaAllah, tapi emang ngga bisa dipungkiri juga kalo gear yg oke juga tetep bikin hasil jepretan jadi makin oke ya..

      Hapus
  3. Foto ku bgt ni acakadut 😅. Ke-riweuh-an duluan nyari background fotonya, foto d kamar kegelapan, foto di garasi keterangan, emang harus pas matahari nya ga silau2 bgt ya, makassyiii infonya kuharus banyak belajar lg 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. backgroundnya bisa diakalin juga kak pakai kain atau alas foto, sekarang banyak yang jual juga..
      akupun juga masih harus banyak belajar kak.. semangat photo2 😉

      Hapus
  4. Wah kece banget fotonya Mba 😍😍 Ternyata ada tekniknya juga ya, sampai buat komposisinya juga hrs pas ya.. dari semua tips di atas aku baru praktekin yg pertama, foto dg cahaya yg banyak. Tips yg lain aku hrs banyak belajar nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak teknik yang aku sendiri kadang juga ada yang belum paham hehe..
      akupun juga masih harus banyak belajar..
      semangat !

      Hapus

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)