13 Nov 2015

Menghias Mukena dengan Sulam Pita

Menghias Mukena dengan Sulam Pita


Bosan dengan mukena polos kamu? Yuk ikutan aku aja, di sini kita sama-sama belajar untuk menghias mukena polos dengan metode sulam pita. Selain bikin mukena menjadi semakin cantik dan terlihat seperti baru, juga sebagai mood booster bagi kita agar ibadah kita menjadi semakin rajin dan semangat. ;)

Menghias Mukena dengan Sulam Pita
Mukena polos yang akan dihias dengan sulam pita

Sebenarnya saya juga kurang menguasai sulam pita, karena sebenarnya ada beberapa macam teknik dasar dalam membuat sulam pita. Jadi untuk makeover mukena ini saya menggunakan teknik sulam pita yang sangat simple dan mudah dikuasai terutama bagi pemula seperti saya yaitu dengan menggunakan teknik straight stitch. Teknik ini sangat mudah sekali, bahkan caranya nyaris sama seperti menjahit.

Sebelum mulai, mari kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti :
  1. Mukena polos
  2. Pembidang / hoop sulam
  3. Jarum sulam
  4. 2 atau 3 buah pita satin (bisa menggunakan ukuran 1/8 inchi atau 1/2 inchi)
  5. Gunting
  6. Pensil & penghapus



Langkah Pertama
Yang harus dilakukan untuk menghias mukena dengan sulam pita adalah dengan menandai terlebih dahulu pada bagian mukena mana sajakah yang akan diberi sulam pita. Gambar pola motif yang diinginkan pada beberapa permukaan mukena dengan menggunakan pensil (gambar dengan tipis saja, dan gunakan penghapus pensil jika ada yang salah dalam penggambaran motif). Hal ini dilakukan agar setiap motif sulam pita yang dijahit pada beberapa permukaan mukena hasilnya sama dan rapi.

Menghias Mukena dengan Sulam Pita
Kemudian pasang pembidang atau hoop sulam pada salah satu motif seperti gambar di atas. Pembidang berfungsi untuk membuat kain menjadi kencang sehingga memudahkan proses penyulaman.


Langkah Kedua
Mulai melakukan proses penyulaman, caranya sama seperti teknik menjahit lurus. Sebelum itu potong pita dengan panjang tidak lebih dari 1 meter, karena pita yang terlalu panjang akan menyulitkan kita dalam melakukan proses penyulaman. Lalu simpul mati pada salah satu ujung pita, dan masukkan ujung pita yang lainnya ke dalam jarum sulam. Untuk memudahkan memasukkan pita ke dalam lubang jarum, gunting ujung pita secara menyerong. Di sini saya menggunakan tiga buah pita satin yang berbeda warna, yaitu warna hijau sebagai dahan tanaman, dan pita berwarna pink fanta dan ungu muda sebagai bunga.
Menghias Mukena dengan Sulam Pita
Proses sulam pita (motif dahan) pada mukena
Mulai proses penyulaman dengan membuat motif dahan tanaman terlebih dahulu seperti pada proses 1 sampai dengan proses 6. Teknik dasar straight stitch ini dilakukan dengan cara menyulam berbentuk suatu garis dari titik ujung suatu garis ke titik ujung lainnya hingga membentuk suatu garis, dan selebihnya tinggal mengikuti garis pola saja. Dan pastikan bagian permukaan pita satin yang mengkilap selalu berada di permukaan atas sulaman.

Seperti yang terlihat pada gambar ke-1, dimulai dengan memasukkan jarum dari bawah kain mulai dari tanda garis paling ujung kiri, lalu tarik jarum beserta seluruh pita ke atas hingga simpul ujung pita menempel pada bagian bawah kain. Kemudian masukkan lagi jarum ke tanda garis di ujung paling kanan untuk membuat satu garis sulaman, dan masukkan lagi jarum ke dalam titik paling bawah dahan sebagai permulaan awal untuk membuat garis sulaman yang kedua, lalu tarik jarum ke atas. Lanjutkan dengan cara yang sama seperti pada gambar nomor 2 sampai dengan nomor 6, hingga seluruh tanda dahan tertutup oleh sulam pita.
Menghias Mukena dengan Sulam Pita
Proses sulam pita (motif bunga) pada mukena
Jika selesai, buat simpul mati pada bagian bawah sulaman seperti pada proses mengakhiri jahitan, agar sulaman pita menjadi kuat. Lakukan juga hal yang sama pada proses ke-7 hingga ke-12 (seperti pada cara ke-1 hingga ke-6) untuk membuat bunga dengan mengikuti motif yang telah digambar sebelumya. Untuk membuat bunga, penyulaman dilakukan dari titik garis di ujung paling luar menuju ke titik garis di ujung dalam (pusat bunga).


Langkah Ketiga
Lepas pembidang, dan pasang lagi pada pola motif di permukaan mukena yang lainnya untuk membuat proses penyulaman yang sama seperti proses sebelumnya. Lakukan juga pada bagian bawah / rok mukena.
Menghias Mukena dengan Sulam Pita


Dan jika sudah selesai, akan terlihat seperti ini hasilnya. Sekarang mukena polos saya terlihat berbeda, seperti punya mukena baru nih. Cantik seperti yang bikin kan? *iya-in aja deh :D

Menghias Mukena dengan Sulam Pita


17:39 55 Comments

55 comments Write Comments

sangat menarik dan indah mbak hasil kreasinya, izin saya amankan ya mbak, buat referensi untuk dipraktekan sama adik saya:) dia paling suka kreasi gini :)

Dengan mukena yang cantik, semoga ibadah sholatnya tambah semangat ya mbak..

wah jadi cantik mukenanya, masih berangan-angan nih bisa sulam pita :D

wah...keren euy...sayangnya aku belum pernah nyulam.. pdahal bisa saja ya kalau belajar...hehehe...kreatif nih Aiy...

jika memang punya kemampuan merenda, bagus banget jika mukenanya di beri hiasan renda, dengan begitu jadi semakin tekun deh ibadahnya...aaamiiiin

Lucu motifnya.. Tapi sayangnya aku gak telaten... :v
Ckckkk

kayak gini nih yang saya suka. mau kopas dulu ah mbak, buat dokumen pribadi. makasih mbak

asal niatnya gak kemana2 mas

cantiknya... saya mah beli jadi aja deh :D

ah mbak Dona sih pasti bisa.. :D
Saya sih cuma ngerti sulam pita yang teknik beginian aja =D

ayo dicoba mbak, bisa lah pastinya... ;)

boleh juga tuh idenya mas Cilembu :D

mungkin setelah di sulam pita dan dikasih renda, niatnya adalah berbisnis mukena =D

ihihi, enakan beli jadi yah =D

hehe, lebih praktis beli ya mbak :)

aaaa....keren sekali mbak...memang porsinya mbak Aiy nih kalau begini...

* saya pasti ngga bisa..malah lecek semua ntar mukenanya... :)

hehehe, thanks mbak sukses selalu

ga mungkin mbak, dengan berusaha dan yakin pasti bisa :)

Kalo lecek nanti disetrika lagi mbak =D

Silahkan mas mumpung geratis....

Kalau cowok boleh ngerjain ini mbak....?

wew boleh juga nie, gak kepikiran selama ini, mukena siapa yaaaa boleh di coba2

mbak saya karena tomboy jadi kurang paham ama yang beginian, tapi kayaknya cocok deh nih untuk melatih kefeminimiman seorang wanita, siapa tahu jadi istri idaman,hehehe

mukena ceweknya boleh mas =D

saya dulu juga tomboy banget, malah rambut selalu pendek ky Indy Barends, tapi entah kenapa malah hobi beginian ahaha =D Cuman gaya tomboynya sekarang udah tobat mbak.. :D
Ayo dicoba mbak, biar jadi istri dan menantu idaman ;)

Jadi inget pelajaran keterampilan waktu SD, hehe.
Minjem mukena ibu, ah. :D

asik asik dapat gratisan, walaupun gratis kualitas oke :) week

iya, monggo di coba mbak fikri :)

wah, saya nya gimana dunks, ikutan tomboy :) ga mungkin ga mungkin

betul itu, jadi ingat jaman semono...belajar menyulam...wah menarik nih...jadinya muslimah mukenanya bagus, g polosan...heheh...semoga manfaat

Cantik dan kreatifnya mbak ni..

tuk mas trik sagat d bolehkan?

teknik menyulam yang keren nih, hasilnya cantik juga mba :D

Jaman sekarang juga masih ada koq mas :)

Silakan.. aku tunggu karyanya mbak.. :)

Masih perlu belajar lagi, belun rapi nih saya bikinnya :)

Keren kreasinya.. Izin save ya mba, buat tutor tugas keterampilan adek saya.

Ia mbak aiy harus cepat insaf jadi tomboy mah karena menyalahi kodrat,hehe

@mas muhammad mukhlis ikutan aja nih..hehehe

keren banget ,, tapi saya gabisa pakai alatnya .. hahaha kaya mudah padahal kalau saya coba mungkin udah kesusahan :D

beneran mudah koq mbak, cuman modal jahit maju mundur cantik aja.. :) dicoba yukk

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)