5 Dec 2015

Serunya Pengalaman Membeli Mesin Jahit

Saya ingin banyak dan lama sedikit bercerita tentang pengalaman saya dalam membeli mesin jahit. Jujur saya sendiri baru memiliki mesin jahit sekitar 2 tahun belakangan ini. Aahh campur aduk rasanya saat baru pertama kali punya mesin jahit sendiri, jauh lebih bahagia daripada punya hp baru atau motor baru. *biarin deh dibilang norak :p

Tapi pengalaman saya saat pertama kali membeli mesin jahit kala itu, nyaris membuat saya galau dan gundah gulana, secara pengetahuan saya di dunia jahit menjahit terutama permesin jahitan masih terbilang cethek sangat minim. Pada waktu itu, yang saya hanya tahu hanya ada dua jenis mesin jahit, yaitu mesin jahit manual yang berwarna hitam seperti milik mama, dan juga mesin jahit listrik seperti milik tante saya. Dan ternyata semakin ke sini semakin banyak pula berbagai jenis dan type mesin jahit yang beredar di pasaran.




Pengalaman membeli mesin jahit mini stapler
Sebelum membeli mesin jahit beneran, saya sempat tertarik untuk membeli mesin jahit mini yang berbentuk seperti stapler. Waktu itu saya membeli di seorang pedagang kaki lima di depan pertokoan dengan harga Rp.40.000. Katanya mesin jahit ini bisa digunakan hingga bahan jeans dan bahannya lumayan kuat dibanding dengan mesin jahit stapler yang berharga Rp.25.000. Di sana si penjual juga mempraktekkan cara menjahitnya dengan menggunakan bahan kain jeans. Wah harga segini sudah bisa jahit bahan jeans pula, pikir saya. Tak lama berpikir, saya pun langsung membelinya. Lumayan bisa dipakai untuk permak pakaian yang lepas jahitannya atau untuk membuat aksesoris.

Cara pengoperasiannya sama persis seperti stapler, ditekan menggunakan tangan secara manual maka akan membentuk satu jahitan. Dan pertama kali saya mencoba membuat aksesoris menggunakan kain jeans dengan mesin jahit stapler ini memang lancar. Namun, setelah beberapa kali pemakaian koq tiba-tiba jahitannya loncat-loncat, lalu benar-benar sama sekali tidak dapat digunakan.

Ah, padahal baru sehari saya pakai mesin jahit ini, selebihnya tidak dapat digunakan. Entah karena memang bodinya yang ringkih dan saya paksakan menjahit bahan jeans (karena mengikuti perkataan si penjual) atau memang karena kesialan saya saja yang kebetulan mendapatkan barang yang cacat produksi.


Pengalaman membeli mesin jahit listrik (multifungsi)
Setelah sedikit kecewa dengan mesin jahit mini dan uang hasil ngerayu suami tabungan sudah cukup, maka saya putuskan untuk membeli mesin jahit sungguhan yang sewajarnya. Karena ingin melihat secara langsung dan tidak ingin terkena biaya ongkos kirim yang mahal maka saya memutuskan untuk tidak membeli mesin jahit secara online. Berbekal sedikit ilmu hasil browsing dari internet, kemudian saya nekat pergi ke beberapa toko mesin jahit di kota saya tinggal.

Ketidaktahuan saya mengenai ragam dan jenis mesin jahit juga nyaris membuat saya sedikit tertipu oleh beberapa penjual mesin jahit, salah satunya seperti ditawarkan harga yang jauh lebih mahal dari harga pasaran. Tak jarang juga terkadang si penjual bersikap jutek dan kurang ramah saat menjawab pertanyaan saya tentang detail dan fitur mesin jahit. Ah mungkin hanya kebetulan juga kali ya bertemu penjual yang kurang ramah seperti itu.

Tapi berbekal pengalaman tersebut saya jadi semakin bertambah ilmu, yang tadinya saya kira hanya ponsel saja yang ada garansi tidak resmi, ternyata mesin jahit juga demikian, terutama pada mesin jahit listrik. Walaupun mesin jahit itu sama persis,  namun ada beberapa penjual yang hanya memberikan garansi selama 1 tahun (garansi resmi pada umumnya), ada yang 6 bulan, bahkan ada juga yang tidak mampu menjelaskan detail spesifikasi garansi mesin jahit tersebut. *nah loe? >__<

Dan saya juga akhirnya baru mengetahui bahwa ternyata mesin jahit listrik multifungsi ini ada yang paten (harus pakai meja sebagai penyangga), ada yang portable (tanpa meja), dan juga semi portable. Selain itu ada mesin jahit yang pengaturannya manual dan ada juga yang digital. Pun juga ada mesin jahit yang tanpa menggunakan pedal. Dari sisi bahan pun juga ada yang berbody luar dan dalam full plastik (kecuali mesin), ada juga yang berbody full besi, ada juga yang campuran dari keduanya.

Dan semua pengetahuan tentang permesin jahitan yang saya miliki ini bisa saya dapatkan hanya dalam waktu sehari, walaupun harus dengan berpanas-panasan keliling dari toko ke toko dan terkadang mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan dari beberapa penjual. Namun tentunya tidak mungkin bisa saya dapatkan dari hasil browsing seharian karena informasi yang masih terbatas atau mungkin quota internet yang terbatas, haha. :D

Duh kebayang kan gimana makin bingungnya saya saat akan membeli mesin jahit. Belum lagi fitur-fitur termasuk berbagai macam pola jahitan yang ditawarkan di setiap mesin jahit listrik. Secara harga mesin jahit listrik ini sama seperti harga hp, jadi saya memang sangat selektif memilihnya. *takut ogah rugi :p


Lalu mesin jahit apa yang akhirnya saya beli? Intipin di sini aja. Kalau kamu, bagaimana pengalamanmu membeli mesin jahit?

17:31 54 Comments

54 comments Write Comments

Boleh saya berkomentar mbak ...Ayu...?

Beli mesin jahit kok seru...?
Emang serunya seperti apa toh jal tak takon?

Wes tak komentar DW tak jawabe DW....mbak admin lagi nyuci piring....

Ya itu serunya kan sudah diceritain di atas..

Hahaha.. anda salah..
Gagal dapat payung cantik..
Jawabannya yang benar adalah saya lg masak tahu isi sambil kringete kotos2 mas trik..

wkwkw kemarin abis ada temen yg minta dicariin mesin jahit eh ini pas dapat ilmunya hehe mksih y mbak kayaknya saya jadi ngeh maslah jahit nih hehe

Wah saya juga nitip boleh? :)

Boleh saya komentar lagi mbak...?

Ya udah biar dapet payung g apa2 ini kan sdh mulai musim pengujan...sampean hoby jahit mbak ya....

cuma sayang saya gak bisa buat jahit nya, hanya bisa nganter jahitan saja ke taylor :D

BDW kunjungan pertama,salam kenal juga ya buat adminnya

Saya hobinya update status :)
Tapi kalo menjahit itu untuk belajar menjadi ibu rumah tangga idaman

Minta ajarin donk ke tailornya :)

Salam kenal juga ^_^

Salam kenal mba Aiy,
Pas banget saya juga mau belajar ngejait tapi sama sekali nggak ngerti sama mesin jait. Cuma tahu manual n otomatis.. Konon ada banyak jenis n fiturnya kaya ada yang bisa sama neci, obras, dll...

Di tunggu kelanjutan ceritanya mba :)

pengalamannya mirip2 gw kalo beli handphone :D

Kalau beli mesih jahit (untuk saya yang baru belajar ni), tidak perlu yang canggih. Kalau ada banyak corak jahitan sekali pun, kebanyakannya guna yang jahit lurus sahaja...hihi
Di tempat saya, harga mesin jahit electric agak mahal juga :(

mesin jahit stapler murah, jadi wajar kalau cepat rusak, beda lagi dengan mesin jahit listrik... kalau saya pernah coba mesin jahit yang di injak pakai kaki, agak ribet, mungkin karena kurang ahli

Dulu sempet kerja di garment tapi bagian cutting, sempet juga lihat temen yg pada jait jait gitu, walaupun asyik kayaknya tapi hati belum minat untuk mempelajarinya :D Hahaha//
Sukses ya mbak, semoga jadi pengusaha konveksi...

belum pernah beli sendiri sih mbak Aiy. pakai punya ibuk yang merek butterfly pakai digenjot kaki, trus pakai punya oom yang listrik. sempet pengen beli yang stapler...

Ah iya ada yg kelupaan, untung mbak Amy cerita nih jadi ingat deh ttg issu mesin jahit ajaib yang bisa untuk neci ,obras dan bordir..
Saya dulunya juga tertarik bgt beli karna fiturnya yg terbilang waow..
Tp hasil hunting itu bikin saya jadi ngeh kalo ternyata itu hanya semi obras dan semi neci juga semi bordir..
Jadi intinya ga ada mesin jahit ajaib seperti itu.. kalaupun ada ya itu tadi hasilnya hanya semi, tidak sebagus dan sesempurna dari mesin yang khusus..
Nanti saya update di artikelnya :)
Terimakasih sdh mampir mbak

Untung handphonenya ga bisa jahit ya, nanti lebih ribet lagi deh

Betul sekali, saya pun pakai mesin jahit yang biasa saja.. :)

Hiks tapi kebangetan atuh sehari udah gak bisa dipakai

Aaaa kalo untuk gsrment pasti mesin jahitnya gede2 ya.. ngilerrr deh liatnya... *padahal cuman lihat di tipi2..
Tau aja si masnya nih kalau saya pengen jadi pengusaha konveksi, ahaha amiiinnn2

Wahh saya malah merindukan mesin jahit genjot ituh, punya mamaku udah banyak rusaknya hiks..

saya belum pernah beli mesin jahit, Mbak. Mamah saya jago jahit. Tapi gak menurun keahliannya ke saya :D

Wah mau donk dikenalin sama mamanya.. *numpang berguru

saya belum pernah membeli mesin jahit electric.. pasti mudah ada mesin jahit sendiri..

saya boleh ikutan mbak aiy ndak ? biar sama sama hoby :)

wih kasian amat ya mb, diganti aja e

kok sama mb, saya pun belum pernah juga

nah dengan pengalaman tersebut berarti bisa mencerminkan bhwa kalo yang murah berarti kurang bagus ya mb, :) apalagi belum sampai seharian dah ga bisadipake :)

Kalau saya lebih suka mesin jahit yang di injak pake kaki ...itung2 diet olah raga.... Aku gak ngapusi swerrrrrr

ayo beli :) lumayan bisa membuat baju sendiri ;)

tapi saya beli pengupas wortel cuman 5ribuan bisa awet tuh mas sampai sekarang..

kalo hitung2 olahraga berarti pedalnya kudu dikasih beban tuh

Saya jadi ragu untuk membelikan mesin jahit stapler untuk ortu di toko online...
nanti takut cepet rusak seperti yang mba alami...

Pantesan saya kaget banget, habis seru sekali sih mbak :) lain kali belinya cari yang gak seru ya? :)

wah kalo untuk ortu ya jangan dibeliin yang stapler mas, beliin yang bagus sekalian, kan nanti masnya bisa dijahitin baju tuh sama mamanya :p

bagian mana mas yang bikin kaget?

pengin banget beli mesin jahit mbak...tapi bisa pakenya nggak ya... :(

duh gabisa jahit saya mah mbak hihihi

kalo handpone bisa jahit, nanti beli benang bisa di indomart,

ditawarin sama mbak2...

"isi benang jahitnya.. sekalian mas?"

saya masih punya mesin jahit, mo jual, sapa tahu laku disini wkwk..

Aku nunggu postingan selanjutnya
Lagi ngincer mesin jahit juga :)

Saya lebih suka ke tukang permak celana aja deh daripada harus beli mesin jahit. Mau beli, pake'a juga gak bisa :D

hahaha, itu lain ah mb, saya cubit nantik ya :)

Mesin jahit bagi seorang crafting pasti penting banget tuh ya Mbak, jadinya ada pengalaman yang seru... heheheheheheheheheheh :) Kalau saya belum pernah punya pengalaman membeli mesin jahit...

Cikna pernah beli yang jenis stapler tu, bawa balik terus xb'fungsi....;-(

waduh jadi penasaran sama mesin jahit yang dibeli kayak gimana... tapi aku baru tau juga ada mesin jait yang kayak stapler :p

ga sabar pgn tau kelanjutan ceritanya... saya buta banget sama mesin jait...

Thanks for sharing.. Ingin belajar menjahit dirumah dengan pola baju yang sudah jadi? Anda bisa mendownload contoh polanya di Fitinline..

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)