8 Dec 2015

Jamur Kancing Crispy Pedas

Biar masih ada kesan craftingnya, kali ini saya akan berbagi resep masakan yang sedikit berbau kancing. Nah lo?? Tenang-tenang, ini tetap bisa dimakan koq. :D

Kancing yang satu ini bukan kancing biasa. Yup, ini dia jamur kancing crispy pedas ala-ala saya, hihi. Bahasa kerennya spicy crispy champignon kali yah. Bisa dijadikan camilan saat santai sore hari, dan tentunya sehat dan bergizi. Dijamin rasanya tetap enak walaupun tanpa menggunakan penyedap rasa, lebih menyehatkan tentunya.


Yuk ikut aku memasak di dapur. Ini dia bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamur kancing crispy pedas.
Bahan utama :
  - jamur kancing / champignon (1 bungkus)
  - air es
  - minyak goreng

Bumbu crispy :
  - tepung beras (5 sdm)
  - tepung tapioka (2 sdm)
  - merica (secukupnya)
  - garam (secukupnya)
  - bubuk bawang putih (secukupnya)
  - cabe rawit iris tipis (5 buah)

Pelengkap :
  - saus tomat / saus sambal
  - mayonnaise
  - bubuk cabe


Cara membuat :
  1. Campur semua bumbu menjadi satu dalam wadah, aduk rata.
  2. Sementara itu cuci bersih jamur, dan iris tipis. Rendam beberapa detik saja ke dalam air es, tiriskan.
  3. Selagi jamur dalam keadaan agak basah, langsung masukkan dalam wadah berisi tepung yang telah berbumbu. Aduk/balur rata dengan tepung.
  4. Panaskan minyak, goreng jamur hingga berwarna keemasan, tiriskan.
  5. Sajikan selagi hangat dengan saus sambal / mayonnaise, bisa juga tambahkan taburan bubuk cabe sesuai selera.
Hmm nyam nyamm. Selamat mencoba.. ^^
10:07 67 Comments

67 comments Write Comments

Itu pake air es supaya lebih crispy yah mba?
Saya coba bikin akh dirumah buat cemilan enak juga ini :D

jamur kancing itu yang bulet gede ya?

Betul..

Wah mas chi pinter masak ternyata..

Betul2.. yg ginuk2 dan bawahnya ada tangkainya dikit..

jamur mau diapain aja udah sedep..apalagi mendung-mendung gini...

jamur mau diapain aja udah sedep..apalagi mendung-mendung gini...

Aih enaknya mendung, di sini panas cetar membahana

hmm enak banegt nih, aku pernah ikin tapi gak bisa krispi gitu

wah hebat bener nih mbak, bisa masak juga ternyata...

* saya kira tadi jamur kancingnya dijahitkan ke tepung maizena dan tepung beras... :)

Eh ya ampunnnn....
Saya salah tulis resep...
Tepung tapioka yg bener hiks.. bukan maizena..
Smoga blm ada yg nyobain..

Udah di update...
:(
Duhh perasaan nulis tapioka knp bisa jadi maizena ya..?
Hiks hiks

jam 12 tempatku hujan mbak tapi udah reda jam 1/2 3.
sekarang sudah gerimis lagi.

cucok buat ngopi :)

pantesan waktu dicoba kogk ga bisa sempurna hasilnya.
ganti rugi atuh nenk ke saya :p

Yum... yum, pasti nikmat deh. Apalagi dimakan sore-sore. Aku suka banget jamur, katanya sih rasanya kaya daging. Tapi aku gak tau deh daging rasanya gimana, hahaha :D

kalau mau coba, jangan lupa bayar dulu diawal :)

kalau pesan bisa gak mbak,ntar dikirim ke rumah :D

wih, enak ya mb aiy ? bagi dunks

hahaha, saya yang terima setoran :)

hehehe, saya juga ga sanggup mikir mb indy

Wah... Mba.. saya maunya tinggal makan ajah deh... hehe :D
Salam kenal... :)

Oh pake tepung beras toh kirain tepung biasa, kapan2 nyoba ah, dulu sy pernah nyoba pakai jamur tiram

aku belum pernah mengolah jamur, apalagi yang ada kancingnya,heheee. Crispy itu gurih dan enak buat camilan ya

ini jamur krispi yg banyaj beredar di kafe2 kekinian itu kan

Waaah saya suka jamur Mbak,,, kalau jamur crispy pasti kriuk-kriuk tuh kalo dimakan, waaah apalagi pedas.... Mauuuu Buangeeetttt... hehehehehehehe :)

hehe @nandira iya ntar dibyar kok kalau dh di tempat ya :D

@MM wah bagian kasir nih,haha

Jamur di buat krispi... kalau saya merasakan seperti makan usus... sama sama kenyalnya,. kenapa harus di rendam air es... apa kalau pakai air biasa ngga bisa krispi ya

Pasti enak nih..hantar ke sini ya :)

Pasti enak nih..hantar ke sini ya :)

pgn cobaaaa ^o^... resepnya juga mudah... jamur itu memang makanan yg diapain aja enak kok ;)

Tujuan jamurnya direndam dalam air es untuk mbak ya?

Pernah baca-baca aja gitu mba, kata'a adonan pake air es bisa bikin crispy, tapi belum pernah saya buktikan Huahaha :D

MM : ntar dibagi kalau udah ngumpul setorannya mas :)

Mau dong jamur kancing crispynya, Aiy...hehhehe

Aduuh pas buka pas jam makan siang...hmm jadi makin laper. Biasanya bukan jamur ini yang dibuat crispy nih...wah jamur kancing juga bisa yaa...
assik dicoba ah nanti
btw tempalenya baru yaa...stakeep

gak begitu doyan ma jamur2an, tapi klo di capcay dimakan ajaa, hap hap hap :D

teteeup yaah pecinta crafting, masakannya pun berbau kancing :D

wah aku doyan banget jamur yg dimasak apapun mbak :D

Kayaknya layak di-icip-icip ni kuliner

saya belum pernah pakai jamur kancing. Biasanya jamur tiram atau enoki. Kapan-kapan cobain jamur kancing, ah

enak banget rasanya, tapi mungkin ding soalnya belum pernah coba :)

mak fotonya baguuus ih, caranya juga (keliatannya) gampang ya tapi kenapa kalo aku bikin warnanya gelap terus dan berminyak yah -_-

iya iya....jangan khawatir....nanti saya stori berapa neng nandira mau...

masak cowok mau belajar masak ?

ini cocok dengan menu saya nih neng , ntar saya kasih tahu sama mamanya...biar dibikin Jamur Kancing Crispy Pedas resep dari mbak ayumna,,,,

sebagian perempuan terlahir dengan keterampilannya memasak,
dan sebagian lain terlahir dengan keterampilannya memakan hasil masakan...
Kirim2 boleh dong :D heheheheh

Dari namanya aja udah bikin ngiler,,,
Apa lagi udah nyobain makan,,,bisa ketagian...

Nanti bilang ke istri ah, suruh buat kancingan jamur ini, lezaaat

salah jam banget BW ke sini jam segini, aseli bikin lapeer :"(
Mana aku teh suka banget makan jamur ditepungin gitu, tapi belum nyoba kalo yg jamur kancing mah, kayanya teh enaak.. bisa dicoba nih nanti resepnya..

Kalau pakai tepung beras apa nanti hasilnya tidak keras ?, apalagi saat jamur sudah dingin, bagian dalam akan terlihat lemas..

Spt bgimana? biar dingin... heheheh :)

ini mas kerjaan perempuan yg suka bikin Jamur Kancing Crispy Pedas .kalau cewek yg bikin pasti enak tuh

Kalau dimakan pas ujan ujan enak ya buat camilan :D

Kalau lihat menu begini nih pertu saya ga bisa diajak diem apalagi kompromi. Kalau di depan mata ga perlu pakai nawar.

mayonaisenya yang bikin semakin enak, hmm lezatos

Wah rasanya belum terbayangkan tapi klo lihat jadi pingin..laperr.
Salam kenal yaa mbak

boleh-boleh kalo kamu mau coba :)

bikinnya pakai resep yang ini kah? atau mungkin apinya kegedean jadinya terlalu kecoklatan..

Gak keras koq, karena dicampur tapioka. Kalau sudah dingin belum pernah tau, soalnya begitu matang mash anget2 gitu langsung abis :D
mungkin ada masukan pakai tepung lainnya?

bisa aja sih, tapi pengalaman saya sih emang lebih kriuk2 kalo pake air es

makasih komentarnya semua, maaf gak bisa balas satu2 :D
semoga bisa jadi referensi buat yang lagi pengen ngemil2 enak di rumah :D

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)