26 Agu 2020

Ciptakan Foto Nuansa Cafe Hanya dari Rumah

Assalamu'alaikum. Hai hai, apa kabar? Masih betah #dirumahaja kan? Harus betah donk ya. Sebisa mungkin keluar rumah hanya kalau ada keperluan yang penting-penting aja, biar pandemi ini juga segera berlalu, aamiin.

Aku mau sedikit sharing nih tentang tips foto kece cuma dari rumah aja. Dan seperti biasa, tentunya gear yang aku gunakan ya cuman pakai kamera hp. Cuman yang akan aku bahas kali ini sih lebih kepada konsep dan penataan. Jadi pakai kamera apapun juga bisa aja sih dipraktekin, itu juga kalau kalian tertarik ama tips receh aku ini, hehe. Kali ini konsep yang akan ku angkat adalah tentang nuansa cafe. Seperti foto di bawah ini nih, fotonya udah " cafe look a like " nggak sih? Berasa lagi ngafe outdoor gitu yah. Tapi padahal cuman di rumah aja. Nah loe?



" Mbak.. mbak, rumahnya emang kayak cafe kali? "
Enggak gaes, foto ini tuh sebenernya penuh kepalsuan. Eh tapi bukan berarti ku pengen bo'ong juga karena kepalsuan ini. Yang akan aku kupas adalah bagaimana caranya bisa menciptakan foto yang bagus walaupun hanya dari rumah dan pakai barang yang seadanya di rumah. Jadi ini juga bisa menjadi acuan bagi teman-teman yang sedang membutuhkan foto produk sesuai dengan kebutuhan. Misalkan ingin foto produk kopi dengan nuansa seperti lagi minum kopi di cafe. Maka nggak juga harus keluar dulu ke cafe. Kita bisa ciptakan nuansa cafe itu dari rumah, seperti ini. 

Foto di bawah ini adalah behind the scene (BTS) dari konsep cafe lookalike ini. Foto ini diambil di halaman rumah, tepatnya di balik pagar. Kebetulan langit-langit di atasnya terbuka, hanya tertutupi ranting-ranting tanaman pohon mangga di luar pagar yang menjulang hingga ke dalam. Jadi saat hari menjelang siang, kira-kira antara pukul 10:00 - 11:00 pagi, ada bayangan yang menurutku indah yang terbentuk dari ranting dan dedaunan pohon mangga di depan rumah yang tepat jatuh di posisi itu. MaasyaaAllah, dan menurutku itu sangat cantik sekali, sungguh nikmat mana yang kau dustakan? Kalau masih jam 8:00 pagi biasanya malah terlalu teduh dan cahayanya masuk tepat di depan pintu. Jadi kalau seperti yang aku bilang di artikel Tips Motret Kece Pakai HP untuk Pemula bahwa waktu ideal untuk memotret dengan memanfaatkan cahaya matahari adalah pada pagi hari sekitar jam 6.30 - 9.00 atau sore hari sekitar pukul 15.00-16.30 , itu juga bukan melulu harus menjadi patokan. Jadi tergantung juga pada kondisi yang dibutuhkan dan cuaca saat itu. Oh ya, berhubung sudah cukup terbantu dengan berbagai efek pencahayaan yang alami ini, jadi kali ini aku nggak perlu menggunakan bantuan tambahan seperti blocker , diffuser, dan lain-lain. Hanya sedikit memoles foto memakai filter menggunakan aplikasi editing foto.



* Ingin tahu behind the scene lainnya? Cek akun Instagram phonegraphy aku ya di sini @aiynov. Jangan lupa di follow juga, wkwk.

Karena akupun juga nggak punya meja atau kursi cafe, jadi aku setting dengan memanfaatkan alas foto berbahan hardboard dengan motif marble.  Letakkan objek yang kamu inginkan di atas alas foto. Gunakan alas foto yang kaku / kokoh ya, sehingga bisa kuat jika dimanfaatkan sebagai pengganti permukaan meja. Seperti pada gambar di atas, alas foto ini aku letakkan di atas kursi plastik berwarna hijau sebagai pengganti kaki meja. Jadi alas fotonya nggak ditaruh langsung di atas lantai atau permukaan tanah ya, supaya terkesan real. Agar terlihat ada space antara objek dengan lantai seperti memang sedang diletakkan di meja beneran. Dan juga biar bisa ada sedikit efek bokehnya kalau kamu jepret pakai hp yang cameranya bisa support efek bokeh.

Dan biar nggak kelihatan penuh dengan kepalsuan 🤭, maka fotonya diambil dengan style flatlay, yakni pengambilan gambar dari atas atau dengan sudut 90° dari permukaan tanah. Jadi kursi plastik yang nggak aestetik itu aman dari bidikan kamera, hehe.

Dan yang terakhir, saat memotret tangan kiriku sambil memegang daun palem artificial yang aku gunakan sebagai framing di foto biar semakin manis. Juga sekalian aku manfaatkan agar ada tambahan shadow dari daun palem agar menambah kesan yang lebih dramatis. Halah, bahasaku 😌. Oh iya, kalau memanfaatkan shadows saat mengambil foto seperti ini juga harus diperhatikan jangan sampai bayangan tubuh atau sebagian anggota badan kamu juga masuk di frame yah. 

Gimana-gimana? Tertarik juga pengen nyoba foto seperti ini? Atau ada saran juga buat fotoku yang abal-abal ini? Tinggalin di kolom komen yah. See yaa..


6 komentar:

  1. Wah, keren mbak hasil fotonya. Tapi kayaknya emang suasana rumahnya memang mendukung. Halaman rumahnya asri jadi bayangan dari pohon-pohon ikut mempercantik fotonya. Itu kopinya asli atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih bersyukur punya pohon mangga, hihi. Kopinya itu palsu. Jadi cuma kopi untuk pajangan atau properti foto aja.

      Hapus
  2. Wahhh hasilnya keren banget, udah kayak profesional banget gitu.. Hahaha, saya coba contoh kok malah jadi blur dan pernak perniknya kek gak ccok.. Masih belum pro kayak yang disini, masih harus banyak belajar lagi deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih kalau profesional pasti udah pakai DSLR kak, nggak ada apa2nya aku. Mungkin kakaknya ndredeg waktu motoin, jadinya blur hehe.

      Hapus
  3. Kreatif banget Mba, kayaknya Mba Ayuma tahu seluk beluk pemotretan ini yah hehe. sampai model style dan sudut pengambilan fotonya pas banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belajaran juga koq. Malah seringnya asal aja fotonya. Masi banyak banget yg harus dipelajari

      Hapus

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)