23 Aug 2016

Cara Membuat Ruffle atau Kerutan pada Kain

Buat kamu yang ingin tampil lebih feminim, penambahan aksen rempel atau ruffle sering digunakan untuk menghiasi berbagai model rok atau pakaian wanita. Nggak hanya itu, aksen ruffle atau kerutan ini juga sering ditambahkan sebagai pemanis pada mukena, jilbab maupun aksesoris lainnya yang berbahan dasar kain. Biarpun aku sudah manis, aku tetap suka loh pakai baju atau aksesoris yang berbau ruffle gitu. :p
 
Di dunia jahit menjahit, tentu kita harus mengetahui teknik cara menjahit kerutan pada kain. Dan ternyata, ada banyak cara untuk membuat jahitan kerutan ini, mulai dari menjahit manual menggunakan tangan, membuat trik jahitan dengan mesin jahit, bahkan dengan bantuan sepatu mesin jahit khusus untuk membuat kerutan atau ruffle.


Cara paling mudah dan praktis untuk menjahit kerutan sebenarnya adalah dengan memakai bantuan sepatu mesin jahit khusus yaitu gathering foot (sepatu kerut). Karena bukan sepatu mesin jahit yang biasa dipakai pada umumnya, dan biasanya tidak include pada saat pembelian mesin jahit, maka tidak semua orang mempunyai sepatu kerut ini.

Nah kali ini aku akan menunjukkan tips dan trik cara menjahit kerutan menggunakan mesin jahit dengan cara manual seperti yang kebanyakan orang lain lakukan. Buat kamu yang nggak punya gathering foot (ruffling foot), keempat cara di bawah ini bisa jadi alternatif pilihan untuk membuat kerutan rempel menggunakan mesin jahit. Dulu cara lama ini juga biasa aku lakukan sebelum aku membeli gathering foot.

Klik halaman berikutnya ( page 2 - 5 ) untuk melihat cara dan langkah membuat kerutan pada kain.

Page :
1 2 3 4 5
17:42 12 Comments

12 comments Write Comments

Dulu waktu SMA pernah nih disuruh buat beginian...

*angkat tangan*
*lempar bahan ke tukang jait*

tips ini sangat bermanfaat bagi yang hobi jahit2an... klo sayamah tinggal pakenya ajah..

salam kenal mbak :)

wah ini urusannya para penjahit neng ya, saya mah pake nyuruh bikin ajah buat anak istri

memang banyak model untuk membuat kerutan kain, tidak hanya pake lipatan biasa. harus bervariasi supaya pelanggan juga puas dan mengundang teman2nya untuk janitin ke kita.

Thanks for sharing.. Ingin belajar menjahit dirumah dengan pola baju yang sudah jadi? Anda bisa mendownload contoh polanya di Fitinline..

Masyaallah sangat bermanfaat mbak, saya yg baru blajar jait jdi perlu banget ini. Makasih ya mbam

Masyaallah sangat bermanfaat mbak, saya yg baru blajar jait jdi perlu banget ini. Makasih ya mbam

kalau udah bisa kayak gini gak perlu ke tukang jahit lagi kayaknya :D

assalamu'alaikum mbak

maaf, baru bisa hadir lagi mbak :)

Waaah nambah ilmu lg buat sy yg lagi belajar jahit...trm ksh sharing ilmunya

Trims infonya.. sangat bermanfaat

Terimakasih mbak... sudah diberi pencerahan...

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)