13 Nov 2015

Keset dari Handuk Bekas

Jangan terburu-buru dulu untuk membuang handuk lama milik kalian yang sudah tidak terpakai, kecuali jika kondisinya memang sudah benar-benar mengenaskan ya :D . Biasanya handuk bekas atau yang sudah tidak layak pakai ini akan beralih fungsi sebagai lap atau keset. Eh bener gak sih? Atau kebiasaan di keluarga saya aja ya? Hahaha..

Memang kebiasaan di keluarga saya jika ada handuk bekas biasanya akan dimanfaatkan menjadi lap atau keset. Tetapi handuk bekas tersebut hanya dilipat dan ditaruh begitu saja di lantai, sehingga terkadang malah menjadi acak adul alias berantakan dan tidak rapi setelah dipakai. Kebetulan juga kali ini sudah saatnya handuk mandi yang biasa saya pakai harus diganti dengan handuk yang baru, dan juga karena handuk yang lama ini memang sudah mulai ada lubang di beberapa bagian. Jadi karena saya sedang ingin mengembangkan ilmu menjahit saya, kali ini si handuk keset ini akan saya percantik dengan sedikit menggunakan ilmu jahit-menjahit agar terkesan rapi, cantik, menawan dan lebih menarik. :D


Tutorial Membuat Keset dari Handuk Bekas
Cantik kan..? ;)


Mau tau cara membuatnya? Yuk simak langkah pembuatan keset dari handuk bekas ini sebagai berikut :
  1. Karena handuk bekas milik saya ini berukuran besar, maka saya potong menjadi 2 bagian, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi 2 buah keset.




  2. Lalu lipat masing-masing bagian handuk menjadi dua seperti gambar di bawah ini. Kemudian jahit mengelilingi seluruh bagian sisi handuk yang telah dilipat seperti pada gambar yang ditandai dengan garis putus-putus berwarna hijau, untuk menyatukan masing-masing lipatan sehingga nantinya keset ini terlihat seperti terbentuk dari dua lapisan kain handuk. Sebagai pemanis dan agar jahitan lebih kuat, maka saya menggunakan aksen jahitan zigzag.



    Detail jahitan zigzag


  3. Langkah selanjutnya adalah menindas keset tersebut dengan jahitan quilting di seluruh bagian keset, agar lapisan kain semakin rapat dan kuat, serta membuat keset terlihat lebih menarik. Di sini saya sedikit bermain motif quilting yang berbeda pada masing-masing keset, salah satunya seperti yang terlihat pada gambar berikut.

    Salah satu motif quilting


Ini dia, keset dari handuk bekas saya yang kini sudah siap nangkring di depan kamar mandi kamar saya. Karena handuk bekas saya ini berwarna bolak-balik (sisi satunya berwarna biru tua dan sisi satunya lagi berwarna merah), maka saya dapat membuat keset tersebut menjadi dua warna yang berbeda. :)




Happy sewing !  :*


06:12 27 Comments

27 comments Write Comments

Kalo saya biasanya langsung jadi keset mba ga dijahit dulu
kalo yang besar biasa'a cuma dilipat aja hahaha :D

subhanallah mbak, kreasinya luar biasa ya mbak, :)

kalau saya mah langsung ajha dipakai buat keset mbak :)

ahahahaa klo langsung dibuat keset nanti gak bisa jadi artikel :D

soalnya kalau ngejahit nggak bisa :)

nah, ini juga cihuuyy.., selama ini handuk yang jelek aku jadiin kain utk pel, tapi lama-lama dia malah rusak, dan kaiinnya rontok.,,...
wah, siang ini aku mampir di blog yg kreatif ya....:))

toss dulu,,_ lebih praktis ya mas kalau cuman dilipat doang :)

horee,,_ selamat ya mbak udah ketemu sama blog kreatif :)

ah bisa aja, nanti kepala aku makin gede nih =D

Salam singgah sini mbak...memang kreatif mbak ni...bisa tunjuk ajar kat diana....hihi

Terimakasih.. silakan diikuti step by step nya, selamat mencoba :)

kalau saya mah seringnya pakai pakaian mbak kalau buat keset :)

maklumlah mbak, namanya juga cowok. maunya yang praktis-praktis :)

berarti les jahit dulu mbak =D

saya juga maunya yang praktis mas, tapi kalo saya bikin artikel membuat keset dari kaos/handuk yang cuman dilipat doank, nanti sapa yang baca?? =D

ide yang bagus nich...sepertinya wajib di coba..:-)

Wah mas sonny bisa jahit yah

Kreatif banget mbak :) Seneng lihat hasil2 karyanya. Terus berkarya ya mbak :)

Kalau saya sih nggak pake digunting dulu mbak. Lipet (biasanya tipet 3), trus langsung jahit tindes quilt.

iya dilipet 3 lebih cepet selesai ya..
ini sih soalnya handuknya gede banget, dan pingin bikin keset yang ukuran kecil aja.. :)

Bagus artikelnya,handuk saya yg udh lama jadi berguna.daripada di buang kan sayang.
Makasih ya.artikelnya bagus banget

Bagus artikelnya,handuk saya yg udh lama jadi berguna.daripada di buang kan sayang.
Makasih ya.artikelnya bagus banget

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)