17 Oct 2015

Tips Memasang Peniti pada Bros

Tips Memasang Peniti pada Bros


Salah satu point penting pada bros terletak pada kekuatan peniti bros. Seringkali orang menganggap bros tersebut kurang berkualitas karena peniti bros yang sering lepas karena hanya ditempelkan menggunakan lem tembak. Sayang kan kalau teman-teman crafter yang sudah membuat bros dengan karyanya yang bagus nan indah namun dianggap kurang berkualitas hanya karena penitinya mudah lepas dan kurang rapi karena lemnya terlihat.

Agar tidak mudah lepas, biasanya ada beberapa bros yang penitinya dipasang dengan cara dijahit di bagian lubangnya. Namun ada beberapa orang yang kurang menyukai cara ini karena jahitannya terlihat. Cara lain yang biasa digunakan adalah menyembunyikan bagian alas peniti di dalam alas bros, seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

  1. Pertama-tama siapkan kain flanel sebagai alas penutup bros, lalu potong berbentuk lingkaran dengan ukuran lebih kecil dari bros (pastikan alas tersebut dapat menutupi bagian belakang bros agar terlihat rapi). Lalu letakkan peniti bros di tengah-tengah alas flanel dan beri tanda (ikuti tanda garis putus-putus berwarna merah pada gambar) untuk membuat lubang pada alas flanel.
    ( * Klik pada foto untuk memperbesar gambar )

    Tips Memasang Peniti pada Bros


  2. Buat lubang kecil pada alas flanel sesuai tanda tersebut menggunakan gunting atau cutter.

    Tips Memasang Peniti pada Bros


  3. Lepaskan jarum peniti bros pada pengaitnya. Lalu pasang peniti pada alas flanel dengan cara memasukkan bagian ujung pengait peniti melalui salah satu lubang alas flanel, kemudian masukkan bagian ujung jarum peniti melalui lubang alas flanel yang lainnya.

    Tips Memasang Peniti pada Bros


    Tarik melalui lubang alas flanel hingga bagian alas peniti bros berada di bawah alas flanel (dan bagian pengait serta jarum peniti berada di bagian atas alas flanel) seperti pada gambar.

    Tips Memasang Peniti pada Bros
    tampak atas (kiri) dan tampak bawah (kanan)
    bagian alas flanel setelah dipasang peniti  


  4. Beri lem tembak pada bagian bawah alas flanel di sekeliling sisi lingkaran dan pada bagian alas peniti, lalu tempelkan pada bagian bawah bros.

    Tips Memasang Peniti pada Bros


Kini bros buatan aku semakin cantik dan terlihat lebih rapi. Dan bagian peniti brosnya tidak mudah lepas karena tercover oleh alas bros. :)


20:47 No Comments

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)