9 Jan 2016

Membuat Kimono Sleeve Top Batik Simple

Dalam menjahit pakaian, menurut saya yang paling susah adalah menentukan pola yang pas sesuai dengan ukuran badan kita. Jika sampai salah mengukur pola, alih-alih pakaian yang kita jahit malah bisa jadi kekecilan bahkan tidak nyaman dipakai.

Untuk yang masih pemula, kita bisa mencoba membuat pakaian yang paling mudah terlebih dahulu. Salah satunya adalah membuat loose top alias baju yang memiliki model gombrong. Dengan kata lain model baju gombrong ini memang sengaja dibuat terlihat kebesaran saat dipakai, namun tetap bikin kamu tetap gaya saat memakainya. Karena jenis pakaian ini tidak begitu membutuhkan pola yang terlalu rumit, sehingga membuatnya pun mudah dan cocok bagi saya yang kemampuan menjahitnya masih pas-pasan. Apalagi loose top ini masih menjadi salah satu item fashion andalan yang digemari para wanita loh.

Karena sekarang sedang trend outer kimono cardigan, maka saya terinspirasi untuk membuat loose top yang serupa. Jadi saya akan mencoba mengkombinasikan loose top yang memiliki lengan model kimono. Kali ini saya akan membuat kimono sleeve top menggunakan kain batik Madura milik saya yang sudah lama teronggok di lemari, hasil berburu saat jalan-jalan ke pulau Madura kira-kira 6 tahun yang lalu. Hihi, cukup lama juga ya. *Untung aja gak sampai jamuran nih kain :p

Membuat Kimono Sleeve Top Batik Simple


Pola untuk membuat kimono sleeve top ini sangat simple sekali dan tidak perlu terlalu mengukur pola yang mengikuti lekuk tubuh. Kain batik yang saya kenakan adalah kain dengan lebar 1,15 meter. Lebar kain ini nantinya digunakan sebagai lebar baju. Dan panjang baju yang akan saya buat adalah sekitar 60 cm, tidak terlalu panjang karena saya ingin membuatnya seperti model crop top. Sehingga saya membutuhkan kain sepanjang 125 cm untuk membuat loose top ini. Namun jika kalian ingin membuat baju yang lebih panjang, tinggal tambahkan saja panjang kainnya. Jadi rumusnya adalah panjang kain = (2 x panjang baju) + (2 x lebar kampuh). Polanya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Membuat Kimono Sleeve Top Batik Simple
Pola Kimono Sleeve Top

Lipat panjang kain menjadi dua, dan potong seperti pola di atas (yang ditandai dengan garis merah) untuk mendapatkan dua buah pola yang masing-masing digunakan untuk bagian badan depan dan belakang. Tentukan lebar lengan di atas 30cm atau sesuai keinginan agar terkesan lebar dan mendapatkan kesan bentuk lengan kimono.

Membuat Kimono Sleeve Top Batik Simple
Pola Kimono Sleeve Top

Kemudian tekuk masing-masing pola menjadi dua seperti gambar di atas. Dan potong masing-masing pola mengikuti garis lengkung merah seperti pada gambar untuk membentuk kerung leher. Lakukan pada kedua pola yaitu pada bagian badan depan dan belakang.

Membuat Kimono Sleeve Top Batik Simple
Pola Kimono Sleeve Top

Hasilnya terlihat seperti pada pola di atas. Lalu sambungkan kedua bagian badan tersebut dengan dijahit berdasarkan garis putus-putus berwarna biru. Dan selesaikan dengan menjahit lapisan leher serta tepi kelim pada ujung lengan dan bagian bawah baju.

Membuat Kimono Sleeve Top Batik Simple

Dan kimono sleeve top batik saya sudah jadi. Lumayan punya baju baru hasil menjahit sendiri. Baru aja si baju ini selesai di jahit, eh diajakin keluarga pergi bareng makan soto Madura. Cucok deh, hihi. Mana baju buatanmu? ;)


15:35 3 Comments

3 comments Write Comments

baju buatanku masih disana mbak dan belum diambil-ambil :)

buruan kesana donk , diambil

Thanks for sharing.. Ingin belajar menjahit dirumah dengan pola baju yang sudah jadi? Anda bisa mendownload contoh polanya di Fitinline..

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)