30 Nov 2015

Nasi Goreng Ndeso Cabe Hijau

Nasi goreng merupakan salah satu menu makanan favorit masyarakat Indonesia. Masakan ini bisa dijumpai hampir di setiap pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima.

Nasi goreng memiliki banyak varian dan cita rasa, mulai dari nasi goreng jawa, nasi goreng  seafood ,nasi goreng babat, hingga nasi goreng pete. Kali ini saya akan membuat varian nasi goreng yang lebih sederhana. Ya, nasi goreng ndeso cabe hijau namanya.

Sesuai dengan namanya, menu nasi goreng ini adalah resep turun temurun dari keluarga saya yang berada di desa. Nasi goreng ndeso cabe hijau ini adalah masakan rumahan yang menggunakan bumbu yang sangat sederhana dan sedikit berbeda dengan varian yang lainnya dimana biasanya menggunakan tambahan cita rasa saus atau bumbu seasoning lainnya.



Jika diperhatikan, sekilas warna nasi goreng ini seperti nasi goreng hongkong. Berwarna pucat, karena tidak menambahkan saus atau kecap ke dalamnya. Yang khas dari masakan ini adalah rasanya yang dominan dengan bawang merah. Kalau begitu yuk kita simak saja cara membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah :
Bahan utama : nasi putih

Bumbu (ulek kasar) :
- 6 siung bawang merah
- 1,5 siung bawang putih
- 4 buah cabe hijau
- 2 buah cabe rawit

Bumbu dan bahan pelengkap :
- minyak goreng
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- gula secukupnya
- potongan daun bawang
- bawang goreng

Cara membuatnya:
1. Panaskan minyak goreng secukupnya lalu tumis  bumbu yang telah dihaluskan / ulek kasar.
2. Masukkan nasi dan aduk rata. Goreng dengan tingkat kepanasan yang tinggi.
3. Tambahkan garam dan merica secukupnya, lalu tambahkan sedikit gula untuk menambahkan cita rasa gurih. Aduk hingga rata dan matang.
4. Nasi goreng siap disajikan, dan tambahkan sedikit taburan daun bawang serta bawang goreng diatasnya.


Selamat mencoba ya. Selagi hangat, nasi goreng ndeso cabe hijau ini lebih nikmat disantap bersama telur mata sapi. :)

20:34 42 Comments

42 comments Write Comments

Tak mikir dulu mbak sambil Nunggu pak RT dateng mbak ....

Mbak ayu lagi nyuci piring ya...

Ngapain koq dipikir?
Saya lagi ngupas bawang nih

gak bakalen datang mas,.,?
dia gi makan nasik goreng buatan sendiri,.?

yah makanan faforit saya nie,,.,?
nasi goreng.,?

Saya suka nasi goreng sebab boleh diolah mengikut suka.
Presentation nasi gorengnya cantik ya :)

menu nya tambah cabe ijo mantap nie.,.?
coba ah besok,.,?

ini nih yang harus dicobain, saya memang suka sama nasi goreng

Nih saya datang tak dijemput pulang minta diantar

Betul sekali, bisa ditambahkan aneka bahan sesuka hati..
Terimakasih :)

Kalau yang nganter mbak Ayu mau ah..

nasi goreng terbaikk.. suka sangat.:)

Sepertinya enak. Fotonya bagus banget. Ih, jadi mupeng. Nasi goreng asyik dinikmati musim hujan juga, pas lagi hangat.

Wah pagi pagi lihat ky gini baru inget kalau ternyata ane belum sarapan :D

Cabe ijo, mantep banget tuh sama nasi goring
masakan saya satu mbak

SEDAPNYA NASI GORENG BILA2 SAJA BOLEH DIMSK N MKN...

Jadi lapeeer...
Cabe ijo bikin rasanya khass ^^

Kalau bisa masak nasi goreng ini terdaftar juga tidak ya di keluarga mba ayu, :D
ya nasi gorengnya terlihat pucat juga mba kirain sedang sakit :D
wajib dicoba nih, makasih ilmunya mba.

saya fans nasi goreng. Asyikkk boleh dicoba nih resep

Kalau yang nganter mbak Ayu mau ah..

duhh..pas jam makan sinag pulak baca ini. makin lapaar

Wah makanan wajib tiap pagi nih, soalnya paling gampang bikinnya. Heheh :D
Ntar mau coba resepnya ah. Ekekek ^

Selalu bikin nasgor tiap hari dengan resep ini, tapi gak pake cabe. :D

tambah kecap lebih banyak ga masalah ya .. kayanya lebih enak tuh :D

Kalo aku bikin nasi goreng ga pake merica, mbak. Aku pake cabe digiling alus bareng bebawangan trus kasi terasi

masakan yang paling gampang setelah mie instan ya nasi goreng, hehe

Saya suka banget nih sama yang namanya nasi goreng, dan cara masaknya pun asal jadi aja dan bumbunya juga seadanya. maklum anak kos kosan yang gengsi kalau mau belanja ke pasar. hehehehe

Haduh liat foto gambar nasi goreng nya sama baca artikelnya jadi kepengen beneran makan nasi goreng, tapi bumbunya yang kurang lengkap.

Sedapnyaaaaa.... Sy jg suka nasi goreng yg polos tanpa saos. Tapi kalau bikin suka tambahin saos dikit :-)

pasti terdaftar donk, karena resepnya mudah banget jadi siapa saja pasti bisa bikin :D

Halo, maaf gak bisa balas satu2 :)
bagi pecinta nasi goreng, apapun bumbunya pasti tetap menggiurkan ya.. :)

Waaah sepertinya enak niih Mbak...yummi...

Waaah sepertinya enak niih Mbak...yummi...

enyaaak..aku suka bikin sai gorng kayak gini niih gak usah pake telor syedaap

Nggak pake kecap ya, makanya kayak nasgor ikan teri ala chinese food

mantap nich...kebetulan saya suka sama menu yang satu ini...ijin Bookmark resepnya mbak , nanti pagi mau di praktekin buat sarapan...hehe

aku suka makan dan masak nasi goreng, bumbunya sederhana terus bisa dipakein apa ajaa, mesti enyaak :D :D

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)