10 Nov 2015

Finger Puppet Spesial Hari Pahlawan



Ada yang spesial di hari Selasa ini. Yup, hari ini tanggal 10 November 2015 kami segenap bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Menurut sejarah, Hari Pahlawan diabadikan untuk mengenang jasa perjuangan arek-arek Suroboyo yang dipimpin oleh Bung Tomo dalam pertempuran melawan penjajah yang puncaknya berada di Hotel Yamato, Surabaya pada tahun 1945. Untuk memperingati dan mengenang jasa para pahlawan kita di 10 November silam, biasanya diadakan upacara bendera di setiap sekolah. Bahkan tak sedikit pula kalangan pekerja instansi maupun anggota komunitas yang mengenakan seragam atau kostum pejuang Indonesia guna turut berperan memperingati Hari Pahlawan.

Di kota Surabaya sendiri, tahun ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Surabaya mengadakan acara "Parade Surabaya Juang 2015" yang dilaksanakan pada hari Minggu, 8 November 2015 lalu. Acara parade yang cukup meriah tersebut dilaksanakan mulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Surya. Selain digelar acara yang berupa pawai perjuangan, juga ada acara teatrikal perang.

Fingerdoll Spesial Hari Pahlawan
Selamat Hari Pahlawan

Sayang sekali tahun ini saya tidak dapat turut menikmati acara parade juang tersebut. Namun bukan berarti saya tidak turut andil berpartisipasi dalam peringatan Hari Pahlawan kali ini. Sebagai bentuk rasa cinta saya terhadap kekasih negara Indonesia ini, maka saya membuat finger puppet bertema Hari Pahlawan :) Si boneka jari finger puppet ini saya buat dari kain flanel berwarna-warni dengan sedikit aksen jahit tusuk feston. Finger puppet yang saya buat kali ini menggambarkan rasa nasionalisme anak negeri yang sedang memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November, dimana salah satunya sedang membawa bendera Merah Putih sebagai lambang bendera Indonesia yang berkibar di Hotel Yamato Surabaya kala itu.

Finger puppet Spesial Hari Pahlawan

Rencananya finger puppet ini akan saya berikan kepada saudara sepupu saya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Karena finger puppet ini bisa berperan sebagai mainan edukatif bagi anak-anak, jadi selain mereka bersenang-senang untuk memainkan finger puppet, mereka juga dapat sambil belajar dan mengenang sejarah para pejuang kita di Hari Pahlawan ini. Akan tetapi, baru saja salah satu foto ini saya pajang menjadi display picture di salah satu IM milik saya, ternyata saudara sepupu saya yang duduk di bangku SMA bahkan beberapa teman saya pun juga menginginkannya *duh, sekalian buka lapak aja kalo kayak gini :p . Nah bagaimana dengan kalian, apa agendamu di Hari Pahlawan ini?


18:11 22 Comments

22 comments Write Comments

blognya cantik lho mbak, keliatan banget yang punya kreatif

ih unyu2 ya...hehe...selamat hari pahlawan...merdekaaaaaaaaaa

betul itu...sekapat..eh, sepakaat

Duhh makasih looo #tersipumalu

Rawe rawe rantas, malang malang putung.. merdekaa..!!!

asli lucu banget, kayaknya dibikinin video youtubenya bagus nie

Tadinya emg mau bikin versi video tutorialnya sambil ngucapin hari pahlawan, tapi ini ide baru dpt td sore & mendadak, cuma bikin dlm waktu ga sampe setengah jam..
Keliatan dari hasilnya yg gak rapi hihii..
Alhasil gagal bikin video, klo dibikin besok kan udah telat yah hihii

Karya mba Ayumna ya... kreatif sekali, sesuai momen....memperingati hari pahlawan bisa dilakukan dengan berbagai macam kegiatan... salah satunya membuat karya seperti ini... lumayan buat usaha sampingan tuh mba, banyak yang minat... soalnya lucu...

sangat kreatif sekali mba
meski gak ikutan kompoi yang penting ikut merayakan juga ya mba :)

Wah usaha sampingan, boleh juga idenya :D

:) selamat.. :) anak2nya pada upacara kah di sekolah??

Bentuk partisipasi kecil2an.. :)

Aaaakk, fingerdoll-nya lucu bangeetttt :3 Ini mah jangankan anak SD, orang dewasa psti pada demen jg kali. Hihii.
Iya bener tuh kata Achmad Fazri, mending buat usaha sampingan gtu, mumpung bnyak yg minat jg tuhh, kan lumayan. Haha.

Coba ada tutorialnya ya? Ah, kyak mau bkin aja aku :( Males nyari bahan flanelnya, mesti ke pasar dlu._.

Ahahha nanti kalo aku jualan kalian kudu yg pertama beli loh ya.. :p

Tutorialnya masih comingsoon, tapi kudu dibikin loh ya, hihi :)
Beli flanel d toko alat jahit dekat rumah ada koq..

mbak Aiy itu bonekanya lucu sekalii...kalau udah bakat emang gampang ya...coba kalau saya pasti nggak bakalan jadi... :)

simple banget koq buatnya.. Yuk bikin.. ;)

Wah unyu unyu bonekanya jarinya, kreatif :)

wah, kreatifnya sangat bagus, mbak dan sangat menarik :)

Lucuk...
Pasti tulisan tangan mbaknya jg cantik
Hahaha
*soktauuuiki

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)