31 Mar 2016

Refashion Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle

Bosan dengan jilbab paris lama kamu yang modelnya itu-itu aja? Selain menyiasatinya dengan beragam cara model memakai jilbab, kita makeover aja yuk bikin jadi jilbab ruffle atau biasa disebut dengan jilbab rempel. Hitung-hitung sambil mengasah keterampilan menjahit kita. ;)

Makeover Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle

Para muslimah a.k.a hijabers pasti sudah pada tahu kan dengan jilbab paris? Setidaknya pada punya lah ya koleksi jilbab paris walaupun satu atau dua biji aja, eh atau malahan punya bejibun nih seperti aku, hehe. Secara jilbab paris ini kan bisa dibilang jilbab sejuta umat yang harganya terjangkau dan sangat nyaman dipakai.

Bagi yang belum pada tahu seperti apa itu jilbab paris, sini aku kasih tempe tahu. Jilbab paris ini bukan kerudung yang diimpor dari Paris ya. Tapi konon katanya jilbab paris ini adalah jilbab yang terbuat dari bahan kain katun paris. Umumnya dijual dalam bentuk segi empat dengan jahitan menyerupai neci di pinggiran kainnya. Dan bahan dengan kualitas terbaik adalah dari kain katun paris made in Japan.

Kebetulan aku punya dua buah jilbab paris dengan warna yang sama. Nah daripada punya double, mendingan aku makeover jadi satu aja kan. Jadi satu buah jilbabnya akan aku pakai menjadi bahan ruffle (rempel) untuk dipasang di jilbab yang satunya lagi. Sebenarnya untuk membuat jilbab ruffle ini nggak harus pakai jilbab paris kok. Kalian bisa mencoba berkreasi juga menggunakan jilbab segiempat dengan bahan lainnya yang ada di rumah. ;)
Tutorial Membuat Jilbab Paris Ruffle :
1. Untuk membuat jilbab paris ruffle, diperlukan dua buah jilbab paris (lihat gambar). Jilbab A sebagai jilbab utama, sedangkan jilbab B sebagai bahan membuat ruffle (rempel/rumbai). Usahakan keduanya berwarna sama, atau bisa juga menggunakan dua buah jilbab yang warnanya berbeda namun dengan padu padan warna yang serasi.
pola Makeover Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle
Klik gambar untuk memperbesar
Potong jilbab B menjadi 2 bagian. Ambil satu potongan tadi lalu potong lagi menjadi 4 bagian (seperti pada gambar yang ditandai dengan garis putus-putus berwarna merah). Nah sisa potongan yang lainnya tadi bisa disimpan untuk dimanfaatkan menjadi bahan ruffle lagi untuk jilbab yang lainnya.

NB: Satu jilbab paris bisa dimanfaatkan sebagai bahan ruffle untuk dua buah jilbab.

2. Sambungkan (jahit) keempat buah potongan pada bahan B tadi secara memanjang. Kemudian buat kelim rol (tindas) pada salah satu tiras bahan. Jangan lupa saat membuat keliman, sisi kain bagian buruk (yang terdapat jahitan sambungan yang terlihat) menghadap ke sisi atas, jangan sampai terbalik (perhatikan pada gambar).
Makeover Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle
NB: Setelah kain dipotong (pada step-1), usahakan segera membuat keliman. Karena tiras kain pada jilbab paris mudah brudul. Jadi berdasarkan pengalaman aku waktu bikin bahan ruffle ini, aku jahit kelim setelah keesokan harinya. Dan cukup menguras keringat juga nih saat bikin keliman. Hasilnya bisa dilihat seperti gambar, cukup berantakan dan kurang rapi. Jangan ditiru ya, hehe. :D


3. Step selanjutnya adalah membuat ruffle (rempel) pada bahan B dengan membuat jahitan kerut. Lalu buat jahitan dengan tension rendah di sepanjang tiras kain yang satunya (yang tidak ada keliman). Tarik salah satu ujung benang jahitan bagian bawah hingga membentuk kerutan. 
Makeover Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle

Ratakan (rapikan) kerutan, kemudian ukur dan sesuaikan panjang ruffle sepanjang dua buah sisi pada tepian jilbab A (atau seukuran dua kali panjang jilbab). Jika panjang ruffle masih kelebihan maka tarik lagi benangnya sampai panjangnya sesuai, atau sebaliknya. Lihat pada gambar di bawah ini.

Makeover Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle


4. Jahit ruffle mengelilingi 2 sisi tepi jilbab A (seperti pada gambar di atas). Lakukan dengan cara letakkan ruffle di bagian atas jilbab A, dengan bagian buruk ruffle menghadap ke atas. Dan lebihkan bagian tepi jilbab A sekitar 1cm, seperti pada gambar di bawah ini (jangan letakkan tepi ruffle sejajar dengan tepi jilbab A).
Makeover Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle


5. Tekuk tepi jilbab A ke dalam, menutupi tiras (tepi) ruffle, kemudian jahit. Dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.
Makeover Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle
Detail jilbab ruffle bagian dalam
Cara membuat Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle
Detail jilbab ruffle bagian luar


Dan refashion jilbab parisnya sudah selesai. Nggak terlalu sulit kan cara membuat jilbab rufflenya. Jilbab paris aku yang tadinya polosan, sekarang sudah jadi jilbab ruffle. Makin cantik kan? ;)

Cara membuat Jilbab Paris Menjadi Jilbab Ruffle

Selamat berkreasi ;)


23:57 18 Comments

18 comments Write Comments

Keren mbak Aiy, sangat kreatif dan bisa jadi inspirasi. Sayang saya ngga bisa jahit :(

hayuk hayuk belajar jahit.. aku juga masih belajar koq :)

terima aksih ya ideanya . blh juga saya tambah pada jilbab saya ...

Thanks for sharing.. Ingin belajar menjahit dirumah dengan pola baju yang sudah jadi? Anda bisa mendownload contoh polanya di Fitinline..

Aq bisa jahit...jd lg bljr buat ruffle ny....😀😀

cikip banget mbak....bisa dimodifikasi ya mbak...biar ga bosen

Keren banget ini
Jilbab paris saya banyak banget di lemari, semoga ada waktu untuk bikin ini
Makasih mbak, sangat bermanfaat

Terimakasih jg sudah mampir di sini ya 🤗😘 happy sewing 😊

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Thank ya bosku sudah diberikan info yang menarik ini dan kunjungi juga website kamiya bos ku^^

obat diabetes
obat diabetes de nature
obat diabetes herbal
obat diabetes alami

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)