1 Dec 2015

Cara Memotong Pola untuk Membuat Mukena Bali

Bagi para wanita muslimah pasti tidak asing lagi dengan mukena bali. Mukena atau perlengkapan sholat wanita ini sempat booming di dua tahun belakangan ini. Bahkan hingga kini pun mukena bali masih banyak peminatnya karena bahannya yang lembut, jatuh dan dingin sehingga nyaman dikenakan, walaupun sudah sedikit tergeser dengan kehadiran mukena katun jepang.

Sebetulnya saya sendiri kurang begitu paham dengan asal usul mukena bali. Karena mukena ini tidak hanya dijual dan diproduksi di Bali, namun di berbagai daerah pun juga banyak yang memproduksinya. Mungkin dinamakan demikian karena bahannya yang menggunakan kain rayon yang identik dengan motif bunga-bunga seperti kain pantai (kain bali) yang biasa kita jumpai di pulau Bali.


Saat ini kain rayon yang biasa dipakai sebagai bahan mukena bali ini semakin mudah kita jumpai di pasaran. Jadi kita juga bisa membuat mukena bali sendiri di rumah tanpa harus pergi ke Bali untuk membeli kainnya, hehe. Pada umumnya kain ini identik dengan motif bunga-bunga di salah satu tepian sisinya, sedangkan di bagian lainnya tidak bermotif (polos). Namun ada juga yang bermotif di kedua tepi sisinya (bagian polos berada di tengah) dan juga ada yang full motif.

Bagi yang ingin berkreasi membuat mukena sendiri, langkah yang pertama harus dilakukan tentu adalah membuat pola kemudian memotong bahan (kain) sesuai dengan pola yang telah dibuat. Pada dasarnya pola dasar untuk membuat mukena bali sama dengan mukena biasa pada umumnya. Namun karena umumnya motif pada kain rayon (bahan untuk mukena bali) hanya berada di sebagian sisinya, terkadang membuat kita menjadi kebingungan untuk memotong pola mukena bali. Alih-alih bisa jadi salah potong dan gagal untuk menjahit mukena bali. Untuk teman-teman peminat mukena bali dan ingin membuatnya sendiri, berikut ini saya berikan tips untuk memotong pola mukena bali agar hasil mukena nantinya terlihat lebih menarik.

Lihat di sini jika ingin praktek membuat pola mukena untuk pemula.


Pola Pertama
Pada dasarnya cara memotong pola mukena bali sama seperti dengan cara memotong mukena pada umumnya. Untuk membuat bawahan mukena juga seperti biasa cukup siapkan kain yang telah diukur untuk menjadi bawahan mukena (berbentuk persegi panjang) dan sambungkan kedua sisinya dengan dijahit.
Cara Memotong Pola untuk Membuat Mukena Bali
Pada gambar di atas ini (bagian atas) terdapat gambar ilustrasi kain rayon (bahan mukena bali) yang akan dijadikan atasan mukena. Untuk membuat pola dasar, lipat kain tersebut menjadi dua bagian, dan hasilnya akan nampak seperti gambar di bawahnya. Pada gambar tersebut, terlihat garis putus-putus berwarna merah (berbentuk seperti seperempat lingkaran) yaitu sebagai penanda untuk memotong kain yang akan dijadikan atasan mukena.

Cara Memotong Pola untuk Membuat Mukena Bali

Setelah kain dipotong, hasilnya akan nampak seperti gambar di atas ini. Pola seperti ini adalah pola dasar mukena bali pada umumnya. Kita tinggal menambahkan pola untuk bagian ikat kepala dan bagian dagu.

Cara Memotong Pola untuk Membuat Mukena Bali

Pola dasar inilah yang nantinya jika selesai dijahit maka akan menghasilkan mukena seperti pada gambar di atas ini, dimana pada bagian depan dari atasan mukena bermotif polos, sedangkan motif bunga-bunga berada di bagian belakang. Gambaran lebih jelasnya perhatikan pada gambar ilustrasi berikut ini.
Cara Memotong Pola untuk Membuat Mukena Bali
Bentuk mukena bali dari pola pertama




Pola Kedua
Alternatif model lainnya,kita bisa membuat mukena bali dengan motif bunga-bunga berada pada bagian depan, mulai dari kepala hingga bagian dada ke bawah. Perbedaannya hanya terdapat pada letak pemotongan polanya. Perhatikan gambar berikut.
Cara Memotong Pola untuk Membuat Mukena Bali
Jika pada pola pertama bagian kepala ada di sisi kain sebelah atas (bagian yang polos), maka untuk pola kedua bagian kepada berada di sisi kain sebelah bawah (bagian yang bermotif bunga). Cara memotongnya juga tinggal mengikuti garis putus-putus berwarna merah. Dan hasil akhir mukena yang selesai dijahit akan tampak seperti gambar ilustrasi di bawah ini.
Cara Memotong Pola untuk Membuat Mukena Bali
Bentuk mukena bali dari pola kedua

Menarik kan. Nah kalian lebih suka pola yang mana? Kalau saya sih suka keduanya. Kalau kalian sudah bisa membuat pola mukena, kita lanjut belajar membuat mukena di sini yuk. Selamat berkreasi ya.. :)

16:28 57 Comments

57 comments Write Comments

Gampang juga ternyata bikinnya, hehee
Tapi dua mukena di rumah itu dikasih orang semua, jadi belum pernah beli juga sih :)

teorinya kayaknya gampang, tpi kalau dilakukan ya susah... :D

Boleh nih di share ke nyokap gue. Haha

Wah mantep nih, bisa buat mama gue tutorialnya

thank to share tutorial :v

Saat memotong diperlukan ketelitian kan ya Mbak? hehehehehehe :)

Ternyata ga sulit juga ya bikin polanya. Paling ga keliatan mudah, :-) dulu pernah belajar jahit bikin jahitan lurus aja bisa ke mana-mana beloknya.. he..

Ternyata ga sulit juga ya bikin polanya. Paling ga keliatan mudah, :-) dulu pernah belajar jahit bikin jahitan lurus aja bisa ke mana-mana beloknya.. he..

Suka pola kedua
Tinggal eksekusi Prakteknya ni yg bagus apa ga hasil yg tak potong mb hehehehe

Kelihatannya mudah ya mbak, tapi bingung mau eksekusi mukena siapa, masa mukena punya nyokap sih yang di potong. kalo gagal bisa di marahin abis abisan nih.

keren ni mbak caranya,.?
coba ah,.,?
mudah2an bisa,.,?

Mba ini maksudnya kain bali yang belum berbentuk mukena di gunting ngikutin pola mukena sesuai gambar di atas? Hehe saya bingung, tadi ada yang bilang mau potong mukena yang udah jadi, eh atau emang saya yang salah fokus. Hihihi :33

Btw, makasih tutorialnya, nanti saya coba ah :D

Minta aja sama mbak Ayu.... Pasti dikasih tuh..

Jangan sampai salah potong lho...

Pekerjaan sekecil apapun tanpa di pelajari mustahil akan bisa tahu..... seperti motong mekena misalnya , perkerjaan ini akan semakin kacau kalau dikerjakan oleh seorang dokter gigi.....tapi kalau yang ngerjain sudah ahli dibidangnya seperti mbak Ayu ...maka pekerjaan ini akan cepat selasai dan hasilnya pasti bagus...sapa dulu adminya.... Aiy Ayumna iya kan?

ini kene btl2 pasti mana nak potong.. silap potong apa pun xboleh

Mukena Bali, apa maksudnya pake kain yg biasa dipake buat muken Bali gitu ya mbak?
Kalo mukena biasa jg kaya gitu juga ya mbak?

Disebut mukena Bali karena bahannya kayak sarung Bali heheh. Padahal banyak juga diproduksi di kampungku Pekalongan

caranya kalo di lihat seperti mudah, tapi sepertinya harus bener2 rapih untuk pemotongan pola nya

latihan terus mbak, saya dulu awal2 latihan juga gitu koq, dulu pake mesin jahit manual malah..
ga cuma jahitnya aja yang belok-belok tapi juga maju mundur gegera belum terbiasa ngayuh =D

ini kan tips cara memotong pola untuk membuat mukena mas,
jadi kalau udah jadi mukena kenapa harus dipotong lagi?
yang ada nanti malah mukenanya jadi makin kecil donk dipotongin mulu =D

hehe gak usah bingung, mbak udah bener koq, kan ini untuk membuat polanya baru dijahit..
kan gambar pola di awal juga gambar kain persegi panjang yang nanti dipotong untuk membuat mukena..
mungkin karena mas Dzatmiko itu cowok jadi kurang paham tentang jahit menjahit =D

betul mbak.. ini lebih kepada tips bagi yang ingin membuat mukena bali sendiri..
kalau mukena biasa kan biasanya kainnya polosan atau full motif, jadi gak bingung cara memotong kainnya..

betul mbak, tetep pakai jarum pentul dulu biar kainnya gak lari-lari

hehe iya bener, di Pekalongan kan malah lebih banyak yang jual kain rayon motif begitu..

enaknya belajar langsung nih ya mbak jadi pingin bisa menjahit mukena sendiri

panduan yang sangat bagus, karena dilengkapi dengan gambar ya mb aiy :) hehehe

saya yang ngawasin ya ? hiks hiks

rasanya mukena ni disebut sebagai telekung di Malaysia . Mudah saja mau hasilkannya . boleh juga hasilkannya nanti bila ada kerajinan .

barusan juga saya tambahin gambar lagi mas biar makin jelas dan dimengerti, duh tapi capek ngegambarnya :D

Heheh iya, mba, sekarang udah paham kok^^
Oh iya ya, tadi ga sempat mikir kesitu, ampun deh. :'D

Wiih keren Mbak, bisa jait sendiri :)

wuih cantik... kayanya saya suka pola yg kedua :D

Saya kayaknya baru mampir nih
salam kenal mbaa
waah ternyata simpel ya motongnya...tetep bisa keren krn motifnya udah jadi.
masalahnya sy ga bs jahitnya :P
pic-nya keren mbak..lucu...bikin tutorialnya mba cara bikin gambar kayak gitu :)

Betul. Prayer-set di Indonesia disebut mukena, di Melayu/Malaysia disebut dengan telekung :)

Hai salam kenal juga :)
Rencananya sih emangmau tambahin 1 menu tentang graphic design, tapi masih malu2 kucing nih maklum ilmunya masih cethek.. :)

Maaf yaa gak bisa balas satu2 :)
Bukan bermaksud sok ngartis :p tapi lagi banyak cucian piring dan baju di rumah :D
Terimakasih semua yang sudah comment, tunggu kunjungan balik dari eikeehhh... :p

Iya kakak cantik.. kami mengerti :D

wah nyerah kalo crafting2an :p hahha

wah senangnya, koq saya gak ada yang ngasih ya? hiks

betul itu, praktek dulu baru bisa memutuskan =D

silakan, salam buat nyokap nya

banget, jangan sampe ATMnya ikut kepotong

coba kainnya kirim ke saya biar saya tau hasilnya mbak.. =D

gimana hasilnya mas mukhlis?

nah padahal saya bukan crafter lo mas, saya ini mah apa atuh

ah kalo jahit mah gampang mbak, kayak tinggal injak gas aja kan ya..
tapi gak tau tuh hasilnya belepotan atau enggak =D

makasih mbak, saya emang udah cantik dari sononya koq *ehh

jangan menyerah, cemungut eaaa =D

Karena saya belum pernah belajar menjahit, saya potong takut kepotong yang lain mbak :D
loh mukena bali bukannya dari bali ya mbak

Terima kasih mba tutor cara potong mukena bali nya sangat -sangat bermanfaat super sekali Mbak Yu...

ukuran panjang n pendeknya kainnya berapa ya mbak kok g disertakan juga..makasih

Ini hanya cara memotong pola untuk menentukan posisi motif pada bahan mukena bali mbak..
Kalo untuk ukuran bahan dan cara membuat pola mukena, ada di artikel lain..
Di atas sudah aku cantumkan linknya, yg ada kata2 "praktek membuat pola mukena untuk pemula"

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)