19 Mar 2016

Tutorial dan Tips Membuat Pita (Bow) dari Kain Perca

Punya banyak kain perca di rumah dan bingung mau dibuat apa? Hmm, gimana kalau kita bikin jadi pita yang imut dan unyu-unyu kayak kamu gals :p . Pita ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk bros, jepit rambut maupun aksesoris di baju kamu loh.

Di sini aku bakalan share langkah dasar untuk membuat pita atau bow dari kain perca. Cocok banget nih buat kalian yang masih pemula dan ingin belajar crafting. Karena cara membuatnya pun sangat simple dan mudah.

Tutorial Membuat Pita (Bow) dari Kain Perca

Tidak diperlukan syarat khusus harus memakai bahan apa untuk membuat pita. Jadi bahannya bisa pakai kain jenis apa saja yang kita punya di rumah. Bisa kain katun, satin, tile, kaos bahkan jeans. Dan yang akan saya gunakan untuk membuat pita kali ini adalah kain perca yang berbahan stretch (kaos).

Bahan yang diperlukan :
- Kain perca
- Benang & jarum jahit
- Gunting
Bahan membuat pita dari kain perca
Bahan membuat pita dari kain perca


Langkah-langkah membuat pita (bow) :
  1. Siapkan kain perca, bisa satu macam kain saja atau dua macam sebagai kombinasi warna (aku memakai dua buah kain perca dengan warna yang berbeda). Kemudian bagi kain menjadi dua bagian seperti pada pola berikut ini :
      - kain untuk pita dasar : berukuran 21 x 10 cm (aku menggunakan kain warna cream)
      - kain untuk ikat (obi) : berukuran 3,5 x 6 cm  (aku memakai kain warna orange)
    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    Pola di atas untuk membuat pita(bow) yang berukuran kurang lebih 10 x 6 cm. Untuk membuat pita yang lebih besar lagi, kalian bisa menambahkan ukurannya pada setiap panjang dan lebar pola sesuai keinginan, demikian pula sebaliknya.


  2. Untuk membuat pita dasar, siapkan kain untuk membuat pita dengan posisi kain bagian buruk menghadap ke muka. Kemudian lipat kedua pinggiran kain (sisi atas dan bawah) ke dalam masing-masing selebar 2cm seperti pada gambar di bawah ini. Hal ini untuk menyembunyikan bagian tiras(pinggiran) kain agar tidak terburai/terlihat.
    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    (Klik pada gambar untuk melihat lebih besar)

  3. Kemudian lipat bagian kanan kain ke dalam sepanjang 5,5cm (sedikit melebihi bagian tengah kain). Dan lakukan juga pada bagian kiri kain, sehingga ujung kain bagian kiri tertumpuk oleh ujung kain bagian kanan sekitar 0,5cm.
    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    Ini dilakukan untuk menutup tiras bagian kanan dan kiri kain, juga nantinya membuat pita menjadi terlihat tebal (bervolume). Sehingga kain untuk membuat pita tersebut menjadi berukuran 10 x 6 cm.


  4. Langkah selanjutnya adalah membentuk kerutan/lipatan pita (bow) dari bahan yang sudah dibentuk pada langkah ke-3. Siapkan jarum yang telah dipasang benang jahit, dan bentuk simpul pada ujung benang. Lalu buat jahitan jelujur di bagian tengah bahan, dan pastikan pula ujung-ujung kain yang berada di tengah bahan tertindas oleh jahitan agar tidak lepas (seperti pada gambar bagian "belakang"). Untuk hasil yang rapi, usahakan menggunakan benang dengan warna yang senada dengan kainnya. Aku sengaja memakai warna benang yang berbeda agar mudah disimak (terlihat).
    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    Tips untuk menghasilkan bentuk sempurna (simetris) pada kerutan/lipatan di bagian tengah pita terdapat pada penentuan letak dan jahitan jelujur. Untuk membuat pita yang bagian tengahnya mempunyai 3 buah lipatan seperti pita pada umumnya dan  juga pada pita yang kubuat kali ini, buat jahitan jelujurnya seperti pada gambar.

  5. Seperti yang terlihat di gambar, posisikan lebar bahan menghadap ke arah samping kiri-kanan. Mula-mula masukkan jarum dari arah "bagian depan" (bagian baik) bahan  di sebelah agak ujung kanan (jangan terlalu ujung). Kemudian tarik jarum hingga simpul ujung benang berada di posisi ujung kanan bahan. Lalu bagi menjadi 5 jahitan jelujur yang sama panjang ke arah kiri bahan, sehingga pada "bagian depan" bahan terlihat 2 buah benang jahitan, dan di "bagian belakang" bahan terdapat 3 buah benang jahitan.

    Untuk membuat pita dengan lebih dari 3 buah lipatan, kita bisa menambahkan jumlah jahitan jelujur. Seperti membagi 7 jahitan jelujur untuk menghasilkan 4 buah lipatan, dan seterusnya.


  6. Setelah membuat jahitan jelujur yang simetris, tarik benang(jahitan) hingga kain membentuk kerutan(lipatan) sampai rapat. Sambil ditahan dengan tangan, kemudian lilitkan benang melingkari bagian tengah pita, agar lipatan semakin kuat dan tidak mudah lepas.
    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    Bagian depan pita dasar
    Lalu jahit mati pada bagian belakang (bagian buruk) pita. Dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di atas.


  7. Langkah selanjutnya adalah membuat pengikat pita (obi) sebagai penutup bagian tengah pita agar terlihat semakin rapi. Caranya adalah siapkan kain untuk obi dan bagian buruk kain letakkan menghadap ke muka. Lalu tekuk ke dalam pada bagian atas sisi kain yang memanjang selebar 1cm, lanjutkan pula pada bagian bawah kain. Sehingga pinggiran(tiras) kain bagian bawah menutupi pinggiran kain bagian atas seperti pada gambar.
    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    Pola obi pada langkah-1 tersebut akah menghasilkan obi dengan lebar sekitar 1,5cm. Jika ingin membuat obi yang lebih lebar atau lebih kecil, tinggal diubah saja pada ukuran polanya.


  8. Letakkan pengikat pita melingkari bagian tengah pita, dengan bagian baik (bagian yang tidak ada tiras kain) ikat pita berada di luar. Posisikan bagian tengah ikat pita berada pada posisi bagian baik (depan) pita. Sehingga pada bagian buruk (belakang) pita terlihat seperti pada gambar berikut.
    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    Bagian belakang pita
    Setelah merapatkan ikat pita, maka kedua ujung pita akan bertemu di bagian belakang pita. Pastikan kedua ujungnya saling menumpuk, kemudian tindas dengan jahitan. Janga lupa untuk jahit mati di akhir jahitan dan potong sisa benangnya. :)
Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
Bagian depan pita

Nah pitanya sudah jadi nih. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas. Pita yang sudah jadi siap dipasang dimana saja sesuai keinginan kita. Tinggal dipasang di peniti bros, jepit rambut, ikat rambut atau bando menggunakan lem tembak-pun sudah bisa langsung kita pakai. :)

Selamat mencoba ya :)

7 komentar:

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)