2 Nov 2015

Tips Belajar Crafting untuk Pemula

Seringkali saat ingin melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, kita dihadapkan pada situasi dilema harus memulai dari mana. Seperti saat ingin belajar membuat suatu kerajinan tangan misalnya, bagi kita yang sama sekali belum pernah melakukannya tentu hal ini akan terasa sangat sulit untuk dilakukan.

Nah jika ada di antara kalian yang juga pernah merasakan hal yang sama, dan tidak tahu harus mengadu kepada siapa, *curhat kalee , lalu apa yang harus dilakukan? Mungkin beberapa tips berikut bisa menjadi pencerahan agar sedikit membantu memecahkan dilema yang sedang dirasakan.




Referensi Tutorial
Sudah banyak sekali tutorial crafting yang bertebaran di dunia maya yang dapat kita jadikan sebagai referensi untuk belajar. Tutorial tersebut bisa kita dapatkan baik dari media sosial maupun melakukan pencarian di mbah Google.
Sebagai pemula, carilah tutorial (baik berupa gambar maupun video) tentang sesuatu yang ingin kalian buat dengan menambahkan kata kunci "untuk pemula" pada kolom penelusuran. Misalnya kita ingin membuat bros, maka kita bisa menuliskan kata kunci "tutorial membuat bros untuk pemula", atau juga bisa menggunakan kata kunci "cara mudah membuat bros".
Selain melalui media online, tutorial crafting juga bisa didapatkan melalui buku. Carilah buku tentang panduan dasar untuk membuat kerajinan tangan sesuai yang kita inginkan di toko buku terdekat.

Step by Step
Akankah lebih bagus jika melakukan sesuatu secara bertahap. Sebagai pemula, kerjakan dahulu dari hal yang menurut kita paling mudah dilakukan, anggap sebagai pemanasan. Jika sudah terbiasa maka secara tidak langsung pasti kita akan semakin mahir dan lebih kreatif. Untuk tahap awal, buatlah sesuatu yang sekiranya hanya membutuhkan alat dan bahan yang simple dan mudah didapatkan.

Makeover
Jika merasa bingung dan tidak sanggung mengerjakan dari awal, maka biasanya hal paling mudah dilakukan adalah menghias atau makeover sesuatu benda. Makeover ini akan lebih mudah dilakukan karena hanya menambahkan aksesoris atau sedikit melakukan perubahan pada barang yang sudah jadi.
Mulai dengan melakukan makeover pada benda di sekitar rumah kita yang sekiranya kurang menarik atau yang terlihat usang. Bisa pigura, kaos, sepatu, pensil, bahkan tas. Lalu cari inspirasi di google dengan kata kunci sesuai kebutuhan. Misalkan ingin melakukan makeover pada kaos polos, tulis kata kunci "makeover kaos polos" di kolom pencarian.

Bisa Karena Terbiasa
Ada istilah yang mengatakan "kita bisa karena terbiasa, jadi kita tidak bisa karena belum terbiasa". Maka sering-seringlah latih kemampuan kita dalam berkreasi untuk meningkatkan kreatifitas dan melatih jemari kita agar menjadi lebih luwes dan mahir dalam mengerjakannya.
Jika ingin praktek secara langsung dengan ahlinya, tidak ada salahnya untuk mengikuti workshop atau kursus sesuai dengan tema yang ingin kita ikuti. Namun memang membutuhkan budget yang tidak sedikit untuk mengikuti workshop ini dibandingkan dengan mengunduh tutorial dari Google.

Malu Bertanya Sesat di Jalan
Pepatah seperti ini tidak akan pernah ada matinya, terutama bagi kita yang masih dalam tahap belajar. Jangan pernah malu untuk bertanya kepada ahlinya jika ada hal yang tidak atau kurang kita mengerti dan pahami. Cobalah bertanya terlebih dahulu kepada teman kita yang lebih ahli di bidangnya, atau bisa juga bertanya di komunitas yang ada di media sosial maupun di situs forum tanya jawab. *Asal jangan bertanya pada rumput yang bergoyang :D .

Yes, I Can
Tanamkan sugesti ini pada diri kita. "Yes, I can..!! Jika orang lain saja bisa, mengapa saya tidak?". Secara tidak langsung sugesti ini akan menghilangkan keraguan serta menanamkan motivasi dan rasa percaya diri pada diri kita untuk memulai sesuatu *asal jangan kepedean maksimal aja yaa :p . Bukankah lebih bangga dan berkesan jika barang yang kita pakai adalah dari hasil karya kita sendiri?

----------------------------------

Tips di atas saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan juga wejangan masukan yang sering saya berikan pada teman-teman saya saat mereka merasa ragu dan tidak PD untuk memulai sesuatu, *bukan konsultan abal-abal :p . Semoga tips dari saya ini bermanfaat ya. Bagaimana, apakah teman-teman masih galau untuk ber-crafting ria?? Enggak kan, enggak donk..  :)


19:03 42 Comments

42 comments Write Comments

Setuju banget tuhh mbak. 'Bisa karena terbiasa' dan itu seperti halnya pertama kali kita ngeblog yang nggak tahu apa-apa dan akhirnya sedikit memahami karena terbiasa :)

nyeraaaah kalo harus bikin crafting :p

Yahh koq menyerah mbak, hehe.. ciayooo semangArt..

hal terpenting adalah jangan malu untuk bertanya hehe jadi kalau tanya sama yg ahlinya,pasti bisa deh bikin crafting :D kpan nih ada videonya.

Wah bener juga nih Kalau malu bertanya bisa sesat di jalan ya
Musti berani ini namanya

Iya mas, soalnya kalo tanya crafting ama abang penjual bakso bisa repot, bukannya berkarya malah makan bakso deh =D *tergoda aromanya*
Aminnn2 doakan ya mas bisa segera bikin video clip, eh mksudnya video tutorial ;)

Iya nanti jadinya ky lirik lagu itu loh "aku tersesat dan tak tau arah jalan pulang.." =D

Intinya mah mau belajar dan bisa menerima kritik.
Sebenernya malu bertanya gak apa-apa sih.. asal udah tau. Hehehehe.

Hihii bisa aja mas Renggo.. =D

Iya betul Mbak, salah satunya bisa karena terbiasa, dalam hal apapun mengenai bisa karena terbiasa bisa diterapkan ya Mbak, bukan hanya untuk belajar crafting... Siiiippp Mbak.. :)

ini proses kreatifitas, sekarang tidak perlu lagi kursus, udah ada kang yutub sebagai tutorial. normal ngga sih kalau cowo itu ikutan bikin craftting...

Cara yang bertahap bikin pembaca mudah mengikutinya, panduan yang bermanfaat mas.

Sepertinya saya atau adik saya perlu mencobanya nih, makasih mbak.

bisa karna terbiasa, betul banget, gak harus crafting, apa pun yang dilakukan karena terbiasa pasti hasilnya lebih bagus

Iya, saya juga jago masak mie instan karena terbiasa koq =D

Tapi kursus/workshop masih diminati loh mas.. :)
Mungkin karena bisa praktek langsung berhadapan sama ahlinya, jadi kalo ada yg gak ngeh kan bisa langsung diajarin juga..
Cowok2 juga banyak koq yg menggeluti crafting, bahkan saya sempat tahu di salah satu group crafting ada seorang mas2 yg bikin bros hehe, keren deh..
Srg juga lht di tv pengrajin pake akar apa gt ya, akhirnya usahanya meluas sampe expor kluar negeri..
Yg penting kan halal dan membawa berkah..

Silahkan mencoba.. :)
Nah lo tapi saya bingung, kalimat pertama dipanggil mas, kalimat kedua dpanggil mbak =D

Iya mbak intinya latihan teruss, sama sperti saya latihan nulis di blog ini .. :)

betul itu bisa karena terbiasa, masalahnya saya belum terbiasa untuk memulai hehe

Tips Belajar Crafting yang sangat akurat informasinya mbak, dengan beberapa tahap tersebut akan lebih memudahkan bagi semua :)

setuju.. yes i can, kalau awal udah minder krena merasa gak berbakat dan lain2 maka akan sulit belajar nya

blogwalking http://f4ndhy.blogspot.co.id/2015/06/selamat-tidur-kekasih.html

tutorial itu sebenernya enakan tutorial langsung engg daripada baca atau liat video *konvensional banget*

Baca ini jadi ingat kalau dulu waktu jaman masih sekolah aku suka ikut-ikutin cara make over barang-barang di majalah, kalau gak salah itu namanya DIY. Bantal sofa dipakein sarung bantal yang asalnya dari baju yang udah gak dipake lagi, trus kotak sepatu dijadiin kotak harta karun yang nyimpen banyak foto-foto alay. Dulu sih masih rajin, sekarang enggak lagi karena sok sibuk. Huhu jadi kangen :(

hehe iya, masing2 orang emang punya cara yang berbeda2 :)

iya, DIY alias do it yourself :)
lanjutin aja klo lagi jenuh ama kesibukan :D
lumayan bikin2 kreasi begituan bisa jadi moodbooster juga loh kalo kita lagi suntuk..

Sekarang diana baru berjinak² mau bikin brooch ni mbak....boleh minta tunjuk ajarnya sih mbak...hihi

Saya juga masih pemula koq :)

Harus banyak bertanya nih kayaknya ama mbak Aiy supaya enggak sesat

aku juga masih pemula koq, kalo aku yang ditanyai nanti akunya tanya ma sapa? =D

cara penyajian yang runut dan bisa sebagai bahan pembelajaran bersama daalam pembuatan crafting bagi para pemula, semoga sukses ya mba. Semangat.... :D

terimakasih mas :) semangattt..! :D

Wah, Mbak rajin juga, ya? Saya termasuk suka, tapi belum terpikir untuk mengembangkannya. Padahal saya tinggal di panti asuhan. Pernah beberapa waktu anak-anak belajar, yang serius pun tidak banyak. Kalau kepentok tugas sekolah/kuliah, ya udah. Berhenti deh.

Sukses selalu untuk Mbak Aiy ...

jujur aja karena nge-blog ini saya jadi termotivasi untuk rajin, karena kalo ga rajin nanti bingung juga artikelnya mau diisi apaan mbak =D

Wah sebenarnya salah satu tujuan saya nanti pun bisa berbagi kepada teman2 khususnya yang berada di panti asuhan untuk berbagi ilmu setidaknya bisa dijadikan bekal berbisnis suatu saat nanti..
tapi baru angan2 saja, sekarang sih masih belum ada apa2nya :)

semangat mbak, sukses juga untuk mbak mumu..... :) *saya bingung manggilnya apa"

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)