23 Dec 2015

Kenalin Ini Ruang Jahitku

Kegiatan menjahit yang dulu identik dengan kaum ibu-ibu, kini bukan lagi merupakan hal yang tabu bagi wanita modern. Bahkan kegiatan ini sudah merupakan bagian dari hobi yang banyak digemari oleh banyak kalangan bahkan para remaja.

Yang hobi menjahit, pasti memiliki beragam koleksi bahan dan perlengkapan pendukung jahit-menjahit selain mesin jahit. Dan kesemuanya itu biasanya diletakkan dan ditata di dalam satu ruangan khusus. Begitu pula dengan saya, tentu akan merasa nyaman jika saat ingin menyalurkan hobi menjahit dilakukan di dalam suatu ruangan khusus yang juga berisi segala perlengkapan yang mendukung hobi menjahit saya. Seperti ruang jahit saya ini contohnya.


Ruangan yang sederhana dan hanya memanfaatkan sebagian ruangan yang tidak terlalu besar. Saya meletakkan perlengkapan menjahit saya di dinding, tepat di atas mesin jahit kesayangan saya si Janome NS7322, agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Selain itu juga bermanfaat sebagai ornamen dinding agar terlihat lebih menarik.

Karena pelit atas dasar ingin mengasah kreatifitas dalam berkarya, maka saya memutuskan untuk membuat dan mendesain sendiri sewing tool organizer (tempat perlengkapan menjahit) dengan bahan seadanya dan dibantu oleh si abang husby tercinta. Lumayan ngirit lah ya, hehe.

Untuk mendesain ruang jahit sendiri tidak harus mahal loh, apalagi harus membeli rak ataupun organizer khusus. Saya memanfaatkan ram aksesoris beserta gantungannya (hook) sebagai perlengkapan utama untuk sewing tool organizer. Tempat benang jahitnya pun juga saya buat sendiri dengan memanfaatkan papan bekas. Bahkan saya juga memanfaatkan wadah bumbu dapur yang tidak terpakai untuk saya jadikan tempat jarum dan perlengkapan jahit lainnya yang berukuran kecil. Kapan-kapan akan saya bahas cara membuatnya.

Tapi jangan ditanya ruangan yang tampak rapi ini akan bertahan berapa lama. Seperti kebanyakan para pemilik hobi yang sama, setiap setelah melakukan kegiatan jahit-menjahit tentu ruang akan menjadi berantakan seperti kapal pecah, hehe. Hayo ngaku? :p

Hmm sudah kenalan kan ama ruang jahit saya. Semoga menjadi inspirasi. Kalau ruang jahitmu bagaimana..? ;)

20:01 14 Comments

14 comments Write Comments

wah, ide bagus tuh pake ram aksesoris. Belinya berapaan mbak?

co cwiitttt..mengundang banget

gw gak ada mesin jahit, tapi kalo mau dibandingin meja tempat gw ngeLaptopAn.. berantakan bercampur dama pernak pernik anak... dot.. mainan bayi.. tisu basah.. dan popok

Hebat,,,peralatan jahitnya lengkap banget...
Hampir semua warna benang ada...

Ruang jahitku asli mbak udah ngga karuan, jarang rapi-rapinya. saya suka ide tempat benangnya itu. cara buatnya dong mbak ayumna

Rapih banget Mba Aiy...
Semoga semangat terus :D

Hmmmmmm..... Rapi juga idenya...

sungguh rapi banget bu ruangan jahitnya, bisa menjadi usaha yang sukses ya bu :)

Rapi banget ruangannya mbak. Kreatif juga, papan bekas dan wadah bumbu dapur di ubah jadi tempat benang gitu :D

Sepertinya menyenangkan mempunyai mesin jahit sendiri :)

agree with you and also agreed and consensus. thanks to its blogwalking. This is very useful article.
http://ngobrol.in/music | http://www.cetak-cd.com | http://www.chat-id.com/new | http://soundbit.me | http://yelpindonesia.com | https://tanyadanjawab.com | http://ngobrol.in

lupa, karena udah lama banget. pokoqnya total gak sampai 100rb

ah ini sih rapi kalau lagi gak dipake aja, hahaha..
okey, kapan-kapan saya bahas yah cara buat tempat benangnya..

makasih komentarnya teman2 semua :) Maaf gak bisa balas satu2..
semoga menginspirasi ya :)

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)