24 Jun 2020

DIY Bookmarks Vintage dari Kardus Bekas

Suka baca buku? Pasti kurang afdol ya buat book-lovers kalau nggak punya pembatas buku (bookmarks) untuk nandain sampai halaman berapa kamu terakhir membaca. Eh tapi biasanya sih waktu beli buku pasti dapet bonus bookmarks yang senada ama cover bukunya. Tapi kalau yang satu ini, agak beda dari yang lain.

Nah kali ini, aku mau bikin bookmarks dengan tampilan vintage nih. Kamu yang suka koleksi benda atau barang bernuansa vintage, atau yang suka nulis journal (journaling) dengan nuansa vintage bisa juga cobain bikin pembatas buku ala-ala vintage ini. Kayak gini nih jadinya.





Gemesh nggak sih? Yang paling aku suka dengan properti ala vintage tuh kita nggak usah bikin terlalu rapih. Bahannya juga selalu bisa kita upcycle dari pakai dari barang bekas bahkan yang udah lecek sekalipun. Karena semakin agak acak adul dan lecek, maka akan semakin cantik dan kece hasilnya, hehe. Jadi sekaligus kita bisa turut berkontribusi dalam mengurangi populasi limbah / sampah. Yuk lah langsung aja kita siapin bahan-bahannya.

Bahan yang dibutuhkan adalah :
  1. kardus bekas
  2. tali rami / goni
  3. koran bekas
  4. bunga kering kecil yang bisa kamu comot di depan halaman rumah, hehe..
  5. gunting
  6. lem tembak

Bahan membuat pembatas buku vintage


Cara membuat :
  • Potong kardusnya sesuai selera (* bikin tutorial atau resep masakan nih? 🤭) 
Oh iya, sebenernya aku pakai kardus sepatu yang kebetulan sudah ada lubang mata ayamnya. Jadi kalau pake kardus biasa, bisa dibuat lubang terlebih dahulu di bagian atasnya untuk tempat tali. Bisa menggunakan punch holder atau digetok pakai paku.

  • Bisa robek sebagian lapisan kardusnya sampai terlihat bagian lengkungnya seperti ini , biar nggak terlalu keliatan polos aja sih.

  • Pasang tali rami dan lingkarkan di lubang kardus, lalu simpul mati.
  • Potong-potong koran menjadi bagian kecil sesuai selera. Biar lebih eksotis, bsa disobek pakai tangan biar ada kesan sobekannya gitu.
  • Potong rantingnya bunga keringnya sesuai selera, asal tidak melebihi ukuran bookmarksnya.
  • Tempelkan bunga kering ke bookmarks pakai lem tembak, cukup bagian bawahnya aja.
  • Tutupi dengan sobekan koran, lalu lem, dan selesai.


Gampang banget kan..? Selamat mencoba 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)