4 Nov 2017

Tutorial Membuat Napkin atau Serbet Renda

Beberapa hari kemarin tuh ceritanya lagi suka banget buka-buka IG postingan orang yang doyan masak-masak sekalian buat nambah ilmu masak aku yang masih pas-pasan. Eeh malahan jadi gagal fokus ama perlengkapan makannya, salah satunya ya napkinnya itu.

Kayaknya sekarang lagi kekinian nih napkin atau serbet makan yang pinggirannya pakai renda. Motifnya juga lucu-lucu, ada polkadot, stripes juga bunga-bunga shabby chic. Jadi pengen punya donk, secara serbet di rumah cuman ada motif kotak-kotak gitu doank. Dan mumpung punya bahannya, cus aja deh bikin sendiri. 😁



Bahan yang dibutuhkan untuk membuat napkin lace ini adalah :
- Kain perca ( berbahan katun / linen ) berukuran 50 x 50 cm
- Renda ukuran kecil. Di sini aku memakai renda katun.
- Gunting dan perlengkapan menjahit


Cara membuat serbet renda

  • Jahit kelim di semua bagian tepi kain. Aku menggunakan kelim dengan cara melipat kain. Bisa juga dengan diobras.




  • Kemudian pasang renda pada tepi kain di bagian baik kain. Caranya, lipat ke dalam bagian ujung renda agar renda terlihat rapi, kemudian letakkan di atas tepi kain dimulai dari bagian dekat sudut kain (beri jarak ± 2cm dari sudut kain) seperti pada gambar. Sematkan jarum pentul untuk menahannya. Usahakan jahitan kelim tertutupi renda. 





  • Lanjutkan memasang renda di sepanjang tepi kain dengan menyematkan jarum pentul seperti pada gambar.




  • Jika sudah sampai pada bagian bagian ujung kain, maka tekuk/lipat kecil saja di bagian sisi dalam renda agar membentuk lipitan seperti pada gambar. Dan tindas tiap lipitan menggunakan jarum pentul. Tiga buah lipitan saja sudah cukup.  



  • Lanjutkan memasang renda di sekeliling tepi kain.




  • Jika sudah sampai pada ujung awal renda dipasang tadi, maka sisakan renda kurang lebih 3 - 4 cm lalu potong renda tersebut seperti gambar di bawah ini.



  • Mulai menjahit. Jahit tindas di bagian pinggir renda bagian dalam dimulai dari renda awal dipasang dan lanjutkan mengelilingi seluruh tepi renda seperti pada gambar. Pelan-pelan saat jahitan berada di bagian pucuk kain agar jahitan rapi. Dan pada sisa renda terakhir tadi, ditumpukkan di atas renda awal dipasang lalu tekuk ujungnya kebawah seperti pada renda bagian awal, lalu jahit tindas. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.





Dan selesai. Kini akupun juga punya napkin kekinian.🙌 Lucu juga ya napkinnya. Tinggal perlengkapan makannya aja nih yang belum kekinian, hohoho. 😃



Oh iya, napkin ini juga bisa lo kita jadikan sebagai usaha sampingan. Mumpung lagi kekinian, cus deh bikin sendiri terus kamu jual ke teman-teman kamu yang hobi masak di dapur atau suka koleksi kitchen set. 😄 Bisa juga nih dipakai sebagai props photo. Cantik kan! Selamat mencoba ya.. 😊




22:58 5 Comments

5 comments Write Comments

Lucu banget hasilnya. Kreatif :)

Bagus sekali Napkin buatan Mba Ayuma hehe... pasti selain memasak, hoby yg lain merenda juga yah mba

silahkan link ke web kami di www.garmentedutech.com lengkap tentang ilmu per-garment-an secara best practice

silahkan link ke web kami di www.garmentedutech.com lengkap tentang ilmu per-garment-an secara best practice

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)