7 Dec 2015

Membuat Bros dari Perca Batik

Hai hai. Siapa yang tidak suka batik? Sebagai bangsa Indonesia kita wajib dong mencintai salah satu warisan budaya negeri kita tercinta ini.

Walaupun belum begitu paham dengan jenis-jenis batik nusantara, namun saya pun termasuk salah satu penggemar batik nih. Saking ngiritnya cintanya dengan batik, kain batik sisa menjahit pakaian dari penjahitpun kadang masih saya minta kembali, hihi. Lumayan kan jadi punya banyak koleksi perca batik. :p

Membuat Bros dari Perca Batik

Karena saya berhijab, maka kali ini saya akan mencoba memanfaatkan salah satu koleksi kain perca batik saya untuk dibuat menjadi bros hijab yang sangat simple. Yuk kita sama-sama belajar membuat bros cantik dari kain perca batik.

Bahan yang diperlukan:
  - Kain perca batik
  - Benang dan jarum
  - Gunting
  - Lem tembak
  - Kain flanel
  - Peniti bros
  - Manik-manik atau aksesoris pendukung

Membuat Bros dari Perca Batik
Bahan yang diperlukan

Membuat Bros dari Perca Batik
Cara membuat bros dari kain perca batik

Ikuti langkah cara mudah membuat bros oval dari kain perca batik seperti yang tertera pada gambar di atas. Rinciannya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan kain perca batik dengan ukuran memanjang. Saya menggunakan ukuran 5 x 95cm. Tekuk ujung kain ke bagian dalam (bagian kain yang buruk), untuk menutupi tiras ujung kain. Lakukan pada kedua ujung kain.
  2. Lipat kain menjadi dua (satukan tiras kain) dan jahit jelujur pinggirnya hingga ke ujung. Lalu serut hingga hasilnya tampak seperti pada gambar nomor 3.
  3. Potong sisa tiras, atau kemudian bakar tepi tirasnya pada api agar rapi. Kemudian satukan ujung kain dengan menumpuk sedikit bagian ujung kain, lalu jahit atau lem.
  4. Bentuk kain memanjang(oval). Lalu buat alas bros dari kain flanel bebentuk oval, sesuaikan dengan ukuran panjang bros (kurangi 1 - 2 cm dari ukuran bros/kain yang telah dibentuk oval). Saya menggunakan ukuran 4 x 6,5 cm.
    Kemudian rapatkan tepian tiras kain yang saling berhadapan hingga bagian tengah tidak ada rongga. Lalu lem pada sekeliling alas bros.
    Pasang peniti bros pada bagian belakang alas bros (flanel).
  5. Masukkan benang pada salah satu ujung tiras kain, lalu masukkan mutsin/manik-manik ke dalam benang dan jahit untuk menutupi bagian tengah bros. Bisa juga ditutup dengan aksesoris lain sesuai selera. :)

Membuat Bros dari Perca Batik
Alternatif lain menggunakan aksesoris diamond baris

Kini bros batik saya sudah jadi dan siap menjadi aksesoris untuk mempercantik hijab saya. Bros buatan kamu mana..? :)

13:05 30 Comments

30 comments Write Comments

bros buatan saya sudah laku keras dipasaran mbak.
berhubung sekarang musim, jadinya bukan laku keras lagi tapi laku lembek :p

Bener nih pesen? Berhubung aku yg bikin jadi harganya mihill loh :p

Wahahaaa.... Aku gak telaten bikin beginian kak Ayum....hehehe..

Tapi keren hasilnya itu.. Bener deh.. lain kali kalo jahit baju minta dah potongan kainnya lumayan buat bros hehehe

gpp mahal yang penting dianter sampai rumah :p

Hoho iyaa kan dianter ama kurirnya..
Inbox'in alamat n tlp ya sis. Nti ku inbox totalannya :lol

Iya, kadang sisanya potongan kainnya banyak loh
*ogah rugi* :D

pernah bikiiin. tapi buat iket rambut. diajarin ibuk, lagi-lagi. sama sih caranya,,tinggal dipasangin karet aja

Oh iyah jaman dulu kekinian banget tuh iket rambut begitu ya..
Mirip2 begini tapi kainnya gak pake diserut yah :)

Iya bros batik bisa buat oleh-oleh atau cinderamata, pernah dikasih bros batik tapi dibentuk bunga gitu :)

menekuni bidang beginian sudah berapa mbak.

kalo dikasih saya g bakal nolak tuh

Hobi bawaan lahir kayaknya :D

Wahh aku juga mau donk dikasih :D

Kreatif bgt mba, ngga harus ngeluarin budget lebih untuk membeli bros.. tinggal buat sendiri bisa pilih pilih model dan jenis... di promosikan ke toped atau BL aja mba...

ih kreatif banget si mbak ini :)
keren euy
bagus banget buat kado yang ultah

Waw.. hebat banget nih... memang betul kain batik sisa menjahit pakaian dari penjahitpun kalau di utak atik sama tangan - tangan kreatip jadi menarik dan mahal ...

Wuahhhh sampe punya perkakas lem tembak, nggak dipungkiri lagu nih kalo yg buat pasti doyan bgt bikin prakarya. Keren mbak ;)

wah bisa nih diterapin di rumah mumpung komposisinya ada semua dirumah :D

iihhh, kreatifnya jeng Aiy...

kreatif banget mbaa ay,ini kalo emak lihat artikel sprti ini,psti sangat suka :D

Mungkin ini yang dinamakan dengan,,,
Sisa jadi manfaat...
Kreatif...

Boleh jg nih kpn2 dcoba bikin bros batik yg matching sm bajunya...

berarti sejak lahir langsung ngebros ya mbak :)

lama gak main kesini semakin banyak kreasi baru yang sayang dilewatkan, pakai bros ini untuk mempercantik hijab kayaknya kudu diterapkan :)

Wah kreatif mbak :D
apalagi kalau bross + jilbab + bajunya selaras..

yippie, selamat mencoba ya... yang udah pada nyoba boleh donk di share :)

Makasih tutorialnya bagus dan bermanfaat sekali
Kunjungi juga www.smartkiosku.com

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)