27 Feb 2016

Si Garlik, Cara Asyik Makan Singkong

Pengen ngemil asyik di sore yang mendung ditemani rintik hujan yang syahdu. Tapi stok di rumah cuman ada singkong. Hmm diapain ya enaknya? Bosan dengan kudapan singkong yang itu-itu aja. Akhirnya bikin "si garlik" yang krenyes-krenyes dan yummy aja deh.


Apa itu si garlik? Sebenarnya istilah ini adalah sebutan dari mama aku yang notabene adalah orang Jawa. Dalam bahasa Indonesia "sigar" berarti potong/belah, sedangkan "cilik" berarti kecil. Jadi si garlik a.k.a "singkong sigar cilik" berarti singkong yang dibelah kecil-kecil dan dimasak sedemikian rupa sehingga menjadi kudapan yang lezat.

Kudapan ini biasa kami buat jika sedang membuat banyak singkong kukus di rumah. Karena kebetulan papa aku sukanya singkong kukus, tapi kalau anak muda seperti saya *cieehh sok muda*, kadang bosan juga lah ya kalau cuman makan singkong kukus atau rebus saja. Pengennya yang rada kekinian gitu donk. *Preeettt :p

Nah kalau dilihat dari fotonya, mirip-mirip dengan french fries yah. Yah jadi gambarannya memang si garlik ini adalah singkong yang nantinya diolah dan digoreng menyerupai french fries, dan cara makannya pun juga lebih enak dicocol dengan saus tomat apalagi saus sambal. Baiklah kalau begitu kita mulai saja memasaknya.

Bahan yang diperlukan adalah:
- Singkong (kupas dan bersihkan)
- Bumbu bubuk perasa (balado/keju/barbeque/jagung bakar/sesuai selera)
- Mayonaise
- Saus tomat / saus sambal


Cara membuatnya:
  1. Kukus singkong hingga matang, kurang lebih selama 30 menit.

  2. Potong-potong kukus singkong secara memanjang (straight cut), menyerupai kentang french fries.



  3. Goreng di atas api sedang hingga terlihat garing dan berwarna keemasan dan tiriskan.


  4. Taruh singkong goreng dalam toples dan masukkan bumbu bubuk perasa secukupnya, kemudian tutup toples rapat-rapat. Lalu shake(kocok) toples hingga singkong terbalur rata oleh bumbu.

  5. Pindahkan ke wadah saji, dan sajikan dengan saus tomat/saus sambal dan mayonaise selagi hangat.




Yumm, rasanya tidak kalah dengan french fries yang di jual di mall-mall loh. Apalagi dimakan di kala hujan, dan dimakan berdua dengan sang kekasih. Aiih, bahagia itu sederhana kan. Yukk ah, mari makan.. ;)


15:52 15 Comments

15 comments Write Comments

Oh berarti itu bahannya dari singkong beneran ya? Bukan singkong~singkongan?
Kayaknya enak tuh
Coba dah kirim ke rumah saya
Saya perlu bukti

kalau saya sukanya dibikin keripik pedas mbak :)

singkong-singkongan emang ada ya? apanya cabe-cabean?
Bener, kalo mau kirim harus bayar + ongkir.

enak tuh, tapi bikinnya pasti ribet ya :D

Saya kira ini olahan singkong bumbu bawang (garlic=bawang putih), o jebulane

Singkong atau kentang keduanya sama2 enak, apalagi disajikan ala si garlik.. Hmmmm liat photonya jadi mupeng... :D

Kirain dari bawang tadi mbak hehehe

bacanya bukan seperti "garlic" sih,, tapi lebih kepada logat jawa..
seperti kalo lagi bilang "apik"..

Baca dari judulnya saya jadi tertarik, setelah selesai baca artikelnya ternyata makanan ini sudah sering saya makan dan saya bikin, persis banget..hanya dari namanya saja yang berbeda..mantap pokoke... :)

hmmm enaknya.... pengennya makan... tp nda mau buatnya ,,, hhe

hehe kalo itu semua juga mau :D

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)