22 Okt 2020

Asinan Buah Sambal Bangkok

Lama nggak share resep nih. Nggak pede sebenernya, karena nggak ahli masak juga tapi sok-sok-an share resep, hihi. Yah namanya juga blog bebikinan, sah-sah aja kan ya kalau aku share apapun yang aku bikin, hehe (*maksa).

Kali ini aku mau share resep membuat asinan buah cuman pakai sambal bangkok. Berawal dari ngeliat instastory temen yang berakhir bikin ngiler. Dalam hati, masa iya pake sambal bangkok botolan yang biasa ku buat makan gorengan itu? Apa pakai bumbu rujak bangkok? Atau ada sambal bangkok yang lainnya? Apa akunya nih yang nggak update masakan bangkok? Eh setelah kutanya langsung, ternyata beneran pakai sambal bangkok botolan itu tuh yang biasa jadi saus cocolan dimsum.

Penasaran juga nih, beneran cocok nggak yah kalau dimakan pakai buah? Secara biasanya kan ku pakai makan gorengan atau siomay gitu. Kebetulan mumpung punya stocknya juga nih. Dan sewaktu aku cek di kemasannya, ternyata emang ada keterangannya loh kalau sambal ini cocok disajikan untuk salad buah juga. Nah lo, baru ngeh nih aku, haha. Jangan-jangan kamu juga?

Yodahlah yuk cuss langsung bikin aja. Cara bikinnya super duper gampang banget, cocok buat kamu yang mager tapi pengen bikin plus ngemil yang asem-asem pedes seger. 

Bahan yang dibutuhkan :
  • Buah nanas
  • Buah mangga muda
  • Sambal bangkok botol (aku pakai Indofood)
  • Air matang
  • Gula secukupnya

Langkah membuat Asinan Buah Sambal Bangkok :
  1. Potong-potong buah nanas dan mangga muda kira-kira sampai 2/3 mangkuk, atau sesuai selera.
  2. Tambahkan sambal bangkok kira-kira hingga seperempat botol sambal atau sesuai selera.
  3. Beri air sampai mangkuk hampir terisi penuh. Aduk rata.
  4. Koreksi rasa. Kalau kurang tahan pedas, tambahkan gula 2sdt / sesuai selera, aduk rata.
  5. Masukkan ke dalam kulkas agar segar, biarkan buah terendam kuah sambalnya selama beberapa saat. Semakin lama, akan semakin terasa lebih sedap. Biasanya bikin malam, baru dimakan esok harinya. Kalau mau cepat dan udah nggak tahan ingin keburu dimakan, bisa masukkan saja di freezer sebentar.
Asinan buah ini emang cocok disantap dalam kondisi dingin. Apalagi dimakannya pas siang bolong saat lagi panas-panasnya gitu. Beuuhh, nyess banget di tenggorokan. Rasanya segar banget, ada perpaduan rasa asam, pedas, manis dan agak asin (*yah namanya juga asinan) plus ada aroma bawang putih khasnya rasa sambal bangkok.  

4 komentar:

  1. seger banget liatnya dan buatnya pun ga pake ribet

    BalasHapus
  2. Cara bikinnya mudah juga ya, jadi tertarik buat cobain juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau cowok yang bikin juga pasti bisa2 aja ini. Karna emang gampang banget bikinnya

      Hapus

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)