4 Des 2015

Apa Itu DIY ?

Tentu teman-teman pernah dan sering mendengar kata DIY kan? Karena ini merupakan blog crafting, maka yang saya bahas tentu bukanlah Daerah Istimewa Yogyakarta. DIY yang saya maksudkan ini adalah kepanjangan dari do it yourself.

Sesuai kepanjangannya yang berasal dari bahasa Inggris, DIY atau do it yourself  jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka dapat berarti "lakukan sendiri". Atau dalam bahasa gaulnya berarti kerjain sendiri, bikin sendiri.




Apa itu DIY?
Menurut Wikipedia Indonesia, ternyata DIY (do it yourself) dalam bahasa Indonesia ini disebut juga sebagai swakriya. Nah loh, saya koq baru dengar ya dengan istilah ini? Malahan saya lebih familiar istilah DIY daripada swakriya. *tutup muka pakai bantal >__<

Jadi berdasarkan Wikipedia Indonesia, swakriya (dalam bahasa Inggris: DIY - do it yourself) adalah metode membangun, memodifikasi, atau memperbaiki sesuatu tanpa bantuan seorang ahli atau profesional. Penelitian akademik menggambarkan swakriya sebagai perilaku di mana "seorang individu terlibat bahan baku, semi-baku, dan bagian komponen untuk memproduksi, mengubah, atau menyusun ulang kepemilikan materi, termasuk yang diambil dari lingkungan alam (misalnya, lanskap)".

Secara garis besarnya, DIY (do it yourself) ini berarti suatu kegiatan membuat, memperbaiki dan atau memodifikasi sesuatu yang dilakukan sendiri oleh seseorang tanpa memerlukan bantuan seorang yang ahli di bidangnya. Seperti misalnya, si Surtiani ingin mengikuti kontes fashion kucing, dan saat kontes berlangsung ia ingin kucing peliharaannya yang dinamakan Raisya mengenakan pakaian yang bagus dan lucu, lalu Surtiani mencoba untuk membuat sendiri pakain untuk si Raisya dengan bahan dan perlengkapan yang ia miliki tanpa harus pergi ke penjahit. Nah contoh cerita kegiatan Surtiani yang membuatkan baju untuk Raisya ini bisa disebut sebagai DIY. Akan tetapi kegiatan mandi sendiri, cuci piring sendiri serta cuci baju sendiri tidak dapat disebut sebagai DIY ya teman-teman. *nama dan kasus cerita ini hanyalah sekedar contoh semata, mohon maaf jika ada kesamaan dalam penulisan kisah atau nama :)

Ternyata istilah ini sudah dikenal setidaknya sejak tahun 1912 dan mulai dipakai secara umum di negara Amerika Serikat sejak tahun 1950-an, terutama pada kegiatan perbaikan rumah dan pemeliharaan. Dan seiring perkembangan waktu, istilah ini semakin dikenal dan meluas di berbagai bidang khususnya dalam bidang seni kerajinan dan keterampilan atau crafting. Bahkan semakin banyak kita jumpai tutorial DIY yang berhubungan dengan crafting baik berupa blog maupun video.

* Update Oktober 2020 :
Bahkan sekarang di Indonesia ini, juga semakin banyak para content creator yang membagikan tutorial maupun kegiatannya dalam ber-DIY. Yang mana kini lebih sering menyebutnya sebagai bebikinan. Intinya sih sama aja ya, pokoknya bikin-bikin sesuatu sendiri gitu deh.

Manfaat DIY
DIY / bebikinan bukan hanya merupakan kegiatan iseng-iseng yang dilakukan hanya untuk sekedar mengisi waktu luang, Meskipun terlihat tidak praktis (dibandingkan dengan membeli), namun ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dalam melakukan DIY ini yaitu :
1. menambah kreatifitas
2. menambah wawasan
3. menghemat biaya
4. barang yang dibuat unik / tidak pasaran
5. mandiri
6. perasaan puas dan bangga dengan hasil karya buatan sendiri

Sekarang sudah tahu kan apa itu DIY beserta kelebihannya. Nah apakah kalian berminat untuk mencoba bebikinan juga..? :)

33 komentar:

  1. salah satu hobiku..nihhh, tapi belum setelaten mbak Ay..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum telaten koq mbak, ini makin rajin juga gegara nge-blog hihii :D

      Hapus
  2. Bener banget tuuhh, dgn DIY rasa puas itu ada, bangga banget gtu dgn diri sendiri klo udh bs buat sstu yg sesuai keinginan kita yah ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, walaupun hasilnya gak sebagus buatan pabrik hehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. Awal nya nebak DIY do it yourself...weee ternyata g....

      Hapus
    2. Memang sih mbak kalau ngebahas yg satu ini lebih cocok mereka si cewek.....hi..hi...hi..

      Hapus
    3. Wes tak komen DW tak jawabe DW...mbak Ayum mungkin pergi sekolah....

      Hapus
    4. hahahha malahan baru aku jawab sekarang =D =D =D

      Hapus
  4. Kalau lihat hasil crafting tuh suka banget...tapi kalau mengerjakan sendiri kayaknya nggak sanggup deh mbak meskipun belum pernah mencoba... :)

    BalasHapus
  5. Tergantung sih, kalau mudah dan bahannya gak susah dicari okelah, tapi kalau udah ribet dan bikin pusing pala barbie, mending beli aja deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe aku juga sukanya bikin yang simple2..
      soalnya kalo simple dan bisa bikin, kenapa harus beli?
      *mak mak irit* :p

      Hapus
  6. Yeaaah..tak kira DIY itu tentang daerah istimewa yogyakarta lho dan apa pula itu swakriya, saya juga baru dengar mbak :D

    BalasHapus
  7. Sekarang lagi viral soal DIY ya, Mbak.. Di Facebook sering banget ada share tutorial gambar DIY. Hasilnya memang bagus dan lucu. Pernah coba sekali buat boneka tangan dari flanel dan hasilnya lumayan. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah boleh tuh di share hasil karyanya di blog nya

      Hapus
  8. wah keren saya juha pengen DIY mbak hehe... kirain DIY tadi daerah istimewa yogya mbak hehe....

    BalasHapus
  9. tergantung DIY nya bikin apa dlu mba... waktu kuliah dulu aku paling suka beli DIY yg kayu2 gitu, dan dibntuk jadi hiasan kyk sepeda motor, mobil, rumah2an.. ;D tp kalo DIY nya berkaitan ama jahit2an, aku nyerah deh...walo cewe, tp menjahit memang bukan keahlianku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih keren , aku malah belum pernah coba bikin motor2an dari kayu..
      kayaknya susah tuh

      Hapus
  10. Saya juga suka DIY- an mba, hepi banget ketemu blog bhs. Indonesia Yeay!

    Salam kenal :)

    BalasHapus
  11. Sblmnya sih udh sering denger ap itu DIY tp blm paham tenang DIY ternyata aku juga seorang yg bisa dikatakan DIY hihi dgn menyablon kaos sendiri dgn bukan keahlianku hehe makasih mbak infonya bermanfaat

    BalasHapus
  12. ohh..."SWAKRIYA" jadi kenapa swakriya maksud nya gak di jelas kan...sooo apa itu swakriya atau kepanjangan nya atau dari mana kata itu berasal??....(buka arti nya ya)

    BalasHapus
  13. Saya baru tahu apa itu DIY lewat artikel ini, ahah : D anyway thx you : )


    www.ayuindah.com

    BalasHapus
  14. Lebih tepatnya: Swakarya (kata benda): hasil kerja sendiri.

    :)

    BalasHapus
  15. Hahaha Bru tw arti Dan kepanjangan DIY. Keep update laah

    BalasHapus
  16. Tukan bener bukan D.I.Y , Na sekarang jadi tau deh, ni ada lagi yg blum aq tau mba, mungkin bsa di jaqab, na klo OOT si apa artinya, :)

    BalasHapus
  17. Wahh.. trnyt ini arti DIY.. ijin repost y Sis ;)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)