7 Mar 2016

Tutorial Membuat Juntai Anggur untuk Aksesoris



Aksesoris dengan tambahan pemanis manik-manik yang menjuntai kini kian banyak diminati. Terutama bros juntai, bakalan lebih seru lagi jika kita dapat membuat bros juntai sendiri ya.

Kali ini saya akan menunjukkan cara untuk memasang juntai mutsin/manik-manik untuk membuat juntai anggur. Dinamakan juntai anggur karena disusun dari manik-manik yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menyerupai rangkaian buah anggur. Selain sebagai pemanis tambahan pada bros, juntai anggur ini juga bisa dimanfaatkan menjadi anting-anting, bandul gantungan kunci atau aksesoris lainnya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat juntai anggur:
Tang aksesoris (tang pelintir, tang penjepit, tang potong)
Rantai kecil
Paku T (headpin)
Ring kecil
Mutsin / mote

Lihat juga di sini, mengenal perlengkapan dan bahan membuat juntai.
Cara membuatnya :

(klik pada gambar untuk
memperbesar gambar)
1. Masukkan mutsin (manik-manik) ke dalam paku T (head pin) sesuai selera. Dalam setiap paku T bisa diisi satu atau dua manik-manik.

2. Bengkokkan sisa kawat/paku T yang tidak terisi mutsin menggunakan tang penjepit (flat nose plier). Hasilnya bisa dilihat pada gambar.

3. Bentuk loop(lingkaran) sesuai ukuran yang diinginkan pada ujung paku T menggunakan tang pelintir (round nose plier) ke arah yang berlawanan dari proses nomor-2. Agar tidak terlalu sakit di jari, gunakan bantuan tang penjepit untuk menjepit kawat. Biarkan loop sedikit terbuka (lingkaran jangan ditutup rapat).

4. Potong jika ada sisa kawat pada loop yang telah dibuat agar rapi dengan menggunakan tang potong (cutting plier / diagonal plier / end nipper plier).

5. Sematkan loop pada salah satu mata rantai, dan putar ujung kawat yang terbuka hingga loop tertutup rapat dengan batuan tang pelintir.

6. Ulangi lagi proses nomor 1 hingga 5, hingga rangkaian tersusun seperti anggur sesuai dengan panjang juntai yang diinginkan. Kemudian potong sisa rantai menggunakan tang potong.

7. Buka lubang ring dengan cara memasukkan ujung tang pelintir di tengah ring, lalu regangkan tang perlahan hingga ring sedikit terbuka. Lalu pasang ring pada bagian atas rantai, dan juntai anggur siap dipasang sebagai pelengkap aksesoris. Caranya adalah dengan menyematkan ring juntai ke aksesoris, kemudian jangan lupa untuk merapatkan kembali ring yang terbuka menggunakan tang.

Contoh juntai jika diaplikaskan menjadi bros
Mudah bukan? Asalkan kita memiliki perlengkapan untuk membuat juntai, maka ingin membuat juntai yang seperti apapun pasti bisa.

Selamat berkreasi.. :)


15:38 9 Comments

9 comments Write Comments

keren bener-bener kaya anggur :D
bisa dapet penghasilan nih kalo di jual hahaha :D

mb...nanya...kalo udah gitu dikaitkan dipitanya kuat gak ya...atau dikaitkan dibagian apa ya dari pitanya?

Biar kuat, ringnya dijahit ke pitanya.. :)

Beli rantai nya dmna y Mbk?

Di toko bahan/perlengkapan aksesoris offline / online sis

Paku T nya beli di mana

Wahhh, kebetulan bgt aku punya banyak mutiara, dulu aku suka banget bikin kalung atau anting, bahan2nya banyak tp skrg udh males hihihi, thks mbak

http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)