20 Feb 2016

Sepatu Baru untuk Mesin Jahitku

Siapa bilang cuma cewek doank yang doyan sepatu? Nih buktinya, mesin jahit juga kudu pakai sepatu. Bahkan kali ini mesin jahit saya juga minta sepatu baru dengan model yang berbeda dari yang lama, dan gak tanggung-tanggung jumlahnya ada 32 set sekaligus. Hehe, jangan dipercaya sih. Gak mungkin juga mesin jahit bisa ngomong. Sebenarnya sih saya-nya aja yang mupeng ama si sewing machine presser foot 32 set ini. :D

Ceritanya bermula pada awal bulan Februari kemarin tepatnya pada tanggal 1 Februari, awalnya iseng-iseng aja sih buka web-nya Lazada. Dan ternyata selama bulan Februari ini lagi ada promo diskon khusus valentine. Iseng lagi deh cari presser foot alias sepatu mesin jahit yang sebenarnya sudah lama jadi incaran saya. Dan bertemulah saya dengan si presser foot 32 set ini.

Sepatu mesin jahit adalah bagian dari mesin jahit yang fungsi pada umumnya yaitu untuk menahan kain yang dijahit di atas permukaan mesin jahit, dan juga terdapat lubang sebagai tempat keluar masuknya jarum jahit saat proses menjahit dilakukan. Sebenarnya sepatu mesin jahit mempunyai jenis yang beragam dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda dari sepatu mesin jahit standar yang biasa dipakai untuk menjahit pada umumnya.

Berbeda jenis mesin jahit juga berbeda pula jenis sepatu mesin jahitnya. Beda jenis mesin jahit di sini adalah dalam artian antara mesin jahit manual (mesin jahit hitam) dengan mesin jahit listrik multifungsi (portable). Karena mesin jahit milik saya adalah mesin jahit portable, maka saya membeli sepatu mesin jahit khusus untuk mesin jahit portable.

sepatu mesin jahit
32pcs Sewing Machine Presser Foot
Kebetulan waktu itu adalah hari Senin, dan baru ingat juga kalau di Lazada kan setiap hari Senin ada promo diskon tambahan sebesar 10% khusus untuk pembelian menggunakan kartu kredit. Ahhaaa, diskon lagi. Langsung makin semangat deh buat ngembat sepatu mesin jahit ini. Awalnya gelora asmara berbelanja saya semakin menggebu-gebu begitu tahu ada diskon tambahan lagi sebesar 15% jika transaksi dilakukan melalui aplikasi Lazada pada smartphone. Seru nih pikir saya. Udah barangnya diskon, dapat tambahan diskon lagi sebesar 10% dari kartu kredit, dan ditambah lagi 15%. Dan ternyata saya salah pemirsa, diskon tambahannya sih hanya berlaku untuk salah satu pilihan saja alias gak bisa double-double. Hahaha, maklum namanya juga wanita, matanya bisa ijo kalau banyak diskonan. :p

Jadi akhirnya saya pilih untuk memasukkan kode diskon yang paling besar yaitu diskon 15% dengan syarat bertransaksi melalui aplikasi di smartphone. Dan makin senang lagi karena ternyata bebas biaya ongkos kirim, karena kebetulan barang ini dijual oleh seller asing dari negeri China. Karena memang sepatu mesin jahit yang saya beli ini adalah sepatu mesin jahit buatan China, bukan keluaran resmi dari produsen mesin jahit tertentu. Tapi karena tempat untuk dudukan sepatu mesin jahit bersifat universal maka umumnya bisa dipakai di mesin jahit multifungsi/portable merk apa saja.

Karena dikirim dari luar negeri, maka estimasi pengirimannya pun tergolong cukup lama yaitu sekitar kurang lebih hampir 2 bulan. Jadi saya melakukan transaksi order pada tanggal 1 Februari dan perkiraan barang sampai yaitu sekitar tanggal 20-26 Maret. Ah sudahlah gak apa-apa, batin saya, namanya juga free ongkir (ongkos kirim) kan. Asal barangnya datang dan sampai dengan selamat aja.

Dan ternyata, pada tanggal 18 Februari saya mendapatkan kiriman email dari Lazada yang menginformasikan nomor resi barang orderan saya. Setelah saya cek status pengiriman barangnya, ternyata barang pesanan saya sudah ada di bandara Jakarta. Dan tanggal 20 Februari barang pesanan sudah sampai di rumah saya. Benar-benar sampai di tangan jauh lebih cepat dari estimasi. Aihhh senangnya. :D

sepatu mesin jahit
Penampakannya setelah saya buka packing luarnya
Dan syukurlah barang pesanan saya sampai dengan selamat. Terlihat dari foto di atas, barang dibungkus oleh bubble wrap. Jika diperhatikan dengan seksama, bahannya memang agak berbeda dengan keluaran produsen mesin jahit ternama. Terutama untuk bagian komponen sepatu mesin jahit yang berbahan plastik, bahannya memang agak sedikit ringkih. Tapi cukup worth it lah ya untuk sekelas produk buatan China.

Penampakan bagian belakang,
terdapat informasi masing-masing jenis sepatu mesin jahit dalam tulisan China
Untuk fungsinya, jujur saya masih belum cukup menguasai semua jenis sepatu mesin jahit ini. Jadi saya memang belum mencobanya satu-persatu nih, hanya saya coba beberapa saja. Dan sejauh ini masih berfungsi secara normal dan nyaman untuk digunakan.

Namun dari keterangan yang tertera di deskripsi barang pada website penjualan, sepatu mesin jahit ini terdiri dari :
  1. Fringe Foot
  2. Cording Foot
  3. Braiding Foot
  4. Pearl Piping Cording Foot
  5. 9 Grooves Pintuck Foot
  6. 7 Grove Pintuck Foot
  7. Concealed ZIP Foot
  8. 5 Hole Cording Foot
  9. 6mm Round Rolled Hem Foot
  10. Teflon Snap on foot
  11. Open Toe Embroidery Foo
  12. Open Toe Foo
  13. Cording Foot
  14. Snap on 1/4" Metal Patchwork Quilting Foot
  15. Straight Stitch Foot
  16. 1/4 Piecing Foot Guide
  17. Edge Stitch Foo
  18. Satin Stitch Foot
  19. 7 Hole Cording Foot
  20. Patchwork Edge Joining Stitch Foot
  21. Guide Stitch Foot
  22. Blind Hem Foo
  23. Gathering / Welting Foot 
  24. 3mm Rolled Hem Foot
  25. 6mm Rolled Hem Foot
  26. 3mm Round Rolled Hem Foot
  27. Roller Foot
  28. Embroidery Darning Foot
  29. Adjustable Bias Binder Foot
  30. Quilting Darning Embroidery Foot
  31. Adjustable Zip Foot
  32. Knit Foot
Dan entahlah apa itu arti dan fungsinya, karena saya hanya bisa menerjemahkannya saja ke dalam bahasa Indonesia. Hahaha. Apalagi pada kemasan luarnya malah hanya ada gambar dan keterangan dalam bahasa China, dan tidak dilampirkan buku panduan pemakaian.

Baiklah, sekian dulu cerita saya. Sekarang saya mau belajar dulu utak-atik sepatu mesin jahit ini. Nanti di lain waktu akan saya coba ulas satu-persatu fungsi dan cara pakai masing-masng jenis sepatu mesin jahit ini.

Happy sewing.. ;)


16:24 4 Comments

4 comments Write Comments

Aaaaw lengkap bangett ituu. Mupeng

mbak mo nanya donk, saya lagi nyari sepatu mesin jahit juga, dan lagi liat d lazada juga, harganya g nyampe 200rb gitu..padahal lengkaaap banget dibanding yang utk merk singer saja. (kebetulan mesin saya merk singer). dan saya baca reviewnya kalo ini bisa juga utk singer. pertanyaan saya apakah kondisinya sekarang setelah mbak pakai masih bagus?kan udah 11 bulan kira2 pemakaian nii.. tolong infonya ya mbak, mksiii sebelumnyaa, reviewnya sangat membantu :)

mau tanya mba, kan saya punya mesin jahit jaduuuul banget merek riccar yang ga punya fasilitas apa-apa selain hanya menjahit biasa aja tapi yang saya tanyakan : apakah bisa mesin tsb dipakein sepatu mesin yang aneka macam dan fungsinya itu, mohon pencerahannya mba.....

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)