20 Nov 2015

Membuat Rok dari Dress Lama yang Tidak Terpakai



Punya dress lama yang sudah tidak terpakai karena sudah usang, bagian atasnya rusak, kependekan atau modelnya jadul? Tapi masih sayang untuk diberikan ke orang lain karena punya kenangan yang berarti. Daripada bingung harus bagaimana, yuk ikut aku memanfaatkan dress lama ini menjadi sebuah rok.

Kebetulan maxidress milik saya ini sedikit kependekan dan modelnya juga kurang pas buat emak-emak anak muda seperti saya, sehingga dress ini jarang sekali dipakai. Setelah saya ukur, ternyata masih bisa untuk dimanfaatkan menjadi sebuah rok. Lumayan lah, daripada mubadzir gak kepakai kan..? :D

Maxidress atau dress panjang ini akan ku-makeover menjadi rok panjang. Langkah-langkahnya seperti berikut ini :


Langkah Pertama
Ukur panjang rok yang diinginkan kemudian potong. Pada dress milikku ini, aku potong tepat pada tanda garis putus-putus berwarna biru seperti pada gambar berikut.

Langkah Kedua
Siapkan karet elastik dengan panjang ½ dari lingkar pinggang pada rok. Atau sesuaikan dengan lingkar pinggang kita dan kurangi 15-20cm. Karena aku ingin membuat rok yang mudah dan praktis,roknya juga nggak terlalu lebar, maka aku tidak membuat ban pinggang secara terpisah. Jadi cukup membuat lipatan pada bagian atas rok tersebut untuk dimanfaatkan sebagai ban pinggang elastis. Nah cara ini juga bisa dipakai untuk menjahit bagian bawahan mukena atau rok mukena.


Caranya adalah dengan membuat lipatan pada bagian pinggang, lipat sebanyak 2 kali seperti membuat kelim, untuk membuat ban pinggang elastis. Sesuaikan ukuran lebar lipatan dengan lebar karet elastik yang akan dipakai. Lebihkan lebar ban pinggang sebesar 0,5cm dari lebar karet elastik.



Langkah Ketiga
Jahit sekeliling pinggir lipatan ban pinggang seperti gambar A. Sisakan ruang sedikit sekitar 3cm untuk memasukkan karet elastik. Cara ini juga memudahkan kita untuk mengganti karet elastik jika suatu saat karetnya sudah rusak alias molor, hehe. Jadi cukup dedel aja sisa ruang jahitan yang 3cm itu tadi, jadi nggak akan merusak kekuatan jahitan yang lainnya. 

Lanjut lagi ya , langkah selanjutnya adalah sambungkan dengan jahitan di kedua ujung karet elastik setelah karet elastik telah dimasukkan di dalam ban pinggang seperti gambar B. Jangan lupa untuk menutup sisa ruang ban pinggang tadi dengan jahitan. Kemudian tarik-tarik ban pinggang yang sudah terisi karet elastik hingga kerutan ban pinggang menjadi rata. Atur dan ratakan karet elastik agar merapat di bagian bawah ban pinggang atau bekas jahitan tadi, kemudian tahan dengan beberapa jarum pentul seperti gambar C, sehingga ada sisa ruang selebar 0,5cm di bagian atas ban pinggang yang tidak terisi karet elastik.


Langkah Keempat
Jahit bagian tengah ban pinggang yang terisi karet elastik seperti pada gambar D. Selagi menjahit, lakukan sambil menarik total bagian ban pinggang hingga tidak berkerut.

Cara ini dilakukan agar karet elastik tidak bergeser dan terlipat selagi dipakai. Selain itu juga agar ban pinggang pada rok terlihat lebih rapi.


Langkah Kelima
Langkah terakhir adalah dengan menjahit sekeliling bagian tepi ban pinggang yang tidak terisi karet elastik. Lakukan juga dengan cara yang sama seperti gambar D dengan cara menarik ban pinggang hingga tidak ada kerutan selagi menjahit.
Lakukan secara perlahan agar karet elastik tidak ikut terjahit. Dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Nah rok yang saya buat dari dress tadi sudah jadi nih. Siap dipakai untuk bersantai di rumah. Ah iya, kalau mau membuat karet pinggang untuk bawahan mukena , cukup ikuti langkah ke-2 sampai ke-4 saja ya.


Happy sewing ..  \^○^/

16 komentar:

  1. Wow
    Saya juga pernah melakukan ini mbak
    Sama seperti yang mbak buat rok kita pun akan terlihat kece kalau kita pandai memolesnya
    Bahkan teman saya enggak tahu kalau itu adalah dress yang dimodif,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, berasa punya rok baru ya mbak.. ih mbak Debe kreatif euy..;)

      Hapus
    2. sekarang saya sudah tahu mbak debe, karena sudah mbak bilangin :) hhehehe

      Hapus
  2. aku juga kepeikiran untuk melakukan hal ini, pada baju baju yang sebagian bahnaya sdh rusak, dan sebagianlaiinya lagi masih bagus, atau baju terusan yang atasnya sudah sempit, tapi bawahannya masih cucok, tapi..susah sekali ya mau melangkah ke tempat tukang jahitnya, wkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. di remake sendiri aja mbak :) biar lebih wow gitu..

      Hapus
    2. tul betul betul :)

      Hapus
  3. kreasinya mbak aiy selau kelihatan bagus mbak :) keren deh pokonya

    BalasHapus
  4. Bagusss... kalau dijahit tangan karet nya bisa gak yah?
    Belum bisa jahit mesin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja, tapi harus telaten banget ya..
      Mungkin biar gak terlalu ribet, sampai step ketiga aja sudah cukup koq.. :)

      Hapus
  5. Mempercantik foto object dengan stick drawing nya kok ga bs dibuka ya 😁

    BalasHapus
  6. hasil nya keren juga nih, tutorial nya juga enak untuk dicoba

    http://www.marketingkita.com/2017/08/cash-on-delivery-cod-dalam-ilmu-marketing.html

    BalasHapus
  7. Bagus mudah banget di pahami.. Tinggal di praktekkan.. 💪💪

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)