13 Sep 2015

10 Sumber Inspirasi Kreasi Handmade

10 Sumber Inspirasi Kreasi Handmade



Ide untuk menghasilkan suatu karya, entah itu menulis, memasak, crafting, menjahit, melukis maupun hasil karya lainnya, bisa datang kapan saja dan dari mana saja. Meskipun ide untuk berkarya itu tiada batas, namun seringkali suatu ketika seseorang (crafter pada khususnya) akan menemukan jalan buntu atau mentok nggak dapat ide apapun untuk berkarya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, biasanya yang mereka lakukan adalah mencari sumber inspirasi untuk menggali dan mengembangkan lagi kemampuan dan idenya dalam membuat suatu hasil karya.

Banyak sekali beberapa cara yang bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi para crafter, baik dari lingkungan sekitar maupun melalui media elektronik. Berikut ini adalah 10 hal yang bisa menjadi sumber atau mendatangkan inspirasi dalam berkarya menurut versi Ayumna ( * dengan bergaya ala presenter TV, hehee :p) :

1. Penelusuran melalui video sharing
Atau yang biasa kita kenal dengan Youtube-ing. Banyak sekali para crafter yang berbagi video tutorial hasil karyanya di layanan video sharing ini dengan harapan bisa berbagi ilmu dan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Website video sharing yang biasa kita kenal adalah "Youtube", dan ada pula situs layanan video sharing yang serupa seperti "Vimeo".

2. Blog walking
Adalah istilah untuk kegiatan berkunjung ke suatu situs / blog orang lain. Aktifitas ini juga sering aku lakukan untuk mendapatkan ide segar bahkan secara cuma-cuma hanya dengan berkunjung di situs / blog yang berbagi ilmu tentang tutorial seputar craft atau kerajinan handmade.

3. Media sosial
Merupakan salah satu media yang patut dipertimbangkan untuk mendapatkan inspirasi. Banyak para craft-blogger yang menghubungkan situs / blog-nya ke layanan media sosial (medsos) seperti Pinterest, Instagram, Facebook untuk memudahkan berinteraksi dengan para pembacanya. Bahkan di FB udah banyak banget nih komunitasnya, biasanya mereka terkumpul dalam suatu grup FB. 

4. Buku tutorial kerajinan handmade
Buku ini bisa didapatkan di toko buku di sekitar kita dan juga banyak dijual secara online. Walaupun sudah banyak tutorial kerajinan handmade gratis yang bertebaran di dunia maya, namun buku ini masih mempunyai daya tarik tersendiri bagi peminatnya .

5. Pameran craft / handmade
Mengunjungi pameran kerajinan sangat membantu mendatangkan ide fresh karena kita bisa bertemu dan melihat langsung berbagai macam karya dari beragam bahan buatan crafter dari berbagai kalangan di dalam suatu ruangan. Selain juga bisa bertemu langsung dengan para crafter di sana untuk sekedar bersosialisasi, nggak sedikit juga dari mereka yang dengan senang hati bersedia untuk diajak sharing mengenai barang buatannya.

6. Handmade e-commerce
Adalah situs jual beli online yang khusus menjual barang kerajinan handmade. Situs handmade e-commerce yang cukup dikenal di seluruh dunia salah satunya adalah Etsy. Walaupun hanya dengan sekedar melihat-lihat koleksi yang dijual oleh beberapa crafter, tapi kegiatan ini cukup membantu kita untuk mendapatkan inspirasi tentang kreasi terbaru atau yang sedang kekinian di dunia crafting luar negeri :D . Eh eh, di Indonesia pun juga sudah ada loh situs jual beli online khusus benda kerajinan ini. Udah pada tau belum? 

7. Televisi ( TV )
Nonton TV juga nggak kalah berperan sebagai bahan inspirasi dalam berkreasi. Walaupun cuman lagi nonton sinetron atau acara gosip (*eits jangan deh ghibah itu dosa 😛), ambil sisis positifnya aja ya. Dari acara itu kita juga bisa kan mendapatkan inspirasi untuk berkarya, seperti mencontoh bentuk fashion mulai dari pakaian bahkan aksesoris yang mereka kenakan dan mengembangkannya ke dalam kreasi handmade sesuai dengan ciri khas dan kreatifitas kita masing-masing. Selain itu, sekarang ini juga sudah mulai bermunculan program TV lokal kita yang acaranya berisikan tutorial kreasi handmade.

8. Kebutuhan pribadi
Mendadak membutuhkan barang tertentu justru seringkali malah mendatangkan inspirasi untuk berkarya secara tiba-tiba. Seperti misalnya saat ingin tampil maksimal pada saat menghadiri pesta pernikahan kerabat, ternyata nggak punya tas yang match sama pakaian yang akan kita pakai. Yang kayak gini nih yang bakalan bikin kita tetiba punya ide untuk bikin sendiri tas yang sedang kita butuhkan, sekaligus juga melatih kreatifitas kita.

9. Refreshing
Sesekali manfaatkan waktu luang untuk refreshing, walaupun hanya sekedar jalan-jalan ke mall contohnya *bukan berarti harus shopping kan ya :D . Jadikan aktifitas ini juga sebagai kegiatan refreshing untuk menambah inspirasi dalam berkarya, walaupun cuman lihat-lihat barang kece yang dipajang di setiap etalase toko, trus kabur deh gak belinapa-apa 😆 . Bagaikan pepatah sambil menyelam minum air, maka sambil nge-mall kita cuci mata cari inspirasi :p .

10. Pengen ama barang punya teman
Eh pengen atau iri sih? 😄 Point yang terakhir ini termasuk salah satu pengalaman pribadi aku :p . Tapi iri yang satu ini termasuk iri yang sehat, karena dengan adanya si "iri" yang satu ini, maka kita bisa terinspirasi dan dituntut agar lebih kreatif untuk dapat membuat karya yang serupa bahkan bisa mengembangkannya dengan menggunakan bahan dan menambahkan kreasi yang berbeda.


Itulah 10 sumber inspirasi kreasi handmade yang tentunya aku rangkum berdasarkan dari pengalaman pribadi maupun yang biasa terjadi di lingkungan sekitar aku. Kalau kalian sendiri, sering mendapatkan ide untuk berkreasi dari mana..??


5 komentar:

  1. biasanya aku lihat di pinterest, banyak dan bagus-bagus, jadi semangat berkreasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bagus2 banget karya orang2 di pinterest, kalo aku sih belum ada apa2nya =D

      Hapus
  2. intinya sumber inspirasi bisa ditemukan diberbagai hal...tinggal kejelian kita dlm mengamatinya...hehe...ya nggak sih ?

    BalasHapus
  3. terimakasih telah berbagi inspirasi ide bisnis yang sangat menarik..
    Aplikasi Kasir Android Gratis

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)