26 Nov 2015

Mengenal Kain Flanel

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan, nama kain flanel tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun bagi sebagian orang awam masih banyak yang belum mengenal apa itu kain flanel dan apa fungsinya. Yuk sini saya kenalin. :D

Mengenal Kain Flanel

Saya baru mengenal kain flanel kurang lebih baru sekitar 5 tahun yang lalu, dan pada saat itu sedang booming-boomingnya kain flanel untuk dijadikan sebagai aksesoris jepit rambut dan gantungan kunci. Tidak ingin melewatkan kesempatan yang ada, sampai-sampai saya juga ikut memanfaatkan momen tersebut untuk membuat kalung handmade dari flanel dengan beraneka ragam bentuk yang saya pelajari secara otodidak. Kemudian hasilnya saya jual di online shop saya.

Bahkan karya saya yang paling laris saat itu adalah kalung flanel dengan liontin Upin Ipin, yang merupakan kesempatan emas bagi saya pada saat itu karena kebetulan memang Upin Ipin adalah tokoh kartun yang baru saja sedang ngehits dan digemari oleh banyak kalangan di kala itu. Alhamdulillah ya, ikut kecipratan berkahnya. :D

Kreasi kalung dari kain flanel
Kreasi kalung Upin Ipin dari bahan kain flanel

Seiring berjalannya waktu, bukan berarti sekarang ini kain flanel sudah kehilangan masa kejayaannya. Bahkan kain flanel ini sering dipakai sebagai bahan utama untuk tugas kerajinan murid-murid di sekolah dan juga masih sangat dibutuhkan oleh pemula yang ingin belajar crafting. Bagi yang belum mengenal apa itu kain flanel, di bawah ini akan saya berikan penjelasan tentang definisi kain flanel secara lebih terperinci, tentunya berdasarkan pengalaman yang saya miliki.


Apa itu kain flanel?
Agar tidak menjadi salah kaprah, sebelumnya saya ingin berbagi sedikit informasi tentang kain flanel di luar negeri. Di sana kain ini disebut dengan felt. Di luar negeri sendiri, kain felt justru berbeda dengan kain flannel (*perhatikan ejaan hurufnya), meskipun bahan utamanya sama-sama terbuat dari serat wol. Kain flannel pada umumnya digunakan untuk bahan membuat kemeja yang biasanya bermotif tartan atau kotak-kotak (di Indonesia juga biasa disebut dengan flannel/flanel). Jadi pada dasarnya kain flanel (bahan membuat kerajinan) itu berbeda dengan kain flannel (bahan membuat kemeja).

Sedangkan di Indonesia, yang dimaksud kain flanel yaitu bahan yang biasa dipergunakan untuk membuat barang craft atau kerajinan tangan adalah sama dengan kain felt (yang dikenal di luar negeri). Menurut Wikipedia, " flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya) ".

Kain flanel memiliki ketebalan dan kualitas yang bebeda-beda. Namun kini banyak dijumpai kain flanel yang agak sedikit tipis dari biasanya, bahkan kain flanel yang agak tebal justru semakin sulit didapatkan. Entahlah apakah karena terkena imbas harga sembako yang semakin naik atau tuntutan kehidupan ekonomi yang semakin tinggi. :D

Mengenal Kain Flanel
Tekstur kain flanel
Ciri-ciri atau tekstur kain flanel :
  - sangat tebal (dibanding jenis kain lainnya)
  - berserat seperti kapas
  - tidak bertiras (pinggiran kain tidak mudah mbrudul)
  - agak kaku
  - tidak ada motif tenunan benang



Apa kegunaan kain flanel?
Kain flanel biasa digunakan sebagai bahan utama kerajinan tangan dengan beraneka ragam bentuk. Pada awalnya kain flanel sering kali digunakan sebagai bahan aksesoris wanita seperti jepit rambut, bros hingga kalung.

Kreasi kalung dari kain flanel
Beberapa kreasi saya membuat kalung dari kain flanel
Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kreatifitas dari para crafter, kain flanel sudah semakin banyak dimanfaatkan untuk menjadi beraneka ragam fungsi yang lainnya, seperti untuk membuat :
  - amplop angpau lebaran,
  - pelapis celengan / tempat pensil,
  - boneka / finger doll,
  - gantungan kunci,
  - aksesoris untuk menghias pakaian atau mukena,
  - souvenir, dan lain sebagainya.


Di mana bisa mendapatkan kain flanel?
Kain flanel terdiri dari berbagai macam warna, ada yang polos dan juga bermotif. Namun kain flanel motif ini agak sulit ditemukan, karena masih jarang sekali yang menjualnya.

Untuk mendapatkan kain flanel sebenarnya cukup mudah. Kita bisa menemukan kain flanel di toko alat jahit terdekat, biasanya dijual lembaran dengan ukuran 20 x 20 cm dengan harga kisaran Rp. 1.500 - Rp. 2.500. Cukup terjangkau bukan? Cocok bagi pemula yang baru ingin belajar crafting atau anak sekolahan yang hanya untuk memanfaatkannya sebagai tugas prakarya di sekolah. Tapi kita juga bisa membelinya secara meteran jika membutuhkan dalam porsi yang banyak.

Bahkan kain flanel ini lebih sulit ditemukan di toko kain yang biasa menjual kain katun, sifon dan lain-lainnya. Jadi jika kalian ingin membeli kain flanel, sebaiknya kunjungi terlebih dahulu toko perlengkapan kerajinan atau toko alat jahit.

Jika menginginkan kain flanel dengan beraneka ragam motif, sebaiknya beli saja secara online. Justru kain flanel motif ini lebih mudah didapatkan di beberapa toko online yang menjual bahan kerajinan / bahan craft.


Apa kelebihan kain flanel?
Sebelum membahas kelebihannya, kain flanel juga tentu memiliki kekurangan, sama seperti kita manusia yang juga memiliki banyak kekurangan. Karena kesempurnaan hanya milik Allah. Loh loh apa hubungannya? :p

Mengenal Kain Flanel

Kekurangan kain flanel :
  - tidak dapat dijadikan bahan pakaian, karena bahannya yang tebal dan kaku
  - mudah kotor
  - masih jarang yang jual flanel bermotif

Kelebihan kain flanel :
  - mudah dibentuk, sekalipun dalam potongan yang sangat kecil
  - tidak perlu menjahit pinggiran kain
  - bisa dibeli dengan ukuran kecil (tidak harus meteran)
  - harga terjangkau


----------------------***----------------------


Kira-kira seperti itulah rincian kain flanel yang dapat saya jelaskan. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang kebingungan bagaimana rupa dan bentuk kain flanel. Khususnya bagi pemula yang ingin belajar crafting, saya sarankan untuk mencobalah terlebih dahulu membuat suatu kerajinan tangan dari bahan kain flanel ini.

Happy crafting.. (✿^__^ )

13:06 43 Comments

43 comments Write Comments

sebua kreasi yang sangat unik mbak aiy, patut untuk di regenerasikan :)

dari kain flanel bisa dibuat berbagai macam kerajinan yang unik...sip.. :)

perlu tuh mas dijelaskan tentang istilah diregenerasikan... saya g tahu :D

baru tahu nama kain flanel, aku mah ketinggalan zaman nih, payah

kalau soal kerajinan tangan harus banyak-banyak belajar sama mbak nich :)

pak ustadz mah tahunya cuman lagu 'sakitnya tuh disini' :)

jangan cuman siip ajha pak.
tapi juga dipraktekin :)

sama lagu sambalado .... ahahahaha

hahahaha masjum maksa pak ustadz ,,, :D

gk payah kok .,.. yg pnting skrg dh tau toh ....

haha,,_
murid songong ya begini mas.
maksa pak ustadz nya :)

jangan cuman tau doang mas tapi juga harus dipraktekkan :)

hadech,,_
kena juga jurusnya kang yanto :)

#VirusPalak

Loh udah rame aja di mari, bentar yah mbak miminnya lagi cari pangsit nih.. ups, maksudnya wangsit... =D

wangsit apa mbak? jodoh yee :)

hahahaha ,,, ntr di suruh baca yasin sambil berdiri loh mas sama pak ustadz ,,,

ini pemaksaan lg namanya ,,, haha

kok tau sih ?
pasti ngintip yah ?

iya nyari jodoh mas ,,, :D

berarti sudah tau kan? kalo gitu bisa kasih tau yang masih belum tau biar mereka menjadi lebih tau

udah punya suami masa mo cari jodoh lagi... #aduhh

ah ,,, giliran dtang neng ayumna kok jadi lupa lg yah ,,,

haaaaaaaaaaaaaaaa??? tuh masjum ..

kain flanel itu lumayan hangat mba, karena saya pernah pake baju flanel panjang untuk mendaki ke gunung :)

Sbantar lg musim hujan.. Siap2 kain flanel ne.. biar hangat... :-)

hmm kayaknya kalo ini berbahan kain "flannel" mbak, beda dengan "flanel" yang saya maksud atau orang luar biasa nyebut felt..
seperti yang saya sebutkan di atas, flannel dan flanel pengucapannya memang sama tapi sebenarnya bahannya berbeda..
kalo flanel yang biasa digunakan untuk kerajinan kainnya cenderung kaku dan gak cocok dijadikan pakaian.. :)

Dapat menambahkan lagi hasil kreativiti. Warnanya juga cantik2. Kalau di sini juga selalunya ada dijual di toko2 alat jahit.

Dapat menambahkan lagi hasil kreativiti. Warnanya juga cantik2. Kalau di sini juga selalunya ada dijual di toko2 alat jahit.

dulu kayaknya kok ada jenis jaket yang bahannya kain flanel ya mbak, biasanya motifnya kotak-kotak...apa saya salah ya..?

seperti yang saya sebutkan di atas, kalo untuk pakaian dan motif kotak2 itu memang disebut flannel, tapi lebih tepatnya penulisannya "flannel" (double N). -> ini kalo orang luar negeri menyebutnya bgitu..

dan orang sini juga kadang menyebutnya flanel (N nya gak double), tapi akhirnya jadi salah kaprah karena ini sangat berbeda dengan kain flanel yang digunakan untuk membuat kerajinan..

kapan2 saya ulas deh perbedaannya :)

ups, setelah saya cek lagi artikelnya ternyata saya kurang menjelaskan perbedaan kain flanel (untuk kerajinan) dengan kain flannel (untuk kemeja)..

hihihi gitu koq waktu balas comment saya bilang "seperti yang sudah saya jelaskan di atas"..

maap mbak miminnya lupa, soalnya waktu itu udah sempat diketik dan akhirnya saya hapus lagi karena maksudnya mau dibikin artikel tersendiri untuk mengulas perbedaan flanel dan flannel =D

akhirnya saya update sedikit lah ya artikelnya :)

This comment has been removed by the author.

Aku udah tau kain flanel ini sejak tahun 2011 mba, bahkan aku sempet beli banyak kain flannel dan bikin beberapa kreasi karena saking semangatnya tapi karena waktu itu sempet sakit akhirnya ga di pegang lagi sampe sekarang dan flanelnya nganggur. Mungkin blm bener2 niat ya mba, hehe

Hmm mungkin karena sakit itu ya mbak, waktu udah sembuh semangatnya udah hilang lagi..
Ayo mbak bikin kreasi lagi kan lumayan bisa dipajang di blognya hehe..
Ato saya juga mau koq dihibahin kain flanel #ngarep =D

flannel biasanya diaplikasikan dalam pembuatan kemeja. apalagi bilsa melihat segi geografi indonesia. kain flannel masih cocok digunakan disini. nah kalo teman2 mau cari kemeja flannel bisa order di toko kemeja populer -----> grosirkemejapria.com

Thanks for sharing.. Butuh bahan baju berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

Wah mantap kak artikelnya .., sangat menarik dan informatif sekali. Oh iya kak, silahkan mampir juga ya di artikel kami seputar jual kemeja flanel murah berkualitas , tentunya untuk mendapatkan penawaran harga yang menarik. Siapa tau diantara temen-temen ada yang sedang butuh info seputar grosir kemeja flanel. Salam Sukses Selalu....

Jadi dapat ilmu nih dari blog ini. Tambah paham sama kain Flanel. Ditunggu postingan-postingan selanjunya. Mampir juga ke blog ku juga ya http://www.kreasimini.com.. Ada barang-barang kerajinan yang lucu-lucu dan menarik

Artikel yang menarik. Jadi tambah ilmunya nih :)

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)