20 Nov 2015

Membuat Rok dari Dress Lama yang Tidak Terpakai



Punya dress lama yang sudah tidak terpakai karena sudah usang, kependekan atau modelnya jadul? Tapi masih sayang untuk diberikan ke orang lain karena punya kenangan yang berarti. Daripada bingung harus bagaimana, yuk ikut aku memanfaatkan dress lama ini menjadi sebuah rok.

Kebetulan maxidress milik saya ini sedikit kependekan dan modelnya juga kurang pas buat emak-emak anak muda seperti saya, sehingga dress ini jarang sekali saya pakai. Setelah saya ukur, ternyata masih bisa untuk dimanfaatkan menjadi sebuah rok. Lumayan lah, daripada mubadzir gak kepakai kan..? :D

Maxidress atau dress panjang ini akan saya makeover menjadi rok panjang. Kalian juga bisa memanfaatkan dress pendek kamu untuk menjadi rok pendek, dengan mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :


Langkah Pertama
Ukur panjang rok yang diinginkan kemudian potong. Pada dress milik saya ini, saya potong tepat pada tanda garis putus-putus berwarna biru seperti pada gambar berikut.

Langkah Kedua
Siapkan karet elastik dengan panjang ½ dari lingkar pinggang pada rok. Atau sesuaikan dengan lingkar pinggang kita dan kurangi 15-20cm. Karena saya ingin membuat rok yang mudah dan praktis, maka saya tidak membuat ban pinggang secara terpisah. Jadi saya membuat lipatan pada bagian atas rok tersebut untuk dimanfaatkan sebagai ban pinggang elastis.


Caranya adalah dengan membuat lipatan pada bagian pinggang, lipat sebanyak 2 kali seperti membuat kelim, untuk membuat ban pinggang elastis. Sesuaikan ukuran lebar lipatan dengan lebar karet elastik yang akan dipakai. Lebihkan lebar ban pinggang sebesar 0,5cm dari lebar karet elastik.



Langkah Ketiga
Jahit sekeliling pinggir lipatan ban pinggang seperti gambar A. Sisakan ruang sedikit sekitar 3cm untuk memasukkan karet elastik.

Sambungkan dengan jahitan di kedua ujung karet elastik setelah karet elastik telah dimasukkan di dalam ban pinggang seperti gambar B. Jangan lupa untuk menutup sisa ruang ban pinggang tadi dengan jahitan. Kemudian tarik-tarik ban pinggang yang sudah terisi karet elastik hingga kerutan ban pinggang menjadi rata. Atur dan ratakan karet elastik agar merapat di bagian bawah ban pinggang atau bekas jahitan tadi, kemudian tahan dengan beberapa jarum pentul seperti gambar C, sehingga ada sisa ruang selebar 0,5cm di bagian atas ban pinggang yang tidak terisi karet elastik.


Langkah Keempat
Jahit bagian tengah ban pinggang yang terisi karet elastik seperti pada gambar D. Selagi menjahit, lakukan sambil menarik total bagian ban pinggang hingga tidak berkerut.

Cara ini dilakukan agar karet elastik tidak bergeser dan terlipat selagi dipakai. Selain itu juga agar ban pinggang pada rok terlihat lebih rapi.


Langkah Kelima
Langkah terakhir adalah dengan menjahit sekeliling bagian tepi ban pinggang yang tidak terisi karet elastik. Lakukan juga dengan cara yang sama seperti gambar D dengan cara menarik ban pinggang hingga tidak ada kerutan selagi menjahit.
Lakukan secara perlahan agar karet elastik tidak ikut terjahit. Dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Nah rok yang saya buat dari dress tadi sudah jadi nih. Siap dipakai untuk bersantai di rumah. Ah iya, foto rok ini juga saya manfaatkan sebagai object untuk menyalurkan hobi saya dalam menggambar loh. Saya iseng-iseng mencoba untuk mempercantik foto object dengan stick drawing menggunakan aplikasi Corel Draw. Yang juga hobi menggambar, yuk ikutan mencoba. ;)


Happy sewing ..  \^○^/

16:56 17 Comments

17 comments Write Comments

Wow
Saya juga pernah melakukan ini mbak
Sama seperti yang mbak buat rok kita pun akan terlihat kece kalau kita pandai memolesnya
Bahkan teman saya enggak tahu kalau itu adalah dress yang dimodif,hehe

iya, berasa punya rok baru ya mbak.. ih mbak Debe kreatif euy..;)

sipp...cantik ya rokny jadinya :)

aku juga kepeikiran untuk melakukan hal ini, pada baju baju yang sebagian bahnaya sdh rusak, dan sebagianlaiinya lagi masih bagus, atau baju terusan yang atasnya sudah sempit, tapi bawahannya masih cucok, tapi..susah sekali ya mau melangkah ke tempat tukang jahitnya, wkwkwkkw

di remake sendiri aja mbak :) biar lebih wow gitu..

kreasinya mbak aiy selau kelihatan bagus mbak :) keren deh pokonya

sekarang saya sudah tahu mbak debe, karena sudah mbak bilangin :) hhehehe

kok tahu kank santri, suka ngintips ya ?

Thanks for sharing.. Ingin belajar menjahit dirumah dengan pola baju yang sudah jadi? Anda bisa mendownload contoh polanya di Fitinline..

Bagusss... kalau dijahit tangan karet nya bisa gak yah?
Belum bisa jahit mesin.

Bisa aja, tapi harus telaten banget ya..
Mungkin biar gak terlalu ribet, sampai step ketiga aja sudah cukup koq.. :)

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya
LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri

Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Kamisol, Gamis, Jilbab lebar, Manik-Manik, Pakaian Dalam


Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil


Glagah Uh4/196
Warungboto Umbulharjo yogyakarta
PH.(0274)450326


buka cabang di sleman :

Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
pin BB 75F08617

Kursus Jahit Bordir

Mempercantik foto object dengan stick drawing nya kok ga bs dibuka ya 😁

hasil nya keren juga nih, tutorial nya juga enak untuk dicoba

http://www.marketingkita.com/2017/08/cash-on-delivery-cod-dalam-ilmu-marketing.html

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)