4 Mar 2016

Perlengkapan dan Bahan Membuat Juntai Untuk Aksesoris

Siapa yang suka pakai aksesoris? Samaan donk kita,hehe. Seperti ada yang kurang kali ya kalau gak pakai aksesoris sebagai pelengkap OOTD (Outfit of The Day) kita. *ciehh bahasanya sok fashionista :p

Saya termasuk penggemar aksesoris terutama yang berjuntai melambai gitu, seperti bros, anting, gelang hingga necklace headband. Aaa suka banget deh pakainya. Apalagi dipakainya waktu lagi kondangan, berasa wanita banget, hihi. :D

Kalau dulu sih saya suka beli-beli aja di toko aksesoris. Tapi karena rasa penasaran saya akhirnya pengen juga donk mencoba sendiri untuk belajar membuat aksesoris juntai sendiri, terutama bros juntai yang sekarang lagi ngehits.


Ternyata bahan dan perlengkapan membuat bros juntai ini banyak juga macamnya. Tergantung kita ingin membuat juntai yang seperti apa. Berikut ini akan saya ulas beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat juntai aksesoris.

1. Tang aksesoris (pliers)
Tang atau plier ini berfungsi sebagai alat untuk membantu merangkai aplikasi juntai yang dibutuhkan. Tang untuk membuat aksesoris juntai ini ada beberapa jenis, yang pada umumnya masing-masing berfungsi sebagai alat untuk memotong, membentuk loop(bulatan) dan menjepit. Dalam merangkai juntai biasanya digunakan untuk memotong rantai/kawat, membuka-tutup ring, dan juga membentuk loop atau memelintir kawat / pin. Untuk lebih detailnya, lihat di sini.


2. Ring
Berupa kawat yang berbentuk melingkar seperti cincin. Ring adalah salah satu bahan utama untuk membuat juntai. Sebab fungsinya adalah sebagai perantara untuk mengaitkan rantai ke bandul. Tersedia dalam berbagai macam ukuran serta berbagai warna seperti warna gold, silver, bronze dan copper.

3. Rantai
Berfungsi sebagai dasar(tempat) mengaitkan aplikasi untuk juntai yang akan dirangkai. Rantai ini memiliki beragam bentuk dan ukuran. Warnanya pun juga ada bermacam-macam dan bisa disesuaikan dengan warna ring.

4. Pin / paku juntai
Pin atau sejenis kawat berbentuk paku ini berfungsi sebagai tempat menyusun manik-manik yang nantinya akan digantung menjuntai pada rantai atau menjadi beberapa rangkaian antar pin, dengan cara membentuk loop(lingkaran) pada bagian ujungnya (setelah pin di isi manik-manik) dengan bantuan tang. Setiap pin atau paku juntai hanya dapat diisi dengan satu hingga tiga manik-manik, berdasarkan ukuran panjang pin dan manik-manik. Paku juntai ini pada umumnya ada dua jenis, yaitu :

Paku T ( head pin)
Berupa kawat yang salah satu bagian ujungnya menyerupai kepala paku. Sedangkan bagian ujung yang satunya dibentuk menjadi loop(lingkaran) untuk dikaitkan/dirangkaikan pada loop yag lain atau pada rantai.Biasa digunakan untuk membuat juntai anggur.

Paku 9 (eye pin)
Bentuk dan fungsinya hampir sama seperti head pin, berupa kawat yang bagian ujung lainnya berbentuk melingkar. Biasanya berfungsi untuk membuat jutaian yang berbentuk memanjang. Karena kedua sisinya dapat dibentuk menjadi loop(lingkaran), sehingga kedua ujung head pin ini berfungsi sebagai konektor atau penyambung antar loop kawat.


5. Mutsin / manik-manik / pernak-pernik lainnya
Mutsin(mutiara sintetis) biasa digunakan sebagai aplikasi pelengkap aksesoris karena harganya yang terjangkau sebagai pengganti mutiara asli. Kita bisa juga menggantinya dengan manik-manik lain sesuai selera untuk dipasang pada head pin / eye pin menjadi juntai. Atau bisa juga menggunakan pernak-pernik lainnya seperti manik akrilik, bulu-buluan, pita ataupun kain yang telah dibentuk sedemikian rupa.


6. Charm (bandul)
charm bulat (connector charm)
Charm adalah bandul yang biasanya berbentuk lempengan. Charm ini mempunyai 1 buah loop di bagian atas sebagai tempat untuk pengait. Selain itu juga ada charm yang mempunyai loop di bagian atas dan bawah bandul yang biasa disebut dengan connector charm, yaitu charm yang berfungsi untuk menyambungkan antar loop atau sebagai alternatif pengganti rantai untuk tempat menggantung aplikasi juntai. Connector charm memiliki beragam bentuk seperti charm tetes, charm bulat, charm oval dan lain sebagainya.


7. Cangkang (Bead Caps)
Berfungsi sebagai aksesoris pelengkap atau mahkota penutup untuk menghias bagian atas mutsin/mote atau juntai tali agar terlihat lebih menawan. Tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran.


8. Klep (clamp)
Biasa digunakan untuk menjepit ujung bulu/aplikasi kain sebagai pelengkap juntai. Pada ujung atasnya terdapat lubang(loop) sebagai jalur untuk pengait pada kawat atau rantai. Sama halnya dengan ring, klep juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan warna ring, pin maupun aksesoris kawat lainnya.


9. Senar / benang andaria
Senar adalah berupa benang berbahan nilon dengan warna transparan dan mempunyai beragam tingkat ketebalan. Senar juga ada yang bersifat elastis dan ada juga yang berwarna-warni. Benang andaria mirip seperti senar, berwarna transparan namun ukurannya lebih tipis seperti benang jahit, sehingga juga dapat digunakan untuk menjahit payet pada pakaian. Kita dapat menggunakan senar / benang andaria jika ingin membuat juntaian yang hanya terdiri dari rangkaian atau susunan mutsin/manik-manik (tanpa menggunakan rantai).

Bahan untuk membuat juntai di atas tidak hanya dikreasikan untuk membuat bros juntai saja. Selain itu juga bisa diaplikasikan untuk membuat kalung, gelang, anting-anting maupun cincin. 

Perlengkapan dan bahan utama yang biasa dipakai sebagai patokan untuk membuat juntai sebagai pelengkap aksesoris adalah dari poin 1 - 6. Sedangkan yang lainnya tidak harus digunakan semuanya, tergantung kebutuhan saja ingin membuat juntai yang bagaimana. Bahkan kita juga bisa berkreasi membuat juntai dari benang rajutan atau dari bahan yang lainnya.


Selamat berkreasi ya.. :)


08:30 8 Comments

8 comments Write Comments

Hasilnya mana mbak Ay, kok ngga diliatin? Kalau dilihat dari bahan-bahannya pasti jadinya bagus tuh :)

hehe iya nih baru diupdate.. :D soalnya fotonya abis keselip :p

baru tau nama-nama perlengkapan juntai, aku punya bros juntai tapi sering putus ketarik :(

ini kerjaan para ahli jahit kayaknya ya mbak

nah dibenerin sendiri aja kalo begitu :)

"crafter" sih lebih tepatnya :)

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)