1 Sep 2015

Membuat Jilbab Ombre dengan Bleaching

Siapa bilang nge-mall itu cuma bakalan habis - habisin duit kita? It's a big no no.. Bagi saya pribadi, cuci mata di mall atau pusat perbelanjaan justru semakin membantu saya mendapatkan inspirasi contekan baru.

Seperti saat saya sedang berada di salah satu stand pakaian muslim di salah satu mall di kota tempat tinggal saya tercinta Surabaya. Pandangan saya saat itu tertuju pada salah satu display jilbab persegi panjang atau biasa disebut pashmina, yang bermotif ombre. Ombre merupakan kata dalam bahasa Perancis yang artinya shading atau graduating. Jadi ombre bisa diartikan sebagai perpaduan gradasi warna, biasanya perpaduan dari warna mencolok/gelap menuju ke warna yang lebih terang, atau sebaliknya.


Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching
Pashmina Ombre Merah Maroon


Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching
Pashmina Ombre Orange



Melihat pashmina ombre yang dijual di stand tersebut, saya jadi teringat dengan pashmina polos saya di rumah yang jarang sekali saya pakai karena warna orange-nya yang terlalu mencolok bagi saya. Dalam hatiku bergumam "tidak ada salahnya jika saya mencoba mengubah pashmina polos saya itu menjadi pashmina ombre". Sambil senyum - senyum merekah karena baru saja mendapat inspirasi, saya pun segera berlalu dari toko pakaian muslim tersebut ( sebelum mbak-mbak penjualnya kecewa karena saya hanya melihat-lihat dagangannya tanpa membeli, hehehe :D ).

Karena warna pashmina saya orange cerah, maka yang akan saya lakukan adalah membuat gradasi warna dari orange cerah (warna aslinya) menuju ke warna yang lebih muda, dengan cara memudarkan sebagian warna orange cerahnya. Bagaimana caranya? Saya hanya memerlukan bantuan cairan bleaching alias cairan pemutih pakaian. Sangat mudah dan semua pasti bisa mencobanya.


Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching
Membuat Jilbab Ombre dengan Bleaching


Berikut bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat jilbab ombre ini :

  1. Jilbab / pashmina (*direkomendasikan menggunakan pashmina cashmere atau jilbab lain dengan bahan yang serupa)
  2. Pemutih pakaian
  3. Baskom / gayung
  4. Air
  5. Karet / tali
  6. Sarung tangan latex / plastik

Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching


Cara makeover jilbab polos menjadi jilbab ombre ini adalah sebagai berikut:

    * Catatan :
    Sebelum memulai, sebaiknya gunakan sarung tangan plastik/latex untuk mencegah alergi terhadap cairan pemutih pakaian/bleaching.

  1. Siapkan jilbab polos yang ingin di-ombre warnanya. Pastikan jilbab dalam keadaan bersih, untuk membantu memudahkan proses bleaching. Jika tidak yakin bisa dibilas terlebih dahulu dengan air bersih lalu peras.
    Pada tutorial kali ini, saya mengunakan pashmina cashmere berwarna orange dan jilbab paris polos berwarna hijau sebagai bahan perbandingan mengingat jenis bahan dari kedua jilbab tersebut sangatlah berbeda.

  2. Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching



  3. Lipat jilbab dan ikat menjadi dua bagian (atau lebih) menggunakan karet, seperti pada gambar di bawah ini. Ikatan ini digunakan sebagai penanda bagian yang akan di-ombre, selain itu juga membantu memberikan efek perubahan gradasi warna sedikit bermotif.
    Di sini saya hanya membuat 2 perubahan gradasi warna. Pada gambar di bawah ini, bagian A akan saya biarkan tetap sebagai warna aslinya, dan bagian B adalah bagian yang nantinya akan saya ubah warnanya menjadi lebih muda (dipudarkan).

  4. Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching



  5. Masukkan pemutih pakain ke dalam baskom (bisa juga menggunakan gayung seperti yang saya pakai). Sengaja saya menggunakan gayung karena gagang gayung bisa saya manfaatkan untuk menggantung sisa kain yang tidak terendam, agar air rendaman tidak mudah merembes ke bagian kain yang tidak terendam.
    Kemudian rendam bagian jilbab B ke dalam pemutih pakaian.

    Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching

    NB :
    * Untuk pashmina chasmere, karena sifat bahannya yang lembut dan tekstur bahan mudah rapuh, maka saya hanya menggunakan 2 tutup botol pemutih pakaian ditambahkan dengan air hingga mencapai 1 gayung, lalu rendam di dalam larutan tersebut selama kurang lebih 15-30 menit.

    * Untuk jilbab paris, karena sifat kainnya yang kurang menyerap air maka saya hanya menggunakan pemutih pakaian (tanpa air), dan direndam minimal selama 8 jam.

    * Hasil perubahan warna tidak menentu pada setiap jilbab, tergantung pada lama perendaman serta jenis maupun warna bahan.

    * Jika menginginkan warna yang lebih pudar, maka dapat ditambahkan komposisi pemutih atau menambahkan waktu rendaman yang lebih lama lagi.


  6. Setelah selesai merendam, angkat dan segera bilas dengan air hingga bersih lalu diperas. Dan karena dapat dipastikan bahwa kalian akan semakin tidak sabaran untuk segera memakainya :p , maka segera cuci dan rendam sebentar di dalam pewangi pakaian sebelum dikeringkan untuk menghilangkan  bau menyengat dari pemutih pakaian. 

Dan ini dia hasilnya, jilbab ombre ala Ayumna. Yeeeiiyy, berasa punya jilbab baru kan?? :D


Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching
Hasil Pashmina Ombre


Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching
Hasil Jilbab Paris Ombre


Makeover Jilbab Polos menjadi Jilbab Ombre dengan Bleaching
Hasil Jilbab Paris Ombre Gradasi 3 Warna



21:27 12 Comments

12 comments Write Comments

beautiful :-)
jilbabnya cantik mbak..
inspiratif dan kreatif..

waaah.. manggut-manggut.
Baru tahu niih
hmmm bisa dicoba nih klo bosen sama kolwksi yang lama.
e tapi pemutih gak merusak bahannya kan?

tidak merusak mbak,
asalkan merendamnya jangan terlalu lama terutama untuk yang berbahan lembut seperti cashmere..

Hahahahahaha keren iiih kek sulapan, yg paris gk keliatan klo ini ombre DIY.

@dwi sari: hehe bisa aja , nyaingin Limbad donk :p

@Myra: iya biar gak bosan dengan jilbab polos :)

terinspirasi juga mahu mencobanya ...

saya praktek dulu dirumah dan cari bahannya dulu

yang sudah coba, di share donk :)

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)