24 Aug 2015

Pincushion Bunga Teratai dari Flanel


Kejadian ini bermula ketika saya secara tak sengaja memandang salah satu sudut ruangan rumah saya, dan seketika itu pandangan saya tertuju pada sesuatu benda yang tergeletak tak berdaya di sana, seakan -akan ia memanggil saya untuk segera menghampirinya. Ya, benda itu adalah tempat lilin yang konon didapatkan orang tua saya secara cuma - cuma dari souvenir pernikahan anak teman mereka. :D

Baiklah, abaikan cerita hiperbola saya di atas :p . Intinya, karena bentuknya yang cantik dan tempat lilin ini jarang sekali digunakan, sebab hanya sesekali terpakai jika dalam keadaan darurat yaitu mati lampu, maka saya berniat untuk mengadopsinya menjadi pajangan di ruangan kamar saya namun dengan fungsi yang berbeda. Dan seketika itu pula ide ini muncul, yup, saya akan gunakan tempat lilin ini sebagai wadah pincushion.


Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel
Pincushion Bunga Teratai dari Flanel dan Tempat Lilin

Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel
Tempat Lilin Sebelum Menjadi Wadah Pincushion

Karena wadah tempat lilin ini melebar, maka saya terinspirasi untuk membuat pincushion atau bantalan jarum pentul yang berbentuk bunga, dan yang saya pilih kali ini adalah berbentuk seperti bunga teratai. Bahan yang diperlukan untuk membuat pincushion bunga teratai ini adalah sebagai berikut:
  1. Tempat lilin
  2. Kain flanel
  3. Dakron
  4. Gunting
  5. Benang dan jarum
  6. Lem tembak (hot glue)
Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel
Bahan - Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Pincushion


Langkah - langkah untuk membuat bantalan jarum pentul ini adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kain flanel sebagai bantalan jarum pentul dan kelopak bunga. Di sini saya ingin menggunakan warna netral, namun teman - teman yang ingin mencoba silahkan berekspresi dengan warna - warna yang kalian suka.

    Buat pola A yang berbentuk lingkaran untuk bantalannya, dengan diameter sekitar 1,5 hingga 2 kali lipat dari diameter wadah lilin.
    Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel
    Pola A untuk Bantalan Pincushion

    Untuk kelopak bunganya, buat pola B dan C seperti pada gambar di bawah ini, buat sebanyak 8 buah untuk masing - masing pola.
  2. Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel
    Pola B dan Pola C untuk Kelopak Bunga Pincushion


  3. Untuk membuat bantalannya, siapkan pola A lalu jahit jelujur hingga melingkari semua sisinya, kemudian tarik/serut benang sisa jahitan sehingga pola A berbentuk mangkuk. Lalu isi dengan dakron hingga berbentuk agak bulat seperti gambar di bawah ini, dan jahit mati pada sisa jahitan jelujur tadi. Jangan dibentuk terlalu bulat sempurna agar nantinya  tidak terlalu menutupi kelopak bunga.

    Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari FlanelTutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel

    Bagian yang akan digunakan sebagai bantalan jarum pentul ini adalah sebagai bagian tengah dari bunga teratai atau putik. Sengaja saya buat lebih lebar dari bentuk bunga teratai yang asli, karena agar bantalan ini bisa menampung jarum pentul lebih banyak.


  4. Untuk membuat kelopaknya, siapkan pola B dan C. Beri sedikit lem satu - persatu pada bagian tengah kelopak dan rekatkan dengan menjepitkan bagian tengah yang sudah diberi lem seperti pada gambar berikut. Lakukan pada semua pola B dan C yang ada. Ini untuk membuat kelopak bunga agar berbentuk sedikit melengkung seperti kelopak bunga teratai.

    Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel

    *NB: Ukuran kelopak bunga yang saya buat ini saya sesuaikan dengan ukuran wadah lilin. Kalian bisa menggunakan wadah lain dengan ukuran yang berbeda dan silahkan sesuaikan ukuran kelopak bunga dan bantalannya sesuai dengan ukuran wadah yang digunakan.


  5. Langkah selanjutnya adalah menempelkan kelopak bunga pada bantalan. Beri lem pada bagian dalam kelopak B, lalu tempelkan pada sisi samping bagian belakang bantalan seperti gambar di bawah ini. Susun satu - persatu hingga melingkari seluruh sisi bantalan.

  6. Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel


  7. Lakukan hal yang sama pada kelopak C. Susun melingkar di atas kelopak B, dan letakkan di tiap tengah-tengah celah antara kelopak B satu dengan yang sebelahnya, agar kelopak C dapat terlihat seperti gambar berikut.

  8. Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel


  9. Buat pola flanel berbentuk lingkaran yang seukuran dengan sisa celah bagian belakang (beri sisa lebih pada ukuran untuk tempat lem), untuk menutupi celah bagian belakang bantalan dan tumpukan kelopak agar terlihat rapi. Rekatkan menggunakan lem tembak.

  10. Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel


  11. Nah bantalan jarum pentul dari flanel yang berbentuk bunga teratai ini sudah jadi. Tinggal direkatkan ke wadah lilin menggunakan sedikit lem pada bagian alasnya agar tidak mudah bergeser.

  12. Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel


Dan pincushion bunga teratai ini siap untuk diisi dengan jarum pentul berwarna - warni dan juga sebagai pajangan di sudut ruangan kamar saya.


Tutorial Pincushion Bunga Teratai dari Flanel


Selamat mencoba.. ;)


22:27 2 Comments

2 comments Write Comments

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)