18 Aug 2015

Tutorial Membuat Pincushion dari Paper Cup

Paper cup adalah sejenis kemasan berbahan dasar kertas food grade yang biasa digunakan untuk minuman maupun makanan. Pada tutorial Ayumna kali ini, saya akan memanfaatkan paper cup bekas jajanan untuk disulap menjadi bantalan jarum pentul atau dalam bahasa bekennya biasa disebut dengan pincushion


Tutorial Membuat Pincushion dari Paper Cup Bekas
Tutorial Membuat Pincushion dari Paper Cup Bekas


Jadi ceritanya, beberapa hari yang lalu saya diajak nge-mall bareng saudara sepupu saya. Karena parkiran yang penuh sesak akhirnya sukses membuat kami kelaparan sebelum keliling mall, maka tujuan utama kita saat itu adalah mampir dulu di area food court dan mata kami tertuju di salah satu booth jajanan yang bernama P*k-p*k. Yang membuat saya semakin tertarik selain dari rasanya adalah desain kemasannya dengan gambar ayam yang lucu. Dan sambil memandangi kemasan imut ini dengan seksama, seketika itu pula terbesit di hati kecilku yang paling dalam bahwa tidak akan kubiarkan kau terbuang secara sia-sia di tempat sampah *lebay dikit boleh lah ya :p

Oke, sudah cukup basa-basinya. Dan karena jarum pentul saya sering berserakan di mana-mana, maka paper cup yang imut ini adalah media yang tepat untuk saya eksekusi menjadi bantalan jarum pentul yang lucu dan unyu-unyu. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pincushion ini adalah sebagai berikut :
  1. Paper cup
  2. Kain perca
  3. Karet gelang
  4. Dakron
  5. Lem tembak (hot glue)
Pembuatan pincushion ini relatif sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya :
  1. Langkah awal adalah membuat bantalan untuk tempat meletakkan si jarum pentul. Siapkan kain perca berbentuk persegi dengan ukuran panjang sekitar 2 kali lipat dari diameter lingkaran bibir paper cup.

  2. Tutorial Membuat Pincushion dari Paper Cup Bekas


  3. Isi kain perca dengan menggunakan dakron secukupnya, hingga kira-kira bisa memenuhi isi paper cup. Lalu tutup kain perca membentuk bulatan dan ikat ujungnya menggunakan karet gelang, seperti pada gambar di bawah ini (lihat gambar sebelah kanan). Coba masukkan bulatan kain perca tadi ke dalam paper cup, jika dirasa isi dakron masih kurang maka tambahkan lagi dakron ke dalam bulatan kain perca tersebut.

  4. Tutorial Membuat Pincushion dari Paper Cup Bekas


  5. Selanjutnya, lem bagian dalam bibir paper cup menggunakan lem tembak dan masukkan bulatan kain perca ke dalamnya (bagian ikatan karet menghadap bawah). Ini untuk menjaga agar bulatan kain perca tidak mudah lepas / bergeser dari paper cup. Usahakan agar letak bantalannya sedikit lebih tinggi di atas bibir paper cup (tidak sejajar).

  6. Tutorial Membuat Pincushion dari Paper Cup Bekas


  7. Dan, selesai. Jarum pentul kalian sudah siap untuk ditata rapi di pincushion yang cute ini.

  8. Tutorial Membuat Pincushion dari Paper Cup Bekas


    Tutorial Membuat Pincushion dari Paper Cup Bekas

Untuk alternatif lain, kalian bisa juga menggunakan paper cup bekas ice cream, kopi atau minuman lainnya. Tinggal dimodifikasi saja sesuai selera masing-masing. Sangat cepat, praktis dan mudah ya. Selamat berkreasi.. :)



12:21 No Comments

Terimakasih untuk berkomentar dengan baik dan sopan... :)