11 Agu 2020

DIY Fake Pensil dari Ranting Kayu

DIY time..! Kali ini aku mau sharing cara membuat fake pencil yang terbuat dari ranting kayu. Kenapa aku sebut fake pensil, karena bentuknya aja yang seperti pensil tapi ini nggak bisa berfungsi sebagai pensil. Ribet amat yak? Hehe. Jadi ini tuh hanya dummy yang berfungsi sebagai pajangan atau untuk properti foto tentunya. Nggak bisa dipakai buat nulis di kertas apalagi di hati kamu ๐Ÿ˜†.


Bagi yang suka pernak-pernik unik begini, pasti tau deh twig pencil yang gemesh ini pun juga mulai banyak dijual di pasaran. Udah kepengen punya banget dari dulu. Dalam hati, ah bikin sendiri bisa kayaknya, tapi sempet maju mundur juga karena terbatas ama bahan untuk bikin lubang isi pensilnya. Harusnya dilubangin pakai bor size kecil gitu untuk bisa ditancepin isi pensil, tapi nggak punya bor kecil. Hmm gimana yah, pengennya sih bikin pensil beneran. Mau beli, ah sayang. Dasar aku ๐Ÿ˜. Makanya bikin versi fake aja deh, mayan kan buat nambahin koleksi props foto.





Pengen punya juga? Yuk kita bebikinan bareng-bareng dari rumah masing-masing ya ๐Ÿ˜ . Cara membuat fake twig pencil ini gampang banget kok. 

Bahan yang dibutuhkan adalah :
  1. Ranting atau dahan tanaman
  2. Alat potong / gunting tanaman
  3. Cutter / pisau
  4. Spidol permanent


Step ke-1 , Potong rantai

Hunting dulu tanaman yang ada di rumah kamu. Lalu potong sebagian dahan atau rantingnya. Jangan lupa ijin emak kau dulu ya biar nggak kena omel, bisa berabe ๐Ÿ˜…. Tapi kalau menurut pelajaran biologi, sepertinya lebih tepat menggunakan kata dahan daripada ranting. Karena kalau ranting itu cabang dari dahan yang mempunyai ukuran lebih kecil-kecil. Dan gegara ini pula aku jadi kepo dan belajar lagi perbedaan antara batang, dahan dan ranting, wkwk. Di sini aku memanfaatkan dahan tanaman bougenville yang sudah tumbuh lebat di halaman rumah.

Potong ranting atau dahan tanaman seukuran pensil atau sesuai keinginan. Aku pakai dahan yang ukurannya lebih besar dari pensil yaitu dengan diameter 1cm. Lalu ku potong-potong kurang lebih sepanjang 12cm. Dan bersihkan. 

Karena aku pakai tanaman bougenville yang mana dahan atau rantingnya mempunyai duri, maka aku potong juga durinya menggunakan cutter. Bersihkan juga daun-daunnya, sisakan batangnya aja. Tapi aku coba bikin 1 buah yang ada daunnya , sepertinya unik juga, hehe.

Step ke-2 , Raut

Bentuk salah satu bagian ujung batang kayu menjadi runcing seperti saat kita sedang meraut ujung pensil. Aku coba raut pakai cutter ternyata bisa dan gampang kok, kirain agak lebih susah dibanding meraut pensil biasa. Atau kalau batang kayu yang kamu pakai agak keras, bisa juga gunakan pisau. Gunakan dengan hati-hati ya, jangan sampai tangan kamu terluka, apalagi hati kamu ๐Ÿ˜.


Step ke-3 , Sempurnakan

Ujung batang yang runcing tadi warnai dengan warna hitam menggunakan permanent spidol atau cat. Poles sedikit saja hanya pada bagian paling ujung. Agar terlihat seperti isi pensil beneran. Nah udah mirip pensil kan.


Step ke-4 , Hiasi

Aku menambahkan aksen irisan kayu seperti twig pencil yang dijual di pasaran, agar terlihat lebih unik atau plagiat ๐Ÿ™ˆ. Caranya cukup kupas sedikit bagian kulit kayunya seperti pada gambar di bawah ini. Lalu rapikan.



Dan selesai..


Udah lumayan mirip nggak sih? Yeay akhirnya punya juga pensil yang unique ini buat ku pakai jadi properti foto. Eh atau bisa juga jadi pajangan di area ruang meja belajar / kerja kamu loh. 



20 komentar:

  1. wah unik juga ya dan mudah buatanya, cocok nih buat di taroh di meja belajar buat hiasan aja :D

    BalasHapus
  2. Waaahh tengkiuuuuu, saya mau coba ah, kebetulan di depan rumah banyak ranting dari pohon yang baru ditebang, keren juga ya bisa jadi properti foto nih.
    Salut banget saya sama teman-teman yang kreatif selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih supportnya kak..
      selamat mencoba ๐Ÿ˜‰

      Hapus
  3. Hihi gemes banget, baru kepikiran nih ada ide gini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. idenya jiplak dari jualan punya orang kak.. hehe..

      Hapus
  4. Aaaawww.. gemooooyy!!!
    G tau kenapa, tapi berasa ada vibe Harry Potter nya dong!!
    Padahal mereka nulis pake bulu dan tinta ya, tapi berasanya gitu.
    Btw, fotonya juga kece sekali!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar deh ku bikin pulpen bulu juga kak biar lebih berasa lagi di film Harry Potter, hehe

      Hapus
  5. Wah kreatif ini. Mengasah otak kanan juga. Sukses selalu untuk blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih supportnya kak..
      sukses juga untuk kakak

      Hapus
  6. Wah mbaaa bagus banget siiih, kyuut, love it.

    Mau coba juga, buat hiasan makasih banget mba idenya. ❤๐Ÿ˜‡

    BalasHapus
  7. Coba ah buat pensil pensilan, apalagi sekarang lagi nganggur tidak banyak kegiatan. Kalo ranting kayunya tinggal nyari di kebon.๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau di kebon enaknya metik hasil kebon trus dimasak sekalian mas.. ๐Ÿ˜„

      Hapus
  8. Keren Mba, kayak beneran loh fake pencil dari kayunya. Kapan2 mau nyoba juga ah. Makaai tips nya ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih supportnya...selamat mencoba kak ๐Ÿ’•

      Hapus
  9. Melihat fotonya pertama kali, saya pikir itu pensil betulan yang bisa dipakai untuk menulis. Keliatan real seperti pensil. Hehe.
    Salut untuk kreatifitasnya. Betul untuk properti fotografi hiasan ini akan menambah indahnya foto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih supportnya kak ๐Ÿ’•
      iya nih kak, yang suka fotografi terutama dengan gaya flatlay pasti suka koleksi macam2 props foto

      Hapus
  10. Ini harus banget dicoba. Lumayan bisa nambah properti foto tanpa harus keluar uang banyak. Thanks banget ya, mbak.๐Ÿ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi aku banget soalnya kak.. maunya punya props foto macem2 tapi nggak modal ๐Ÿ˜„

      Hapus

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)