2 Oct 2015

Serba Batik di Hari Batik Nasional

Hari Jumat identik dengan hari batik, dimana sebagian besar para pekerja kantoran maupun anak sekolah memakai pakaian/seragam batik pada hari ini, walaupun tidak semua kantor dan sekolah menerapkannya. Entah dari mana gagasan ini bermula, yang pasti hari Jumat memang selalu berhasil membuatku terpesona oleh beragam jenis batik yang mereka kenakan.

Namun ada yang spesial di hari Jumat kali ini, karena sekarang bertepatan dengan tanggal 2 Oktober yaitu tanggal dimana kita memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Tepat 6 tahun yang lalu, pada 2 Oktober 2009 batik dikukuhkan oleh UNESCO sebagai " Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi " ( Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity ) .

Untuk menunjukkan rasa kecintaan kita terhadap salah satu identitas bangsa Indonesia ini, khususnya di Hari Batik Nasional ini mayoritas masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan serentak mengenakan pakaian serba batik. Semua kalangan turut berpartisipasi memperingati Hari Batik Nasional, tidak hanya dari pihak sekolah saja yang mewajibkan pelajar maupun para guru/staff sekolah untuk mengenakan batik di hari ini, namun mayoritas pekerja perkantoran/instansi perusahaan bahkan di beberapa pertokoan juga ikut menyemarakkan. Suka sekali melihatnya, serasa ada di taman batik kali yah, hehe :D .

Saya juga tak mau kalah, sebagai wujud kecintaan saya pada batik dan turut melestarikan warisan budaya nenek moyang kita ini kali ini saya tidak memakai baju batik, hihi. Jangan tepok jidat dulu pemirsaah, karena eh karenaaaa, batik kali ini saya ekspresikan lewat kaligrafi. Pajangan dinding ini saya buat dari kain perca batik yang saya bentuk kaligrafi, lalu saya jahit menggunakan tusuk feston pada kain flanel, hehe keren ya.. ( Kalau gak ada yang muji, saya puji sendiri aja lah :p )




Nah ini batikku, mana batikmu..?? :)



19:58 5 Comments

5 comments Write Comments

baguuusss... ih.. aku belum kepikiran bikin hiasan dari kain batik gini

makasih mbak Titi ;) Hayuk bikin mbak.. :D

Cara menampilkan emoticonnya gmn ya?

maksudnya cara menambahkan source code HTMLnya agar emoticonnya bisa muncul atau cara mengetiknya ya mas?

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)