4 Apr 2016

Membuat Pola Mukena untuk Pemula

Assalamu'alaikum. Biasanya kalau mau menjelang Ramadhan banyak dari kita yang ingin punya mukena baru. Nggak ada salahnya juga sih, semoga bikin kita makin semangat lagi dalam beribadah ya. Apalagi kalau mukenanya hasil bikinan sendiri, aahh pasti makin bikin semangat nih. Belajar bareng-bareng yuk.



Sebelum membuat mukena, kita memang perlu mengenal cara menentukan pola mukena dan panjang bahan mukena yang dibutuhkan agar kita nggak salah perhitungan saat menjahit atau pas baru mau beli kain. Maka kali ini aku bakal tunjukin tips dan trik cara membuat pola mukena sederhana untuk dewasa, jadi cocok banget nih untuk pemula. 

Bahan membuat mukena

Beberapa waktu kemarin selain banyak yang bertanya tentang cara membuat mukena, ada juga yang menanyakan tentang bahan membuat mukena. Jadi sekalian akan aku jelaskan di sini, sebelum kita belajar cara membuat pola mukena.

Sebenarnya tidak ada aturan baku bahan apa yang harus dipakai untuk membuat mukena. Asalkan kain tersebut nyaman dipakai dan tidak terlalu transparan, maka sah-sah saja untuk digunakan sebagai bahan membuat mukena. Dan selain desainnya yang beragam, di luaran sana juga sangat beragam sekali jenis-jenis bahan mukena yang dijual di pasaran.

Jenis bahan yang biasa dipakai untuk membuat mukena adalah kain katun, katun jepang, sutera / semi sutera, satin velvet, rayon (bahan mukena bali), bahan parasut (yang biasa dipakai untuk mukena travelling), bahkan ada juga mukena yang berbahan stretch seperti jersey. Selain itu juga ada loh produsen yang membuat mukena berbahan sifon, tapi tentunya menggunakan bahan yang berlapis ya agar tidak menerawang. Seperti halnya bahan pakaian, bahan mukena yang umum dipakai adalah bahan katun. Karena selain nyaman digunakan sebab bahannya yang dingin dan menyerap keringat, kain katun juga memiliki ketebalan yang standar dan juga tidak licin saat dikenakan.

Jadi kita bisa pakai kain apa saja selama itu nyaman dipakai . Yang terpenting, jangan sampai pakai kain yang menerawang ya, karena kan dipakai untuk beribadah menghadap Allah subhanahu wata'ala, jadi pastikan sudah sesuai dengan syariat juga. Dan juga jangan menggunakan kain yang bermotif / bergambar menyerupai makhluk hidup (manusia / hewan), meskipun gambarnya kartun. 

Lihat di sini kalau kamu mau bikin mukena bali : Cara Memotong Pola Mukena Bali

Butuh kain berapa meter untuk membuat mukena?

Estimasi standar bahan yang dibutuhkan untuk membuat 1 set mukena dewasa :
- Bahan atasan, minimal 2,15 - 2,25 meter.
- Bahan bawahan, minimal 1,5 - 1,6 meter.
- Bahan dagu dan tali, menggunakan sisa potongan pola atasan.
-----------------------------------------------------
*Jadi total panjang kain = minimal 3,75 - 4 meter (dengan lebar kain 115cm atau 120cm).

Mengapa aku beri keterangan minimal? Karena ukuran tersebut bisa saja ditambahkan sesuai kebutuhan. Misalnya ingin membuat atasan mukena yang lebih panjang, 1 set mukena plus tas, mukena extra size (bawahan mukena lebih lebar atau atasan mukena lebih panjang), atasan mukena menggunakan pet, atau untuk membuat mukena rempel (ruffle),  maka memang harus ditambahkan lagi panjang kainnya sesuai kebutuhan.

Perlu diingat, pola di atas adalah pola mukena sederhana yang memang dikhususkan untuk pemula. Agar runutan cara membuatnya juga simple dan insyaAllah sangat mudah dibuat. Jadi bagian atasan mukena ini tanpa menggunakan dalaman / pelapis di bagian kepalanya. 

Mengukur Pola Mukena

Untuk membuat mukena, kamu juga bisa pakai dua motif kain yang berbeda untuk masing-masing atasan dan bawahan mukena. Tinggal disesuaikan saja dengan ukuran seperti yang sudah aku sebutkan di atas. Karena ini adalah pola mukena sederhana dan dikhususkan untuk pemula, maka pola berikut tidak menggunakan lapisan kain di bagian kepala.

Pola gambar di bawah ini menggunakan kain dengan lebar 120cm. Tetap gunakan ukuran yang sama (pada bagian selain lebar kain), jika menggunakan kain dengan lebar 115cm. Setelah kain dibagi menjadi dua menjadi bahan untuk atasan dan bawahan, maka lipat masing-masing bahan menjadi dua bagian seperti gambar di bawah ini.

pola mukena jemari ayumna

Catatan : 
* Pola di atas adalah pola yang biasa aku pakai untuk membuat mukena dan menurut aku nyaman dipakai, sudah termasuk kelebihan kain untuk jarak kampuh dan kelim ± 1 - 1,5cm.
* Pola di atas menggunakan bahan kurang lebih 3,75 meter, yaitu :
  ± 2,13 meter untuk atasan (106,5cm x 2), dagu dan tali kepala.
  ± 1,53 meter untuk bawahan, (76,5cm x 2).
* Untuk mukena dewasa, panjang mukena bagian depan (A - B) minimal 105cm.
* Panjang mukena belakang  (A-C) harus lebih panjang minimal 10-15cm dari panjang mukena depan (A-B)  <== berlaku untuk semua variasi ukuran mukena
Siapkan pola atasan mukena yang telah dilipat menjadi dua. Sematkan beberapa jarum pentul agar kain tidak mudah bergeser. Buat garis lengkungan (seperti ¼ lingkaran) mengikuti garis putus-putus berwarna merah (X-Y) seperti pola gambar di atas menggunakan pensil / kapur jahit. Jika dirasa garis lengkungan sudah pas, maka potong kain mengikuti garis lengkungan yang telah dibuat. 

Mengapa garis lengkungan C-X maupun B-Y harus ada jarak kurang lebih 40 cm? Nah karena saat mukena dipakai, bagian X-Y ini berada di bagian tangan kita. Jadi fungsinya agar bagian X-Y ini memiliki ukuran lebih panjang dari panjang mukena bagian depan. Fungsinya untuk menghindari bagian tangan kita (khususnya jari) agar tidak terlihat saat berada di samping badan. Jadi semakin pendek jarak antara C-X dan B-Y, maka semakin pendek pula panjang mukena pada bagian tangan kita saat mukena dipakai.

Sisa potongan bahan atasan mukena tadi, bisa digunakan untuk membuat pola dagu dan tali kepala. Pola di atas adalah pola yang biasa aku pakai untuk membuat mukena dan menurut aku nyaman dipakai. Pola di atas sudah termasuk dengan kelebihan kain untuk lebar kampuh 1cm, jadi pola talinya adalah untuk membuat bentuk mukena dengan tali elastis (karet) selebar 1,5cm. Dan membutuhkan jarak sekitar 2cm untuk ban pinggang, serta 1,5cm untuk kelim tindas (untuk merapikan pinggiran kain) sehingga setelah dijahit panjang A - B (panjang mukena bagian depan) menjadi 105cm. Dan jika selesai dijahit, maka hasilnya akan tampak seperti di bawah ini.

Estimasi hasil ukuran mukena setelah selesai dijahit
berdasarkan pola di atas

Gimana, sudah bisa kan cara membuat pola mukenanya. Kalau ada beberapa hal yang belum dipahami, silakan tinggalkan pertayaan di kolom komentar di bawah ini. Dengan senang hati bakal aku jawab sebisa aku ya. Maklum, aku kan juga masih pemula, hehe. Ah iya, pola mukena di atas ini juga cocok dipakai untuk membuat mukena bali loh. Kalau gitu, selamat hunting-hunting kain dulu ya sambil potong-potong polanya.

👉👉   Lihat juga : Cara Membuat Mukena Untuk Pemula   👈👈

See ya... 😘


73 komentar:

  1. Ternyata membuat pola mukena itu susah-susah gampang ya mbak,

    BalasHapus
  2. waw manteb nih tips dan cara membuat mukena... kasih tau istri saya ah... kan sebentar lagi mau bulan puasa... ups, khan mukena dipake tiap hari juga .... :)

    BalasHapus
  3. Mbak Ayu suka bikin mekena sendiri ya...? bagus itu bisa di kembang kan lho, apa lagi sudah punya web , jadi semakin mudah untuk promosi

    BalasHapus
  4. Gue mau buat atu...
    Lumayan buat seserahan pas nikahan... Hahahaa

    BalasHapus
  5. Kalau punya ke keahlian seperti ini bisa dijadikan ladang usaha buat tambah-tambah penghasilan nich mbak

    Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan

    BalasHapus
  6. Wuaaaa makasi mb info nya
    Kebetulan aku lg blajar jahit menjahit ni

    BalasHapus
  7. Waw muantappp nih ada ilmu baru lagi yang wajib dipelajari.

    BalasHapus
  8. mukena dan tersedia juga pola nya, tentu sangat berguna terutama bagi kaum wanita, apalagi puasa sebentar lagi...yu ah kita bikin mukena sendiri dari pola contoh diatas yu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jelas mas berguna bagi kaum wanita, emang kalo pria buat apaan coba? gitu aja kok repot

      Hapus
  9. kalo bisa membuat mukena sendiri jadi lebih hemat dong yah Mbak? cukup jahit sendiri dan gak perlu beli-beli lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang gak perlu beli, tapi tuh leher pada kaku

      Hapus
  10. ini kreasi yang bagus buat persiapan mukena ya mb, salam kenal dan sukses :D

    BalasHapus
  11. kayaknya saya pengen coba belajar bikin :)

    BalasHapus
  12. Bikinin dong Aiy...
    Nanti tinggal kirim gituh :D

    BalasHapus
  13. Kelihatannya mudah ya mbak Aiy, bisa nggak ya saya coba? Sejak dulu pingin jahit, pernah belajar tapi gagal terus huuhuu

    BalasHapus
  14. hmmm bias dcoba niih,,,
    #coba buat yaa,,, bukan coba make :D
    nanti jadi cucok wkk...

    BalasHapus
  15. sepertinya simple, bisa bikin sendiri dengan pola diatas

    BalasHapus
  16. terimakasih buat sharing ilmunya, semoga bisa jd ladang amal, aamiin

    BalasHapus
  17. terimakasih buat sharing ilmunya, semoga bisa jd ladang amal, aamiin

    BalasHapus
  18. Terima kasih buat polanya...jd bisa bikin mukena sendiri de..Ok mba..tinggal hunting bahan katunnya...

    BalasHapus
  19. jangan lupa gabung di sosmed jahit menjahit ya www.sukajahit.info

    BalasHapus
  20. Asslkm.. Bun. Makasih atas info nya ya. Saya mau coba2 deh pola dari bunda. Oh ya utk bahan na mukena disarankan menggunakan apa ya bun?

    BalasHapus
  21. Asslkm.. Bun. Makasih atas info nya ya. Saya mau coba2 deh pola dari bunda. Oh ya utk bahan na mukena disarankan menggunakan apa ya bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau yang nyaman dan awet, umumnya bahan katun mbak :-)

      Hapus
  22. Aduuh pas bingit, lagi mau bikin bawahan mukena pas ada tutorialnya, tx yaaa!

    BalasHapus
  23. Aduuh pas bingit, lagi mau bikin bawahan mukena pas ada tutorialnya, tx yaaa!

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum...

    Mba untuk membuat bagian kepalanya gimana ya mba apakah ada pola sendiri atau langsung sisakan lubang dr kain yang sudah diukur ya mba?

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum...

    Mba untuk membuat bagian kepalanya gimana ya mba apakah ada pola sendiri atau langsung sisakan lubang dr kain yang sudah diukur ya mba?

    BalasHapus
  26. Ass, bagus artikelnya. aku lagi cari cara bikin mukena untuk dewasa buat praktek. makasih infonya.

    BalasHapus
  27. Thanks banget, aku lagi mau bikin mukenah untuk aku dan anakku

    BalasHapus
  28. Thanks banget, aku lagi mau bikin mukenah untuk aku dan anakku

    BalasHapus
  29. Kalau tali elastis (karet) untuk tali kepala pakai berapa cm?? Trima kasih

    BalasHapus
  30. Mbak mau tanya lipatan kain untuk pola atasan yg di ukuran 106.5 cm atau 120cm?
    Rada bingung saya
    Terimakasih

    BalasHapus
  31. Mba keterangan unt besar bolongan wajah harus brp cm biasanya?

    BalasHapus
  32. Klo untuk kain katun jepang dgn lebar 150cm,brp mtr kain yg dibutuhkan

    BalasHapus
  33. Ass....sy mau tanya.biasanya kain katun jepang punya lebar kain 150cm.trus gmn it bun???

    BalasHapus
  34. apkh materi ini ada dlm bentuk buku..? tks

    BalasHapus
  35. Klu pola mukena terusan gmn ya??

    BalasHapus
  36. Klu pola mukena terusan gmn ya??

    BalasHapus
  37. Mba tolong dong ajarin aku bikin pola mukena terusan model lama.. Kok ribet bikinya ya. Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Model yg jadul punya bisa ga ya mba?

      Hapus
    2. Hai kak, kalau mukena terusan aku belum pernah bikin sih. Emang rada susah ya kayaknya, hehe. Tapi makasih ya requestnya, insyaallah besok2 aku cobain.

      Hapus
  38. Assalamualaikm kk..
    Salam kenal.
    Mksh untuk pola ny, sy msh pemula bgt bru bljr pola dasar. Itu untuk pemotongan d bagian wajah ny gmn kk? Trimakasih

    BalasHapus
  39. Biasanya kaen lebar 115 atau 120 cm masih kependekan ka..makanya untuk kain dgn lebar kecil kaya gitu jadi ngatung dan biar lebih panjang biasanya diakalin dengan nambah variasi dgn panjang 15-20 cm supaya mukenanya gak ngatung di pergelangan tangan. Alangkah lebih baik beli kain dgn lebar 150 cm jadi sisanya juga bisa dibikin tas mukena.

    BalasHapus
  40. Apakah dijual.pola mukrnanya. Saya juga butuh pola mukrna terusan. Tks

    BalasHapus
  41. Mbk kalo mukena terusan gmn polanya

    BalasHapus
  42. Mbk kalo mukena terusan gmn polanya

    BalasHapus
  43. Timekasih yaa...bermanfaat sekali

    BalasHapus
  44. Terimakasih...semoga Allah membalas kebaikan atas ilmu yang di share....
    Saya udah coba... Alahamdulillah berhasil....bagus... Ternyata ukuran yg di contoh kan di atas adalah ukuran besar(ukuran saya 59kg/158cm)..cantik banget...
    Nyaman dan sesuai untuk saya...
    Saya gak punya mesin jahit...jahit pakai tangan...ala-ala nenek jaman dulu....😅 allahamdullilah rapi dan kuat...timakasih yaa admin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MaasyaAllah kak makasih banyak doanya.. maafkan ku lama nggak aktif blog.. baru cek lagi, lihat komen ini jadi terharu banget.. alhamdulillah kalau apa yang aku share bisa bermanfaat untuk orang lain.. semoga sekarang sudah punya mesin jahit ya.. baarakallahu fiik..

      Hapus
  45. Terimah kasih mbk...
    Sangat membantu buat pemula spt saya😍😍 good job...
    Siiip...🖒🖒🖒

    BalasHapus
  46. Terimakasih dan sangat membantu buat pemula seperti saya�� saran saya buat pola mukena terusan tanpa kepala hehe.terimakasih������

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 kak.. aku juga belom pernah bikin mukena terusan kak, hehe.. anw, makasih masukannya ya :)

      Hapus
  47. Mantul banget kak makasih yaa kak😍

    BalasHapus
  48. Makasih mba sharing nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  49. Duuuh bagi yang memang punya keahlian di jahit menjahit, bagus nih dikembangin. Aku sendiri jujurnya utk hal2 yang berkaitan Ama jahit menjahit, sepertinya bidangku memang bukan disitu mba :D. Udah paling bener beli jadi aja kalo di aku . Mamaku yg dulu sering jahit berbagai macam. Baju, mukena dll. Kalo beliau mah memang skill dlnya disitu. Bidang kerajinan pasti bgs hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh keren nih mamanya kakak.. akupun dulu juga belajarnya dari mama dan tante aku.. berawal dari suka mainan mesin jahitnya mama.. hehe..
      iya kak, keahlian dan hobi tiap orang beda2 ya..
      aku malah pengen ih bisa travelling kemana2 kayak kakak

      Hapus
  50. Thanks for sharing.. mau membuat mukena sendiri tapi belum menemukan toko bahan kain yang berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : fitinline..

    BalasHapus
  51. Beli kain yg murah dmn ya, kalau dihitunng² murah beli jadi, darpda jahit sendiri .karena bahan kain sendiri, dah mahal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa dicoba beli kain kiloan kak.. ku juga sering beli begitu, hehe.. jatuhnya bisa murah banget itu.. coba cari di ol shop di marketplace, banyak juga koq yg jual.. 😊

      Hapus
    2. Di tempat saya ga ada kain kiloan soalnya kak..hahaha

      Hapus
  52. Assalamualaikum kk mau tanya apakah lebar kain 1.5M dan panjang kain 2M bisa di jadikan atasan mukena Dewasa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.. mungkin bisa dicoba seperti pola di atas dengan panjangnya dikurangi ±5 cm, tapi ditambahkan rempel (dari sisa lebar kain) biar nggak kependekan. Jadi panjang depan mukena 1m, panjang belakang mukena 115cm. Nah lebar kain kan jadi ada sisa 35cm x 2mtr ya, ini bisa dipakai jadi bahan rempelnya. Semoga membantu ya kak..

      Hapus
  53. Mba kemaren aku bikin mukena, jari tangannya keliatan dong, telat baca blog ini. Aturan baca ini dulu baru bikin, makasih banget mba ilmunya, instaAlloh ilmu nya bermanfaat banget, berkah ya mba.
    Oya mba, ada ukuran mukena anak 6 th ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya karna terlalu melingkar ya polanya. Disambung aja kak pakai rempel, biar masih bisa kepakai. MasyaAllah, wa fik barakallah. Iya nih belum belajar bikin yg buat anak2 hehe

      Hapus
    2. Iya sudah saya kasih rempel, alhamdulillah udah ketutup. Makasih banget ilmu2nya. MasyaAlloh

      Hapus

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)